7 Cara Menolak Cinta dengan Halus agar Tidak Menyakiti Perasaan Orang Lain

0,0
23 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menolak cinta dengan halus dilakukan agar tidak menimbulkan konflikMenolak cinta dengan halus dilakukan agar tidak menyakiti perasaan
Penolakan kadang terasa menyakitkan, apalagi penolakan cinta. Jika Anda pernah menghadapi situasi ini, tentunya Anda tahu bagaimana rasanya. Apalagi jika perasaan yang diungkapkan ditolak mentah-mentah, entah itu tanpa alasan atau bukan cara menolak cinta dengan halus 
Imbasnya, individu yang ditolak cintanya bisa sakit hati atau bahkan menyimpan dendam. Apabila Anda dihadapkan pada situasi ini dan ingin tetap menjalin hubungan pertemanan, sebaiknya pelajari dulu berbagai cara menolak cinta secara halus untuk meminimalisir konflik.

Cara menolak cinta dengan halus

Dilansir dari Womens Health, Bianca Walker, seorang konselor profesional, menyatakan bahwa sangat penting untuk menolak cinta seseorang secara baik-baik agar tidak menimbulkan konflik nantinya. Beberapa cara menolak cinta dengan halus yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Bersikap tenang dan hadapi

Jangan takut ataupun terus menghindari orang yang ingin Anda tolak perasaannya. Cobalah bersikap tenang dan persiapkan mental maupun kata-kata menolak cinta yang tepat. Menunda-nunda hanya akan membuat Anda merasa terbebani.Segera hadapi orang yang menyatakan cintanya kepada Anda. Memberinya kepastian lebih baik daripada menggantungnya dalam status yang tidak jelas. Hal ini juga akan membuat Anda merasa lebih lega dan segera terlepas dari situasi yang canggung.

2. Apresiasi perasaannya

Meski tidak bisa menerima cintanya, cobalah berikan apresiasi terhadap perasaannya. Ucapkan bahwa Anda berterima kasih dan sangat menghargai perasaannya maupun keberaniannya dalam menyatakan cinta.Sampaikan dengan tepat bahwa Anda tidak bisa menerima cinta tersebut. Cara menolak cinta dengan halus ini dapat membuatnya merasa dihormati. Namun, jika ia memaksa, Anda harus bersikap tegas dan tinggalkan situasi tersebut.

3. Tidak perlu meminta maaf

menolak cinta dengan kata-kata yang tepat
Dalam menolak cinta cobalah untuk memilih kata-kata yang tepat
Sebetulnya, Anda tidak perlu meminta maaf ketika menolak cinta. Bukan salah Anda jika tidak memiliki perasaan yang sama untuknya. Apabila dalam masa pendekatan Anda sudah merasa tidak cocok, janganlah berlama-lama. Memang tidak mudah dalam memilih kata-kata menolak cinta yang tepat. Namun, cobalah ungkapkan bahwa Anda menghargai ketertarikannya, tetapi tidak dapat melangkah lebih maju bersamanya. Ingatlah untuk tetap sopan dan tidak memancing keributan.

4. Katakan yang sejujurnya

Cara menolak cinta dengan halus selanjutnya adalah mengatakan yang sejujurnya. Utarakan kata-kata menolak cinta dengan santun, misalnya “aku tidak tertarik untuk menjalin cinta saat ini” atau “aku sedang fokus terhadap karier.” Jangan sampai Anda memaki atau merendahkan orang lain karena ini hanya akan membuatnya sakit hati dan dendam. 

5. Perjelas sikap Anda terhadapnya

Apabila ia masih meminta Anda membalas cintanya, cobalah mempertegas sikap Anda terhadapnya. Misalnya, kata-kata penolakan cinta berikut “Aku benar-benar menyadari tidak ada kecocokan di antara kita. Mungkin akan lebih baik untuk menemukan seseorang yang lebih cocok. Semoga kamu juga bisa menemukannya.”

6. Tetap berteman

Tetap berteman untuk menjalin hubungan yang baik
Jika ia bisa mengerti keputusan Anda, tidak ada salahnya untuk tetap berteman. Memang wajar bila ia merasa kecewa. Jadi, berilah ruang untuknya terlebih dahulu agar bisa memulihkan perasaannya.Katakan padanya bahwa Anda sangat menghargai pertemanan yang telah terjalin selama ini dan berharap tetap bisa berteman dengannya. Cara menolak cinta dengan halus ini akan sedikit mengobati rasa kecewanya.

7. Jangan memberi harapan palsu

Jika Anda memang tidak akan menerima cintanya, hindari memberinya harapan palsu karena ia mungkin akan terus mengharapkan cinta Anda. Hal ini juga membuatnya lebih susah untuk move onSetelah menunggu dan tak kunjung mendapatkan cinta Anda, ia akan merasa dipermainkan. Akibatnya, rasa sakit hati yang berkepanjangan pun bisa timbul.Berbagai cara menolak cinta secara halus ini dapat menunjukkan bahwa Anda telah berusaha untuk tidak menyakiti perasaannya. Hal ini juga akan membuat Anda tidak merasa terbebani, dan masih dapat berteman dengannya.Bagi Anda yang ingin bertanya seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Womens Health. https://www.womenshealthmag.com/relationships/a34349049/how-to-reject-someone-kindly/
Diakses pada 09 April 2021
Canadian Living. https://www.canadianliving.com/life-and-relationships/relationships/article/7-expert-tips-to-reject-someone-nicely
Diakses pada 09 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait