Kondisi Bayi dalam Kandungan, Lakukan Ini Supaya Senantiasa Sehat

(0)
01 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bayi dalam kandungan harus selalu dijaga kesehatannyaBayi dalam kandungan terus berkembang
Bayi dalam kandungan harus selalu dijaga supaya ia senantiasa sehat dan kuat. Apalagi, mereka juga rentan terhadap berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Janin yang sehat tentunya akan membuat Anda bahagia sebagai orangtuanya.Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya untuk menjaga Si Kecil dalam kandungan, mulai dari memerhatikan asupan hingga menghindari kebiasaan buruk yang tidak sehat. Tidak hanya itu, ada pula sejumlah cara yang juga dapat memperkuat ikatan Anda dengan bayi dalam kandungan. 

Bagaimana keadaan bayi dalam kandungan?

Bayi akan terus mengalami perkembangan di dalam kandungan seiring bertambahnya usia kehamilan. Berbagai saraf, organ, maupun anggota tubuhnya tumbuh dan berkembang hingga matang. Berat badan dan panjang tubuhnya juga akan bertambah dari waktu ke waktu.
Janin mendaptkan nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi
Janin mendapatkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Nutrisi yang dibawa melalui aliran darah akan dialirkan ke plasenta, kemudian ditransfer langsung kepada janin melalui tali pusar yang terhubung dengan Anda.Dari dalam kandungan, janin bisa mendengar suara di dalam tubuh maupun di luar tubuh Anda. Selain itu, Si Kecil juga dapat mengingat suara tertentu, melihat cahaya, dan merasakan sensasi gerakan. Ia bahkan sering memberi respons dengan menggerakan tubuhnya atau menendang. Menggemaskan sekali, bukan?

Cara menjaga bayi dalam kandungan

Supaya janin tetap sehat dan semakin terhubung dengan Anda, berikut adalah beberapa cara menjaga bayi dalam kandungan yang bisa Anda lakukan:

1. Berbicara atau menyanyikan lagu untuknya

Sama seperti indra lainnya, pendengaran janin akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Di usia sekitar 23 minggu, ia sudah bisa mendengar detak jantung dan suara perut ibu. Selain itu, ia juga mulai mendengar suara dari luar perut ibu. Jadi, cobalah berbicara atau menyanyikan lagu untuknya.Hal ini akan membantu ia mengenali suara Anda dengan cepat dan membuatnya merasa terikat dengan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat suasana hatinya menjadi lebih baik.

2. Berolahraga secara teratur

Berenang saat hamil baik untuk kesehatan ibu dan janin
Tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, olahraga saat hamil juga baik bagi perkembangan janin. Dengan berolahraga, perkembangan otak Si Kecil menjadi lebih optimal dan berfungsi dengan baik. Lakukan olahraga secara teratur, misalnya berenang atau berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan aman dan tidak memaksakan diri.

3. Mendengarkan musik klasik

Mendengarkan musik memberi efek yang menenangkan dan rasa gembira bagi Anda maupun Si Kecil karena bisa memicu produksi hormon endorfin. Bayi dalam kandungan umumnya lebih menyukai musik klasik, seperti Mozart atau Beethoven. Ia bahkan bisa memberi respons, misalnya dengan bergerak atau menendang. 

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Alpukat baik untuk kesehatan kehamilan
Makanan bergizi seimbang memiliki peran yang krusia dalam menunjang tumbuh kembang janin. Semakin banyak makanan bergizi yang ibu konsumsi, semakin banyak pula nutrisi yang diperoleh oleh Si Kecil. Anda bisa mengonsumsi makanan yang direkomendasikan saat hamil, seperti brokoli, bayam, pisang, alpukat, mangga, jeruk, daging tanpa lemak, ikan salmon, kacang-kacangan, hingga minum air putih dengan cukup.

5. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat membuat bayi dalam kandungan lebih rentan mengalami cacat atau masalah kesehatan berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, hindari merokok dan minum alkohol demi menjaga kesehatan buah hati Anda dan kehamilan berjalan dengan lancar.

6. Cukup tidur

Tidur yang cukup juga diperlukan untuk menjaga ibu hamil dan janin senantiasa sehat. Saat Anda beristirahat, janin bisa bergerak lebih aktif karena tidak ada gangguan dari aktivitas yang Anda lakukan. Sehingga, tidak jarang jika Anda mungkin merasa tersentak atau kaget saat bayi tiba-tiba bergerak atau menendang. Anda bisa membalas ‘celoteh’ Si Kecil dengan mengusap perut.Dengan melakukan cara menjaga bayi dalam kandungan di atas, kesehatann Si Kecil diharapkan akan selalu terjaga dan ikatan yang terjalin antara Anda dengannya menjadi semakin kuat. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin supaya Anda bisa mendeteksi masalah yang ada pada janin sedini mungkin.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bayi dalam kandungan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilanperkembangan janinkehamilan
Web MD. https://www.webmd.com/baby/features/bonding-with-baby-before-birth#1
Diakses pada 18 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/baby/news/20131110/exercise-in-pregnancy-may-boost-babys-brain-study-says#1
Diakses pada 18 Januari 2021
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a1049630/10-ways-to-bond-with-your-baby-bump
Diakses pada 18 Januari 2021
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/bonding-with-your-baby-during-pregnancy
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait