Menggunakan tabir surya menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit yang harus dilakukan
Kenakanlah tabir surya jika akan beraktivitas di luar ruangan

Tak hanya ginjal, jantung, atau paru-paru, kesehatan kulit juga perlu dijaga. Memiliki kulit yang sehat dan terawat dapat mencegah Anda terjangkit berbagai penyakit dan menunjang penampilan Anda sehingga lebih percaya diri.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dengan benar, sebagian orang bahkan dengan sengaja mengabaikannya. Sebenarnya apa yang perlu kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan kulit?

Cara menjaga kesehatan kulit

Polusi, sinar matahari, pertambahan usia maupun berbagai faktor lain dapat merusak kesehatan kulit. Jika kondisi ini dibiarkan maka tak hanya penampilan yang terganggu, gangguan kesehatan lainnya pun juga bisa timbul. 

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan berbagai cara menjaga kesehatan kulit berikut:

  • Melindungi kulit dari sinar matahari

Salah satu cara terpenting dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari yang paling kuat berada di antara pukul 10.00-16.00. Dalam jangka panjang, paparan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, dan juga meningkatkan risiko kanker kulit. 

Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya yang ber-SPF lebih dari 15. Oleskan 20 menit sebelum Anda keluar, dan ulangi setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat maupun berenang. Selain itu, kenakan pakaian yang berlengan panjang dan topi sebagai pelindung tambahan.

  • Tidak merokok

Merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan mendorong terbentuknya kerutan karena gerakan-gerakan wajah berulang yang Anda lakukan. Di samping itu, merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar sehingga mengurangi aliran darah dan membuat kulit terlihat lebih pucat. 

Kebiasaan ini juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting bagi kesehatan kulit. Bahkan kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun bisa mengalami kerusakan. 

Tak berhenti sampai disitu, merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit sel skuamosa. Jadi, berhentilah merokok untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit Anda.

  • Bersihkan kulit dengan benar

Mandi diperlukan untuk membersihkan kulit dari kotoran-kotoran yang menempel. Akan tetapi, jangan mandi dengan air yang terlalu panas atau berlama-lama mandi karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuat kulit menjadi sangat kering. 

Untuk menghindari hal tersebut, batasi waktu mandi dan gunakan air hangat. Selain itu, pilih sabun pembersih yang ringan untuk menjaga kadar minyak alami pada kulit. 

Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut sehingga kulit menjadi lembap. Jika Anda memiliki kulit yang kering, gunakan pelembap yang cocok dengan kulit Anda. Sementara, bila Anda ingin bercukur, oleskan krim cukur, losion, atau gel terlebih dahulu pada kulit Anda untuk mencegah terjadinya iritasi.

  • Makan makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah, sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika diet yang kaya akan minyak ikan, serta rendah lemak yang tak sehat dan karbohidrat olahan, bisa meningkatkan kesehatan kulit sehingga tampak lebih muda.

  • Mengendalikan stres

Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat maupun masalah kulit yang lain. Untuk menjaga kesehatan kulit, cobalah untuk mengendalikan stres yang Anda alami dengan pikiran yang tenang. 

Anda bisa menonton film komedi, meluangkan waktu untuk bersenang-senang, melakukan apa yang Anda sukai, atau bercerita pada orang terdekat untuk mengurangi stres tersebut. 

  • Tidur dengan cukup

Tidur dengan cukup dapat menghilangkan lingkaran-lingkaran hitam di sekitar mata, dan meningkatkan warna kulit sehingga tampak lebih cerah. Sebaliknya, kurang tidur memiliki dampak yang signifikan pada fungsi kulit dan penuaan. 

Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari. Selama tidur nyenyak, tubuh akan meregenerasi kulit, otot, dan sel darah. Selain itu, tubuh juga memproduksi kolagen baru yang dapat mencegah pengenduran kulit. 

  • Hindari alkohol

Apakah Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol? Jika iya, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Minum alkohol dapat memperbesar pembuluh darah sehingga kulit menjadi merah untuk sementara waktu. 

Selain itu, minum alkohol secara berlebihan juga dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Bahkan kebiasaan ini juga dapat menyebabkan penyakit hati yang mengubah warna kulit menjadi kuning. Oleh sebab itu, hindari alkohol agar kesehatan kulit dan tubuh Anda tetap terjaga.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Kurangnya cairan tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik ketika digaruk. Mengonsumsi air putih dengan cukup pun menjadi langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi. Pada umumnya, para ahli menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

Berbagai cara menjaga kesehatan kulit tersebut tidak sulit untuk dilakukan, bukan? Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya dengan sungguh-gungguh. Jangan sampai mengabaikan kesehatan kulit karena hanya akan membuat penampilan terlihat buruk dan berbagai masalah kulit pun mendatangi Anda.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 03 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320071#5.-Get-your-beauty-sleep
Diakses pada 03 Maret 2020
American Skin. http://www.americanskin.org/resource/
Diakses pada 03 Maret 2020

Artikel Terkait