Cara Menjaga Kesehatan Payudara agar Jauh dari Kanker

(0)
13 Jun 2020|Lenny Tan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
SADARI termasuk cara menjaga kesehatan payudara yang mudah dilakukanSalah satu cara menjaga kesehatan payudara adalah SADARI
Cara menjaga kesehatan payudara yang utama adalah mengetahui kondisi yang normal dan membandingkannya dengan keadaan yang mungkin harus diperiksakan ke dokter. Langkah pemeriksaan ini selayaknya dilakukan secara berkesinambungan.Bersikap proaktif terhadap kesehatan payudara merupakan hal penting untuk mengantisipasi kanker payudara. Menyadari kejanggalan yang muncul lebih dini akan memberi harapan hidup lebih tinggi.

SADARI sebagai cara menjaga kesehatan payudara

Kanker payudara termasuk dalam 10 besar jenis kanker yang memicu kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, angka kematiannya mencapai 21,5 per 100.000 penduduk.Untuk itu, pemerintah menggalakkan program deteksi dini kanker payudara dengan saksama. Salah satunya adalah SADARI, yakni periksa payudara sendiri.SADARI perlu dilakukan oleh semua wanita sejak usia 20 tahun. Pemeriksaan mandiri ini sebaiknya dilaksanakan secara rutin setiap bulan, pada 7-10 hari setelah hari pertama haid terakhir Anda.

Bagaimanakah cara melakukan SADARI?

Cara menjaga kesehatan payudara melalui SADARI dapat Anda mulai dengan berdiri di depan cermin lalu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Cara 1

Cara 2

  • Letakkan tangan di pinggang (berkacak pinggang).
  • Periksa ada tidaknya kemerahan atau pembengkakan pada payudara.

Cara 3

Cara 4

  • Letakkan tangan di payudara
  • Tekan perlahan-lahan dengan gerakan melingkar
  • Raba apakah terasa ada benjolan atau tidak

Cara 5

  • Tekan payudara secara perlahan-lahan dari atas dan bawah ke arah puting susu.
  • Cermati ada tidaknya cairan yang keluar dari puting. Bila muncul cairan padahal Anda tidak sedang menyusui, berkonsultasilah ke dokter.

Cara 6

  • Khusus untuk cara ini, Anda tidak perlu berdiri di depan cermin.
  • Berbaringlah dan letakkan bantal di bawah punggung bagian tengah.
  • Letakkan salah satu telapak tangan kanan di belakang kepala.
  • Raba dan tekan perlahan salah satu payudara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar.
  • Lalu ulangi gerakan yang sama pada payudara satunya.
Melalui SADARI, kaum hawa dapat menjaga kesehatan payudara sekaligus mendeteksi ada tidaknya keabnormalan. Dengan ini, kondisi yang mencurigakan bisa segera diketahui dan diperiksakan ke dokter.

Terapkan juga cara mencegah kanker payudara ini

Di samping rutin melakukan SADARI, Anda juga dapat menerpakan upaya-upaya tertentu sebagai cara menjaga kesehatan payudara dan menjauhkan diri dari kanker payudara. Apa sajakah upaya tersebut?

1. Berolahraga secara rutin

Selain dapat melancarkan peredaran darah, teratur berolahraga bisa membantu Anda untuk mencegah kegemukan. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas termasuk faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ini setidaknya selama 30 menit per hari. Dengan berolahraga secara teratur, Anda juga dapat mencegah beragam penyakit lain.

2. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang

Sebagai cara menjaga kesehatan payudara, tambahkan juga sederet makanan dan minuman bergizi ke dalam menu makan Anda. Beberapa contohnya meliputi:
  • Sayuran, seperti bayam, wortel, ubi jalar, kembang kol, brokoli, kubis, serta kale.
  • Buah-buahan, misalnya stroberi, blueberry, raspberry, plum, dan persik.
  • Gandum utuh, contohnya oatmeal, nasi merah, serta jagung.
  • Kacang-kacangan yang meliputi kenari, kacang merah, serta kacang kedelai.
  • Ikan tinggi omega-3, misalnya salmon, sarden, dan ikan kod.
  • Minuman kaya antioksidan, contohnya teh hijau.
  • Makanan dan minuman fermentasi, seperti yoghurt, tempe, dan tahu.

3. Berhenti merokok

Tidak hanya kanker payudara, merokok juga bisa menurunkan risiko dari berbagai gangguan kesehatan lain. Mereka yang bukan perokok pun sebaiknya menghindari paparan asap rokok. Pasalnya, menjadi perokok pasif bisa pula membahayakan kesehatan Anda.

4. Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Wanita yang mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak sekitar 5 sampai 10 gram per hari, memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi daripada kaum hawa yang tidak minum alkohol. Peningkatan ini bahkan mencapai 15 persen.Apabila Anda mengonsumsi lebih banyak alkohol, risiko kanker payudara akan turut meningkat. Karena inilah, menghindari alkohol juga termasuk cara menjaga kesehatan payudara.

4. Menyusui buah hati

Mungkin bukan rahasia lagi bahwa manfaat menyusui tak hanya menguntungkan Si Kecil, tapi juga sang ibu. Tapi siapa sangka kegiatan ini juga ternyata bisa menjauhkan Anda dari kanker payudara.Semakin lama Anda menyusui buah hati, kualitas perlindungan alami untuk payudara Anda juga semakin tinggi.

Catatan dari SehatQ

Cara menjaga kesehatan payudara sejatinya sangat sederhana. Mulai dari SADARI secara rutin, menerapkan pola makan yang seimbang, berolahraga, tidak merokok dan minum alkohol, hingga menyusui.Langkah-langkah tersebut juga akan menjauhkan Anda dari ancaman kanker payudara. Agar lebih yakin lagi, Anda juga dianjurkan menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala ke dokter. Dengan ini, penanganan bisa segera dilakukan apabila ada kejanggalan yang muncul pada payudara Anda.
kanker payudarapayudara
Kementerian Kesehatan RI. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/subdit-penyakit-kanker-dan-kelainan-darah/deteksi-dini-kanker-payudara-dengan-sadari-dan-sadanis
Diakses pada 13 Juni 2020
Yayasan Kanker Payudara Indonesia. https://pitapink-ykpi.or.id/sadari-periksa-payudara-sendiri/
Diakses pada 13 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/316720
Diakses pada 13 Juni 2020
NHS. https://www.nhs.uk/news/cancer/breast-cancer-link-to-alcohol-studied/
Diakses pada 13 Juni 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/breast-cancer-prevention/art-20044676
Diakses pada 13 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait