Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Kuat Setelah Vaksinasi


Meski sudah mendapatkan vaksin, melakukan protokol kesehatan dan menerapkan gaya hidup yang sehat tetap perlu dilakukan agar aktivitas Anda tidak terganggu. Menjaga daya tahan tubuh bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat hingga minum suplemen.

0,0
15 Oct 2021|Marco Anthony
Tetap jaga kondisi tubuh dan patuhi protokol kesehatan meski sudah vaksinTetap jaga kondisi tubuh dan patuhi protokol kesehatan meski sudah vaksin
Ada banyak orang yang keliru menganggap bahwa tubuh menjadi kebal setelah mendapatkan vaksin. Faktanya, hal ini sama sekali tidak benar. Orang yang sudah mendapatkan vaksin masih mungkin terinfeksi virus COVID-19.
Jika demikian apakah vaksinasi sia-sia? Jawabannya, tentu saja tidak tidak. Vaksinasi membantu tubuh memproduksi antibodi yang lebih baik untuk menghadapi serangan virus COVID-19. Pemberian vaksin dapat mengurangi gejala dan tingkat keparahannya saat seseorang terinfeksi.Oleh karena itu, bagi Anda yang aktif dan sudah mendapatkan vaksin, melakukan protokol kesehatan dan menerapkan gaya hidup yang sehat tetap perlu dilakukan agar aktivitas Anda tidak terganggu. Lalu hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap kuat? Berikut caranya.

Cara menjaga sistem imun tubuh pascavaksin

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan antioksidan adalah salah satu cara meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Istirahat yang cukup

Kekurangan tidur dapat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga Anda mudah terserang penyakit. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Idealnya, jam tidur orang dewasa adalah 7-8 jam. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari lembur.

3. Olahraga secara teratur

Entah Anda sedang bekerja dari rumah atau bekerja dari kantor, pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Bisa dimulai dari hal yang ringan seperti pemanasan  dan jalan kaki selama 30 menit hingga berolahraga intens seperti berenang. Pasalnya, aktivitas fisik dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga melancarkan sirkulasi darah sehingga kondisi badan tidak mudah drop.Meski demikian, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi kesehatan Anda. Jangan memaksakan diri melakukan olahraga berat bila Anda merasa tubuh sedang tidak fit.

4. Banyak minum air putih

Kekurangan cairan bukan hanya menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga mengurangi fokus saat Anda beraktivitas. Konsumsilah air putih paling tidak 2 liter dalam sehari agar kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi.

5. Kelola stres

Menurut berbagai penelitian, stres yang berlebihan dan terjadi secara terus menerus bisa menjadi salah satu faktor daya tahan tubuh berkurang. Kelola stres Anda dengan mengambil waktu untuk beristirahat atau berlibur sendiri, bersama keluarga, atau teman.

6. Berjemur secara rutin

Meluangkan waktu secara teratur untuk berjemur di bawah matahari pagi akan memberikan efek positif bagi tubuh Anda. Lewat berjemur secara teratur tubuh akan memproduksi salah satu vitamin yang sangat berperan penting menjaga sistem imun tubuh tetap kuat, yaitu vitamin D.Idealnya Anda dapat berjemur selama 15 menit pada pukul 08.00 – 09.00 pagi dan dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7. Mengonsumsi multivitamin

Untuk melengkapi berbagai cara di atas, cobalah untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin. Suplemen multivitamin seperti Enervon C akan membantu Anda melengkapi kebutuhan vitamin harian Anda sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Tetap aktif dan sehat bersama Enervon C

enervon c
Bagi Anda yang aktif, kondisi tubuh yang prima adalah suatu keharusan agar semua pekerjaan selesai dengan baik. Bila Anda tak sempat melakukan beberapa hal di atas untuk menjaga kondisi tubuh, mengonsumsi Enervon C bisa menjadi pilihan yang praktis.Enervon C merupakan Multivitamin lengkap dengan kandungan Vitamin C yang dilengkapi 6 vitamin B  kompleks  (B1, B2, B3, B5, B6, dan  B12).Vitamin C terbukti meningkatkan sistem imunitas ( daya tahan tubuh) , sedangkan vitamin B kompleks untuk  membantu proses metabolisme dalam pembentukan energi, sehingga kombinasi keduanya menghasilkan daya  tahan tubuh yang optimal dan lebih lama.Dengan menjalankan gaya hidup sehat dan mengonsumsi Enervon C, panas-panasan, kehujanan, lembur, hingga aktivitas yang segudang tidak akan mengganggu daya tahan tubuh Anda untuk bekerja demi keluarga.Temukan juga informasi menjaga imun tubuh yang menarik di Instagram SehatQ bersama Enervon C.
hidup sehatpola hidup sehatadv enervon c
https://www.sehatq.com/artikel/sistem-imun-lemah-ini-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-yang-bisa-anda-cobahttps://www.sehatq.com/artikel/benarkah-manfaat-multivitamin-penting-untuk-anda
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait