5 Cara Menumbuhkan Brewok yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah

Mencukur brewok bukan membuatnya lebih lebat, tapi tumbuh lebih seragam
Brewok yang sudah cukup panjang sebaiknya dipotong setiap 2 bulan

Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Ario Bayu merupakan segelintir artis pria yang tampil memukau dengan brewoknya. Memiliki brewok dianggap bisa membuat penampilan pria terlihat lebih macho dan cool.

Tak heran jika banyak pria yang ingin menumbuhkan brewoknya. Bahkan hingga harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli produk penumbuh brewok. Perlu Anda ketahui bahwa tak ada minyak, krim, atau suplemen khusus yang telah terbukti secara ilmiah dapat menumbuhkan rambut brewok. Hanya saja beberapa minyak, seperti minyak zaitun dan minyak alpukat, akan membuatnya terlihat lebih tebal karena bulu di area tersebut lebih terawat.

Selain itu, ada pula yang berpendapat jika rajin mencukur brewok dapat membuatnya tumbuh lebat dengan cepat. Akan tetapi, mencukur brewok sebetulnya hanya membuatnya tumbuh lebih rapi dan seragam. Dengan kata lain, itu tidak membuat rambut brewok tumbuh lebih cepat dan lebat. Lalu, apa cara yang bisa dilakukan?

Cara menumbuhkan brewok

Faktor genetik dan hormon lah yang memainkan peran penting dalam menentukan seberapa cepat dan penuhnya brewok akan tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan brewok memang didorong oleh hormon testosteron. Oleh sebab itu, memiliki testosteron yang rendah dapat memengaruhi pertumbuhan brewok menjadi sedikit. 

Akan tetapi, tingkat testosteron yang dimiliki setiap individu dapat bervariasi. Selain itu, meski hormon testosteronnya normal, namun faktor genetik juga dapat berperan. Bahkan kesehatan dan gaya hidup pun dapat memengaruhi pertumbuhannya. Karena genetik tak dapat diubah, maka melakukan kebiasaan gaya hidup berikut ini bisa membantu Anda menumbuhkan brewok secara alami:

  • Rutin berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah sehingga mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut. Di samping itu, latihan angkat beban dan kekuatan juga dapat meningkatkan testosteron untuk sementara. Oleh sebab itu, berolahragalah secara rutin dan variasikan bentuk latihan yang dilakukan. Sempatkan waktu untuk berolahraga kapan pun Anda bisa. 

  • Makan makanan sehat dan seimbang

Memiliki berat badan yang ideal dapat membuat kadar testosteron Anda berada dalam kisaran normal karena obesitas bisa menurunkan hormon tersebut. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang sangatlah penting.

Nutrisi dari berbagai makanan tersebut, seperti halnya zinc, dapat memberi manfaat pada pertumbuhan brewok Anda. Diet yang sehat memang dapat membantu rambut di tubuh Anda tumbuh sehat dan berkilau. Berikut makanan yang sebaiknya Anda konsumsi:

  • Sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin
  • Lemak sehat, misalnya alpukat
  • Kacang-kacangan karena mengandung banyak zinc
  • Biji-bijian dan karbohidrat sehat lainnya
  • Hati karena mengandung zat besi
  • Ayam dan salmon yang tinggi protein namun tanpa lemak.

Jika Anda tak dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan, maka Anda bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung zat besi dan zinc karena mungkin bermanfaat pula untuk pertumbuhan brewok.

  • Tidur dengan cukup

Tidur yang cukup tentu baik untuk kesehatan secara keseluruhan, begitu pula untuk pertumbuhan brewok. Ketika tidur, tubuh melepaskan testosteron. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa kadar testosteron memuncak di sekitar awal siklus tidur REM pertama dan jumlahnya stabil hingga Anda terbangun. 

Oleh sebab itu, kurang tidur dapat menurunkan kadar testosteron pada pria yang sehat.  Studi lainnya juga menunjukkan jika kurang tidur dapat memperlambat pertumbuhan brewok. Jadi, tidurlah dengan cukup selama kurang lebih 7 jam pada waktu malam hari. 

  • Merawat kulit dan rambut brewok

Menjaga pori-pori terbuka dengan eksfoliasi wajah dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di folikel rambut. Hal ini tentu dapat mengurangi rambut yang tumbuh ke dalam pada kulit tempat tumbuhnya brewok. 

Di samping itu, Anda juga dapat mengaplikasikan pelembap khusus untuk brewok yang dapat membantu menjaganya tetap lembut dan lembap. Selain itu, pelembap juga mampu menghilangkan ketombe pada brewok dan membuatnya terlihat lebih penuh. Ada berbagai pelembap brewok yang tersedia dalam bentuk krim, minyak atau, losion.

  • Menghindari stres dan merokok

Stres dan merokok sama-sama dapat memicu terjadinya kerontokan rambut, tak terkecuali brewok Anda, karena kedua hal tersebut bisa mengurangi kadar testosteron yang Anda miliki. Oleh sebab itu, untuk menumbuhkan brewok agar lebat dengan cepat sebaiknya hindari stres dan merokok.

Ketika menumbuhkan brewok, mungkin akan timbul rasa gatal yang bisa membuat Anda ragu untuk melanjutkannya. Akan tetapi, rasa gatal itu akan membaik setelah beberapa minggu. Jika Anda bisa tahan, maka brewok pun dapat tumbuh dengan baik.

Selain hormonal, sebenarnya pertumbuhan brewok dipengaruhi oleh ras, genetik atau keturunan. Apabila tidak terdapat folikel rambut pada daerah tersebut, atau hanya sedikit maka dengan cara apapun tidak akan banyak memberi perubahan.

Sementara, jika brewok sudah cukup panjang, lakukan pemotongan setiap 2 bulan untuk menghilangkan rambut brewok yang bercabang atau rusak. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan brewok agar tidak membuat penampilan Anda terlihat buruk.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beard-growth-fast#how-to-grow-a-thicker-beard
Diakses pada 17 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow#supplements
Diakses pada 17 Maret 2020
Web MD. https://www.webmd.com/men/features/beard-care-tips#1
Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait