Varian Delta Menyebar dengan Cepat, Ini Cara Menjaga Kekebalan Tubuh


Menjaga kekebalan tubuh penting dilakukan terutama dalam menghadapi varian baru virus Corona dan gelombang kedua pandemi di Indonesia. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin E.

0,0
Menjaga kekebalan tubuh penting dilakukan terutama dalam menghadapi varian baru virus CoronaVarian Delta kini telah menyebar pada lebih dari 70 negara
Kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat lagi setelah sebelumnya kurva sempat melandai ketika vaksinasi dilakukan. Gelombang kedua pandemi Covid ini terjadi ketika muncul varian baru virus Corona, yaitu varian Delta. Lalu, bagaimana menjaga kekebalan tubuh saat gelombang kedua pandemi Covid?Varian Delta atau yang disebut juga B.1.617.2 pertama kali ditemukan di India dan kini telah menyebar pada lebih dari 70 negara. Varian ini bukan hanya menyebar dengan cepat namun juga dapat menyebabkan gejala yang parah. Hal ini tentu saja memunculkan kekhawatiran pada mereka yang belum divaksin maupun yang memiliki imunitas tubuh yang rendah. 

Kaitan antara radikal bebas dan kekebalan tubuh

Antioksidan penting untuk menjaga kekebalan tubuh
Tubuh perlu antioksidan untuk menetralkan radikal bebas
Saat proses metabolisme, tubuh memproduksi radikal bebas dalam jumlah yang normal. Radikal bebas ini sebenarnya dapat berfungsi melawan patogen penyebab infeksi bila jumlahnya seimbang. Selain radikal bebas, sel tubuh juga memproduksi antioksidan yang berfungsi menetralkan radikal bebas. Dengan kata lain, tubuh manusia dapat mengatur keseimbangan radikal bebas dan antioksidan.Ketika terjadi ketidakseimbangan jumlah antara radikal bebas dengan antioksidan, itulah yang disebut sebagai stres oksidatif. Sejumlah hal disebut sebagai pemicu stres oksidatif, di antaranya:
  • Pola makan
  • Gaya hidup
  • Kondisi medis tertentu
  • Faktor lingkungan seperti polusi dan paparan radiasi
Selain faktor pemicu di atas, stres oksidatif juga terjadi sebagai bentuk respons alami kekebalan tubuh ketika terjadi infeksi. Stres oksidatif ini bersifat sementara dan menyebabkan peradangan ringan, namun akan hilang ketika infeksi tersebut telah tertangani.Bila stres oksidatif dibiarkan begitu saja untuk waktu yang lama, maka radikal bebas akan menyebabkan kerusakan pada sel tubuh dan memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan juga kanker.

Mengapa penting menjaga kekebalan tubuh saat gelombang kedua pandemi Covid-19?

Menjaga kekebalan tubuh saat varian delta menyebar bisa dilakukan dengan tetap di rumah saja
Hindari pergi ke luar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona
Sudah lebih dari setahun kita mengalami pandemi virus Corona. Berbeda ketika awal pandemi terjadi di tahun 2020, orang banyak berdiam di rumah untuk menghentikan penyebaran virus. Protokol kesehatan seperti memakai masker saat pergi ke luar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dilakukan dengan amat ketat.Banyak orang pun berusaha mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, berolahraga, berjemur untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, hingga minum suplemen. Semua itu dilakukan dengan harapan agar kekebalan tubuh meningkat dan mampu melawan penyakit, termasuk infeksi virus Corona.Sayangnya, pandemi yang tak kunjung usai, ditambah mulai ditemukannya vaksinasi, membuat banyak orang mulai abai menjalankan protokol kesehatan. Bahkan sebagian orang tak lagi menerapkan pola hidup sehat.Dengan munculnya varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua pandemi, penting bagi Anda untuk menjaga kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh yang sehat akan membantu mencegah penyakit dan melawan infeksi. Anda bisa kembali menerapkan pola hidup sehat yang selama ini sudah dijalani sejak awal pandemi. Konsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga, cukup tidur, tidak merokok, dan minum suplemen sesuai kebutuhan akan membantu tubuh memiliki sistem imunitas yang kuat.

Prove E untuk menjaga kekebalan tubuh

Mengonsumsi Prove E dapat membantu menjaga kekebalan tubuh
Prove mengandung vitamin E 400 IU
Salah satu vitamin yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh adalah vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang berpotensi untuk menjaga daya tahan tubuh. Banyak penelitian menyebutkan bahwa vitamin E terbukti meningkatkan resistensi terhadap infeksi. Kekurangan vitamin E dapat menurunkan sistem imun yang mengakibatkan kemungkinan terjadinya infeksi. Anda bisa mengonsumsi Prove E untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, terutama dalam menghadapi munculnya varian baru Covid-19 ini. Prove E memiliki fungsi ganda untuk menjaga kekebalan tubuh sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas. Suplemen Prove E mengandung vitamin E 400 IU. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin E sekaligus bermanfaat bagi kekebalan tubuh. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar menjaga kekebalan tubuh dalam menghadapi gelombang kedua pandemi Covid, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
vitamin ecoronavirusadv prove e
WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-vitamin-e#1
Diakses pada 22 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-about-vitamin-e
Diakses pada 22 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/the-covid-19-delta-variant-heres-everything-you-need-to-know
Diakses pada 22 Juni 2021
Healthline.
https://www.healthline.com/health/oxidative-stress
Diakses pada 22 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318652
Diakses pada 22 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324863
Diakses pada 22 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait