logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi agar Tetap Sehat

open-summary

Menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan di masa pandemi. Tips agar sistem imunitas tetap terjaga antara lain dengan menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga,, dan konsumsi suplemen.


close-summary

4

(6)

28 Apr 2021

| Bayu Galih Permana

Menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen

Suplemen berguna untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga sistem imun

Table of Content

  • Tips menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi
  • Mengonsumsi Konilife Imunea untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Catatan dari SehatQ

Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Saat sistem imunitas tidak terjaga dengan baik, Anda akan menjadi lebih rentan tertular penyakit, tak terkecuali Covid-19.

Advertisement

Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda bisa mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh melalui beberapa tindakan sederhana. Lantas, tindakan apa sajakah yang bisa dilakukan?

Tips menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi

Menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi tidak sulit untuk dilakukan. Beberapa tindakan sederhana bisa membantu mengoptimalkan kinerja sistem imunitas tubuh jika rutin dilakukan sehari-hari.

Berikut ini sejumlah tips menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi:

1. Menerapkan pola makan sehat

Untuk memastikan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, pastikan Anda rutin mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh antara lain sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Hindari konsumsi makanan tinggi gula, junk food, dan alkohol karena dapat memberi pengaruh buruk untuk kesehatan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.

2. Rutin berolahraga

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan rutin berolahraga
Lakukan jogging secara rutin untuk meningkatkan imunitas

Berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Tidak harus olahraga berat, Anda cukup melakukan aktivitas ringan seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, renang, atau sekedar berjalan di alam bebas. Dalam seminggu, usahakan berolahraga setidaknya 150 menit agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

3. Istirahat cukup

Tidur bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Menurut sejumlah penelitian, orang yang kurang tidur akan lebih rentan terinfeksi penyakit. Selain itu, aktivitas ini membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian beraktivitas. Untuk mendapatkan manfaat  tidur secara optimal, Anda harus beristirahat setidaknya 7 jam di malam hari.

4. Mengelola stres

Stres dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, lakukan aktivitas-aktivitas yang dapat membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks seperti meditasi, yoga, mendengarkan musik, serta journaling. Apabila Anda kesulitan untuk mengatasi stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk mendapat solusinya.

5. Konsumsi suplemen

Konsumsi suplemen merupakan salah satu cara menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi. Suplemen berguna untuk memenuhi asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga sistem imun.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pilihlah suplemen-suplemen yang punya kandungan vitamin C, vitamin D, zinc, dan, echinacea. Tak perlu mendapatkan semua kandungan tersebut dalam satu suplemen, Anda hanya perlu memilih produk dengan beberapa kandungan saja. 

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc dan echinacea. Kedua kandungan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh ini bisa Anda peroleh dalam suplemen Konilife Imunea.

Mengonsumsi Konilife Imunea untuk menjaga daya tahan tubuh

Suplemen Konilife Imunea dapat membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi
Konilife Imunea memiliki triple action formula

Konilife Imunea merupakan produk suplemen yang mempunyai kandungan zinc dan echinacea. Selain kedua kandungan tersebut, Anda juga bisa menemukan mengkudu dalam suplemen ini. Ketiga bahan ini membuatnya memiliki triple action formula untuk menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Manfaat triple action formula Konilife Imunea dalam menjaga daya tahan tubuh, antara lain:

  • Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral penting dalam tubuh. Fungsi utamanya adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selain memastikan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, mineral ini juga bermanfaat untuk mendukung proses penyembuhan penyakit, salah satunya flu. Menurut studi yang dilakukan terhadap 575 orang penderita flu, memenuhi asupan zinc sebesar 75mg per hari dapat mengurangi durasi pilek hingga 33%.

  • Echinacea

Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen yang berasal dari tanaman echinacea
Bunga echinacea diklaim dapat mendukung sistem kekebalan tubuh

Echinacea adalah tanaman yang dikenal punya manfaat untuk menunjang daya tahan tubuh. Menurut penelitian, tanaman ini bisa mendukung sistem imunitas untuk melawan infeksi virus. Selain itu, konsumsi echinacea juga diklaim dapat membantu Anda untuk pulih lebih cepat dari sakit.

  • Mengkudu

Kandungan mengkudu dalam Konilife Imunea dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkudu merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengkudu juga kaya akan antioksidan yang berguna mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Dengan ketiga kandungan tersebut, konsumsi Konilife Imunea secara rutin dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk mendapatkan dosis yang tepat, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga

  • Member Eternity Privilege AEON Mall Bisa Dapat Voucher Rapid Atau Serology Test COVID-19 dari SehatQ
  • Imun Tetap Sehat dengan Vitamin D di Tengah Pandemi Corona
  • BPOM Izinkan Vaksin Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun

Catatan dari SehatQ

Masa pandemi tidak boleh menjadi penghalang dalam menjalani gaya hidup sehat. Menjaga pola makan tetap sehat, olahraga secara rutin, istirahat dengan cukup, mengelola stres, dan konsumsi suplemen tetap harus ada dalam daftar aktivitas sehari-hari.

Advertisement

suplemenimunitas turuncovid-19adv konilife

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved