logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

11 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru agar Bekerja Secara Optimal

open-summary

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah dapat dilakukan dengan bernapas lebih dalam, melakukan olahraga aerobik, minum air secara teratur, hingga tertawa.


close-summary

2 Mar 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara menjaga kesehatan paru-paru sebenarnya mudah dan tak sulit, termasuk bernapas lebih dalam

Bernapas dalam atau deep breathing membantu menjaga kesehatan paru-paru

Table of Content

  • 11 cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah
  • Catatan dari SehatQ

Organ paru-paru memiliki peran penting dalam proses pernapasan. Apabila Anda ingin memulai gaya hidup sehat, ada beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang sejatinya tidak sulit dan tidak ribet.

Advertisement

Simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

11 cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah

Dengan langkah yang sederhana, berikut ini cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah dan tanpa ribet:

1. Mencuci tangan lebih sering

Walau terlihat sepele, mencuci tangan merupakan cara paling efektif untuk menghindari paparan virus dan bakteri, termasuk menurunkan risiko penularan virus corona penyebab COVID-19. Menjaga kebersihan tangan perlu dilakukan untuk mencegah infeksi terhadap paru-paru.

Mencuci tangan untuk paru-paru
Mencuci tangan penting untuk mencegah infeksi, termasuk pada paru-paru

Pastikan Anda mencuci tangan dengan tepat: basahi tangan dengan sabun, gosok telapak tangan, punggung tangan, di antara jari-jari, dan bawah kuku Anda. Tak usah terburu-buru, cucilah tangan selama 20 detik. Mudahnya, nyanyikan lagu "Happy Birthday" selama dua kali saat membersihkan tangan.

2. Kurangi frekuensi memegang wajah

Selain mencuci tangan lebih sering, salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru juga perlu dilakukan dengan mengurangi frekuensi memegang wajah. Hal ini perlu diterapkan juga untuk menurunkan paparan kuman yang mungkin saja ada di tangan kita.

3. Berhenti merokok

Rokok sama sekali tidak memberikan manfaat untuk diri kita. Tak hanya kanker paru-paru, rokok dikaitkan dengan kebanyakan penyakit paru-paru, seperti asma, fibrosis paru idiopatik, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Setiap kita mengisap sebatang rokok, kita telah memasukkan beribu zat kimia ke paru-paru, misalnya nikotin, karbon monoksida, dan tar. Kandungan ini merusak paru, membuat paru sulit ‘membersihkan diri’, dan mengiritasi jaringan paru-paru. Seiring berjalannya waktu, saluran udara dalam sistem pernapasan pun akan menyempit dan kita lebih sulit bernapas.

Bahaya rokok pun pun tak hanya berisiko untuk orang yang mengisapnya, si perokok aktif. Perokok pasif alias yang menghirup asapnya juga bisa dirugikan karena benda ini.

4. Berolahraga untuk melatih pernapasan

Olahraga tak hanya menjaga kesehatan tubuh secara umum dan mengendalikan berat badan. Aktivitas fisik pun secara spesifik dapat menjaga kesehatan paru-paru. Sebab, saat berolahraga, paru-paru dapat bekerja lebih keras, termasuk untuk memasukkan oksigen dan membuang karbon dioksida.

Jenis olahraga terbaik untuk kesehatan paru-paru adalah olahraga aerobik atau disebut juga kardio, seperti jalan kaki, berlari, berenang, dan bersepeda. Saat berolahraga aerobik, otot antara tulang rusuk akan membesar dan berkontraksi. Kemudian, kantung udara di dalam paru-paru bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbon dioksida.

Berenang untuk paru
Berenang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru

Ahli merekomendasikan setidaknya 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Semakin kita rutin berolahraga, terutama aerobik, semakin efisien paru-paru bekerja. Dengan begitu, sistem pernapasan kita pun dapat berfungsi secara optimal.

5. Hindari paparan polutan

Polutan di udara dapat merusak paru-paru. Kerusakan paru-paru ini juga lebih rentan terjadi seiring bertambahnya usia karena resistensi terhadap zat beracun berkurang.

Kita pun sebenarnya tak hanya perlu menghindari paparan polutan di luar ruangan. Di dalam rumah dan ruangan pun, polutan senantiasa mengintai.

Beberapa tips meminimalkan paparan polutan untuk menjaga kesehatan paru-paru, yaitu:

  • Ciptakan rumah sebagai zona bebas asap rokok
  • Bersihkan perabot setidaknya seminggu sekali
  • Buka jendela sesering mungkin untuk meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan
  • Hindari penyegar udara sintetis dan lilin yang dapat meningkatkan risiko paparan bahan kimia tambahan, seperti formaldehida dan benzena. Sebagai gantinya, gunakan diffuser aromaterapi dan minyak esensial untuk aroma yang lebih alami.
  • Jaga rumah sebersih mungkin, termasuk dari jamur, debu, dan bulu hewan peliharaan. Semua benda tersebut bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan iritasi.
  • Gunakan produk pembersih alami bila memungkinkan, dan buka jendela saat menggunakan produk yang menghasilkan asap
  • Pastikan di rumah tersedia kipas angin yang memadai
  • Hindari asap rokok

6. Bernapas lebih dalam

Bernapas lebih dalam atau deep breathing dapat membersihkan paru-paru, serta menciptakan pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara penuh.

Untuk mencoba deep breathing, Anda bisa duduk di suatu tempat dengan tenang. Kemudian, bernapaslah perlahan melalui hidung, lalu bernapaslah setidaknya dua kali lebih lama dari mulut.

Kita pun bisa menghitung saat bernapas. Misalnya, saat menghirup, berhitunglah dari 1 hingga 4. Kemudian, saat mengeluarkan napas, hitunglah dari 1 hingga 8.

7. Bersihkan karpet di rumah

Cobalah untuk selalu rutin membersihkan karpet yang ada di dalam rumah Anda. Sebab, karpet dapat menjebak jamur, kotoran kecoa, tungau, dan debu yang bisa membahayakan kesehatan paru-paru Anda. Cara menjaga kesehatan paru-paru yang satu ini sering kali diremehkan. Maka dari itu, jangan pernah lupa membersihkan karpet secara rutin, ya.

8. Usir kecoa dari rumah!

Kotoran kecoa dapat berubah menjadi debu saat didiamkan begitu saja di lantai, selimut atau perabotan rumah tangga di dalam rumah. Saat tersapur oleh udara dan masuk ke dalam paru-paru Anda, kotoran kecoa ini bisa menyebabkan alergi dan masalah paru-paru lainnya.

Perlu diketahui juga, anak-anak yang pernah terpapar dengan kotoran kecoa yang menjadi debu ini lebih berisiko mengidap asma. Untuk itu, mintalah jasa profesional untuk membersihkan rumah Anda dari kecoa!

9. Bersihkan mesin pelembap ruangan

Pelembap ruangan memang bisa membantu Anda bernapas lebih baik dengan cara membersihkan udara di sekitar. Namun, jika mesin pelembap ruangan tidak sering dibersihkan, jamur bisa muncul dan terbawa oleh udara ke dalam paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan paru-paru terinfeksi dan meradang.

10. Minum air secara teratur

Di dalam paru-paru, terdapat lapisan lendir tipis yang bisa membantu paru-paru bekerja lebih baik. Untuk membuatnya tetap sehat, minumlah air lebih rutin lagi. Dengan meminum air lebih teratur, lapisan lendir ini akan tetap tipis dan bisa membuat paru-paru bekerja secara efektif.

11. Tertawalah

Siapa sangka bahwa tertawa dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan? Tertawa ternyata menjadi cara menjaga kesehatan paru-paru yang sayang jika dilewatkan. Tertawa dianggap sebagai latihan yang bagus untuk otot perut sehingga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menghirup udara. 

Baca Juga

  • Kerap Berkaitan dengan Cystic Fibrosis, Bronkiektasis Adalah Kerusakan pada Bronkus
  • Alat Bantu Pernapasan dan Masing-Masing Fungsinya
  • Benarkah Ada Makanan yang Bisa Memicu Kanker Paru-paru?

Catatan dari SehatQ

Mudah, bukan, cara menjaga kesehatan paru-paru di atas? Kita bisa berhenti merokok, berolahraga teratur, menjauhkan paparan polutan, rajin mencuci tangan, dan bernapas lebih dalam. Dengan tips di atas, fungsi paru-paru akan terjaga dan bekerja lebih optimal.

Advertisement

penyakit paru-parukanker paru-paruradang paru-paruinfeksi paru-paru

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved