Cara Menjaga Pencernaan Anak agar Sistem Imun Tetap Baik Selama Pandemi


Menjaga kesehatan sistem pencernaan anak adalah salah satu cara untuk menjaga sistem imunitas mereka. Terlebih di masa pandemi yang belum memperbolehkan anak di bawah 12 tahun mendapatkan vaksin.

0,0
16 Jul 2021|Marco Anthony
Sistem imun anak akan kuat jika sistem pencernaannya juga sehatSistem imun anak akan kuat jika sistem pencernaannya juga sehat
Belakangan ini, perkembangan kasus COVID-19 cukup mengkhawatirkan. Jumlah orang yang terinfeksi semakin meningkat secara signifikan.Bukan hanya orang dewasa, saat ini anak-anak juga rentan terserang virus corona. Berdasarkan informasi dari Satgas COVID-19, jumlah anak usia 0-18 tahun yang terpapar hingga 22 Juni mencapai 266.317 atau setara dengan 12,5%.Bagi orang tua yang memiliki anak di usia tersebut, hal ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Terlebih usia anak-anak 0-11 tahun belum boleh mendapatkan vaksin sehingga mereka belum memiliki perlindungan tambahan terhadap virus.Oleh karena itu, menjaga kesehatan anak pada masa pandemi ini menjadi prioritas utama, terlebih dengan ancaman dari hadirnya varian Delta dan Kappa.Beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak tidak mudah terserang COVID-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga imunitasnya tetap tinggi.

Pencernaan yang sehat dapat meningkatkan imunitas anak

Pencernaan anak yang sehat sangat berperan penting bagi tingkat imun anak. Faktanya, sekitar 70% sistem imunitas tubuh berada di sistem pencernaan. Ini artinya gangguan pencernaan pada bayi dan anak bisa melemahkan sistem imunitas mereka.Bila anak sering mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan sakit perut, Anda perlu memperbaiki pencernaan mereka.

Cara menjaga dan memperbaiki pencernaan anak

Ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki pencernaan anak agar sistem imunnya tetap terjaga. Beberapa di antaranya adalah:

1. Berikan air minum yang cukup

Kurang minum dapat menjadi sumber gangguan pencernaan bayi dan anak. Salah satunya adalah dapat menyebabkan sembelit. Pastikan anak mengonsumsi air dengan cukup.Selain air, Anda bisa memberikan buah yang mengandung banyak air agar seperti semangka, tomat, melon, dan buah lainnya agar kebutuhan cairannya terpenuhi.

2. Berikan makanan yang sehat

makanan sehat untuk anak
Buah bisa menjadi camilan yang baik bagi pencernaan anak
Hindari memberikan camilan manis seperti es krim, permen, atau cokelat. Pemanis di dalam camilan tersebut dapat menimbulkan perut kembung.Sebagai gantinya berikan makanan sehat yang kaya serat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan. Makanan yang kaya serat ini bermanfaat mengoptimalkan sistem pencernaannya.

3. Mengonsumsi makanan yang kaya omega-3

ikan sarden
Kandungan omega-3 ikan sarden tak kalah dari salmon
Omega-3 adalah asam lemak yang menyehatkan untuk sistem pencernaan. Salah satu fungsi dari omega-3 membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik oleh sistem pencernaan dan mengurangi risiko peradangan pada usus.Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan sarden, salmon, makarel, chia seeds, hingga kacang-kacangan.

4. Ajari anak untuk mengunyah dengan baik

Agar sistem pencernaan anak tetap sehat, ajari anak untuk mengunyah makanan secara baik. Mengunyah makanan dengan baik sangat membantu meringankan tugas sistem pencernaan.Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut. Semakin lama mengunyah semakin banyak ludah yang dihasilkan untuk membantu proses pencernaan. Jika makanan tidak dikunyah dengan benar, kerja sistem pencernaan menjadi lebih berat dan rentan mengalami masalah.Untuk bayi yang sudah bisa mengonsumsi MPASI, pastikan tekstur makanan sudah cukup lembut.

5. Memberikan Liprolac Baby atau Kids

liprolac
Liprolac membantu menjaga kesehatan pencernaan anak lebih optimal
Selain beberapa cara di atas, memberikan Liprolac untuk anak bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga pencernaanya. Liprolac adalah suplemen kesehatan saluran cerna untuk mendukung tumbuh kembang anak dan pola hidup sehat.Liprolac mengandung bakteri baik (probiotik) multistrain yang menjaga kesehatan sistem pencernaannya dan mengurangi risiko timbulnya masalah pencernaan bayi dan anak.Kandungan di dalam Liprolac juga membantu mengatasi diare dan sembelit serta meningkatkan imunitas anak.Liprolac tersedia dalam 2 varian, Liprolac Baby untuk bayi dan Liprolac Kids untuk anak.

Terapkan protokol kesehatan yang ketat untuk melindungi anak

Menjaga kesehatan anak pada masa pandemi adalah hal yang penting. Memastikan sistem pencernaanya terjaga berarti membantu menjaga sistem imunitas tubuhnya. Di samping itu, pastikan juga agar Anda menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada anak seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan juga mengurangi aktivitas di luar rumah.
makanan sehattumbuh kembang bayitumbuh kembang anakadv liprolac
Kompas.  https://nasional.kompas.com/read/2021/06/18/13034161/idai-kasus-covid-19-pada-anak-125-persen-semua-kegiatan-harus-daring
Diakses pada 5 Juli 2021
Kompas.  https://nasional.kompas.com/read/2021/06/30/12004291/kpai-kasus-covid-19-pada-anak-126-persen-terpapar-dari-keluarga
Diakses pada 5 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion
Diakses pada 5 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/things-your-gut-wants-you-to-know
Diakses pada 5 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait