Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan saat Lebaran adalah dengan mengonsumsi makanan berserat
Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan saat Lebaran adalah dengan mengonsumsi makanan berserat

Selepas salat Idulfitri, biasanya jadi saat yang paling ditunggu untuk menyantap hidangan Lebaran. Bagaimana cara menjaga kesehatan pencernaan ketika dihadapkan pada makanan bersantan yang lezat?

Selain bermaaf-maafan di hari yang fitri, Lebaran identik dengan makanan yang berlimpah. Tidak hanya di rumah sendiri, saat datang bersilahturahmi ke rumah tetangga pun kita akan disuguhi makanan mulai dari kue kering sampai ketupat sayur dan opor ayam.

Terkadang, hari lebaran ini menjadi momen “pembalasan” satu bulan berpuasa. Makanan bersantan dan berlemak pun langsung disantap tanpa pikir panjang. Namun, dalam kondisi ini, kita tetap perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita.

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan pencernaan saat Lebaran.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #1: Konsumsi Makanan Berserat

Sudah bukan rahasia bahwa makanan berserat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Ada dua macam jenis serat, terlarut dan tidak terlarut.

Serat yang terlarut akan menyerap air dan memberi kepadatan pada kotoran. Sedangkan serat tidak terlarut akan membantu mendorong kotoran keluar.

Makanan mengandung serat terlarut di antaranya gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sementara itu, serat tidak terlarut berada pada sayur-sayuran dan gandum utuh.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #2: Banyak Minum Air Putih

Kurangnya minum air putih menjadi salah satu penyebab konstipasi atau sembelit. Disarankan minum air 1.5-2 liter per hari untuk mencegah konstipasi. Hindari minuman berkafein yang merangsang kerja pencernaan.

Kebutuhan air pun akan bertambah jika cuaca panas atau adanya aktivitas fisik. Selain dengan minum air putih, kebutuhan air juga dapat terpenuhi dengan konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti melon, semangka, stroberi, tomat, timun, dan seledri.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #3: Kunyah Makanan Hingga Halus

Pastikan Anda menelan makanan yang telah benar-benar hancur. Kunyah makanan Anda hingga halus sebelum menelannya. Kerja organ pencernaan Anda akan bertambah berat ketika makanan yang Anda telan belum dikunyah dengan baik di mulut Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #4: Tetap Aktif Bergerak

Aktivitas fisik dan gravitasi merupakan kombinasi yang baik untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, berjalan santai setelah makan dapat membantu makanan bergerak turun dalan organ pencernaan.

Riset menunjukan bahwa aktivitas fisik, seperti bersepeda atau jogging, mempercepat proses pencernaan hingga 30%. Konstipasi yang kronis pun dapat membaik setelah pasien melakukan aktivitas fisik berjalan selama 30 menit setiap hari.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #5: Atasi Stres dengan Tepat

Stres memengaruhi keadaan seluruh tubuh termasuk sistem pencernaan. Jika tidak dapat dihindari, cari cara membuat diri Anda rileks.

Menemui psikolog/terapis atau mengikuti kelas manajemen stres mungkin dapat membantu. Kelola dan atasi stres Anda dengan baik dan benar untuk membantu melancarkan pencernaan Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #6: Buat Catatan Apa Saja yang Telah Anda Makan

Perhatikan makanan apa saja yang membuat perut Anda terasa tidak nyaman. Catat jika perlu sehingga Anda bisa menghindari makanan tersebut di lain waktu.

Makanan asam seperti tomat dan buah golongan jeruk dapat memicu penyakit lambung. Makanan pedas dapat memicu nyeri ulu hati dan diare.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan #7: Buang Kebiasaan Buruk

  • Stop merokok
    Dalam jangka pendek, merokok meningkatkan risiko luka pada lambung. Akan tetapi, dalam jangka panjang, merokok memicu terjadinya kanker organ sistem pencernaan.
  • Jangan makan terlalu malam
    Makanan yang Anda makan memerlukan waktu untuk melewati lambung menuju usus. Oleh karena itu, disarankan untuk makan makanan berat terakhir 3-4 jam sebelum tidur.

Makanan mengandung santan boleh saja dikonsumsi selama masih dalam batas tertentu. Bahkan diketahui zat dalam santan ini dengan jumlah yang tepat, 10-20gr, membantu menurunkan berat badan.

Benjamin Franklin pernah berkata “Eat to live, don't live to eat.” yang artinya “Makan untuk hidup, jangan hidup untuk makan.” Kuasai diri Anda dalam menghadapi suguhan makanan terutama yang bersantan dan berlemak.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion#section5
Diakses 30 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/good-digestion#1
Diakses 30 April 2019

Oettle GJ. Effect of moderate exercise on bowel habit. Gut. 1991 Aug 1;32(8):941-4.

Rial S, Karelis A, Bergeron KF, Mounier C. Gut microbiota and metabolic health: the potential beneficial effects of a medium chain triglyceride diet in obese individuals. Nutrients. 2016 May;8(5):281.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed