7 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita


Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita antara lain dengan rutin mengganti pakaian dalam, melakukan cara membersihkan vagina yang baik dan benar, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi.

(0)
07 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita penting dilakukan untuk menghindari penyakitCara menjaga kesehatan reproduksi wanita antara lain dengan rutin membersihkan area intim
Menjaga kesehatan reproduksi wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menghindari perilaku seks risiko tinggi, menjaga kebersihan organ-organnya secara baik, dan menjalani gaya hidup sehat.Tak hanya baik untuk kesuburan, menjaga kesehatan organ-organ reproduksi juga akan menurunkan risiko Anda terkena berbagai penyakit berbahaya, mulai dari infeksi menular seksual hingga kanker serviks.

Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita

Berikut ini tips dan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang dapat Anda lakukan.
Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita rutin mengganti celana dalam
Rutin mengganti celana dalam salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi wanita

1. Rutin membersihkan organ reproduksi

Menjaga organ reproduksi seperti vagina dan area di sekitarnya akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit organ intim yang dapet menyerang, termasuk infeksi jamur dan bakteri.Untuk membersihkan vagina dan area di sekitarnya, berikut ini cara yang bisa dilakukan.
  • Sehabis membasuh vagina dengan air, langsung keringkan dengan handuk berbahan lembut, tisu, ataupun kain lain agar area tersebut tidak lembap dan basah.
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.
  • Ganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari.
  • Sehabis buang air kecil atau buang air besar, basuh vagina dari arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya.
Sebab jika dilakukan dari arah anus ke vagina, dikhawatirkan akan terjadi perpindahan bakteri dan memicu infeksi di organ reproduksi.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita, jenis makanan yang masuk ke tubuh memegang peranan yang signifikan. Pasalnya, berat badan yang terlalu berlebih atau kelewat rendah, sama-sama akan memicu gangguan di sistem reproduksi dan tingkat kesuburan.Kekurangan mineral maupun vitamin tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita beserta fungisnya.Karena itu, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesuburan seperti asparagus, keju, biji-bijian, tiram, tomat, delima, hingga ikan salmon. Anda juga disarankan untuk mengurangi asupan tinggi lemak seperti gorengan.Mengonsumsi banyak lemak trans akan menurunkan sensitivitas insulin dan membuat proses ovulasi atau pematangan sel telur pada wanita menjadi terganggu. Hal ini bisa berujung pada penurunan kesuburan.

3. Konsumsi multivitamin

Mengonsumi multivitamin, terutama yang mengandung folat, sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi pada wanita. Bahkan, kebiasaan ini dianggap bisa menurunkan risiko gangguan kesuburan hingga 20%.Meski begitu, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter sebelum menentukan jenis multivitamin yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.
Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan cukup tidur
Tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita

4. Tidur yang cukup

Saat Anda terlalu lelah dan stres, maka keseimbangan kadar hormon di tubuh, termasuk hormon yang bekerja di organ reproduksi, akan terganggu. Hal ini tentu tidak baik, terutama untuk wanita yang sedang merencanakan untuk hamil.Untuk bisa menurunkan kadar stres dan lelah, istirahatlah yang cukup. Bagi sebagian orang hal ini mungkin sepele. Namun mendapatkan tidur yang berkualitas memang ternyata sangat menyehatkan bagi tubuh.

5. Olahraga teratur

Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita selanjutnya adalah berolahraga secara teratur. Hal ini akan membuat keseimbangan hormon di tubuh terjaga sekaligus menurunkan berat badan berlebih yang akan meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan kesuburan.Namun ingat, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, Anda tidak disarankan untuk olahraga berlebihan. Sebab melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat juga akan mengganggu keseimbangan hormon reproduksi.

6. Menghindari perilaku seks berisiko tinggi

Bergonta-ganti pasangan seksual dan berhubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi dapat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi. Pasalnya, perilaku ini akan meningkatkan risiko terhadap penyakit menular seksual seperti sipilis, herpes genital, gonorrhea, hingga HIV.Perilaku seks berisiko tinggi juga akan meningkatkan angka kehamilan tidak terencana, termasuk pada remaja perempuan. Padahal, hamil dan melahirkan di usia yang masih terlalu dini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya.

7. Berhenti merokok

Kebiasaan buruk ini tak hanya akan merusak paru-paru, tapi juga kesehatan reproduksi wanita. Perempuan yang merokok dinilai memiliki risiko tidak subur dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak merokok.

Catatan dari SehatQ

Melakukan cara menjaga kesehatan reproduksi wanita secara teratur akan membantu Anda terhindar dari berbagai kondisi berbahaya. Selain langkah-langkah di atas, Anda juga disarankan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter, terutama apabila gejala gangguan pada organ reproduksi mulai muncul.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang keluhan yang dirasakan seputar vagina maupun alat reproduksi lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan wanitaorgan intim wanitakesehatan vagina
Women’s Health. https://www.womenshealth.gov/blog/protecting-your-sexual-and-reproductive-health
Diakses pada 19 Februari 2021
Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-menjaga-kebersihan-alat-reproduksi
Diakses pada 19 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant
Diakses pada 19 Februari 2021
Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/boost/11-things-to-try-before-seeing-a-fertility-doctor/
Diakses pada 19 Februari 2021
Tommys. https://www.tommys.org/pregnancy-information/planning-a-pregnancy/are-you-ready-to-conceive/how-smoking-affects-female-and-male-fertility
Diakses pada 19 Februari 2021
Very Well Family https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait