Berbagai Cara Menjadi Orang Pintar, dari Main Games sampai Berolahraga


Cara menjadi orang pintar bisa dicoba dengan melakukan beberapa cara di atas. Ternyata, caranya terbilang sederhana. Anda pasti bisa melakukannya.

(0)
20 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menjadi orang pintar bisa dilakukan dengan cukup tidurCara menjadi orang pintar bisa dilakukan dengan bermain game asah otak
Pernahkah Anda bertanya mengenai cara menjadi orang pintar? Pemikiran ini mungkin muncul ketika Anda merasa kesulitan mendapat nilai bagus di bidang akademis, sedangkan orang lain mampu meraihnya dengan mudah.Istilah “sudah pintar dari sananya” juga populer di tengah masyarakat untuk menggambarkan anak yang terlihat cerdas tanpa harus belajar mati-matian. Padahal, tingkat kecerdasan (IQ) bisa diasah dengan stimulasi yang tepat, sehingga kemampuan otak juga akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Cara menjadi orang pintar

Ada dua tipe kecerdasan yang dapat dilatih
Ada 2 tipe kecerdasan yang bisa dilatih agar IQ Anda makin tinggi, yaitu inteligensia kristal dan inteligensia cair.
  • Inteligensia kristal:

    Tingkat kecerdasan yang akan bertambah seiring usia, seperti penguasaan bahasa, ilmu pengetahuan, dan berbagai keteram
  • Inteligensia cair:

    Kemampuan untuk menjelaskan sesuatu dan berpikir secara abstrak.

Stimulasi untuk mengasah kemampuan otak

Hal pertama yang mungkin terbesit dalam benak Anda mengenai cara menjadi orang pintar mungkin dengan banyak membaca buku atau masuk sekolah lagi. Namun, tahukah Anda bahwa untuk menjadi orang yang cerdas butuh lebih dari itu?Ya, Anda harus melakukan perubahan besar-besaran pada pola hidup menjadi lebih sehat, mulai dari sering bermain game asah otak hingga menghindari konsumsi alkohol. Berikut ini beberapa cara menjadi orang pintar yang bisa Anda coba.

1. Sering ‘menggunakan’ otak

Organ sentral yang satu ini juga butuh untuk terus dilatih agar terus tajam dan berfungsi dengan baik. Lakukan hal-hal yang terlihat sederhana, tapi ampuh untuk memaksimalkan kerja otak, misalnya memainkan game asah otak, membaca buku (jenis apapun), mendengarkan radio, mengikuti diskusi berbobot, hingga belajar bahasa asing.

2. Berolahraga

Bergerak aktif dapat membantu meningkatkan kemampuan otak Anda untuk mengingat, berimajinasi, hingga menyelesaikan tugas secara lebih terorganisir. Belum diketahui secara pasti hubungan aktivitas otak dengan olahraga. Namun kemungkinan ada kaitannya dengan lancarnya suplai darah ke otak saat Anda berolahraga.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk karbohidrat, protein nabati dan hewani, lemak sehat, sayur. Jangan lupa makan buah-buahan dan minum air putih 2L perhari.Konsumsi makanan sehat dan seimbang akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga sel tubuh dapat bekerja dengan optimal termasuk sel otak. Hindari makanan cepat saji, maupun yang mengandung terlalu banyak garam dan gula.

4. Menghindari konsumsi alkohol

Bukan hanya makanan, minuman juga dapat memengaruhi kerja otak, terutama kemampuan bicara, mengatur gerakan, dan pengambilan keputusan. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi alkohol, lobus frontal otak akan rusak permanen sehingga mengganggu kemampuan-kemampuan tersebut.

5. Bermain musik

Cara menjadi orang pintar lainnya adalah dengan memainkan alat musik, seperti piano, gitar, biola, dan lain-lain. Bermain alat musik akan membantu meningkatkan memori otak serta kemampuannya untuk menyusun perencanaan dengan cara yang menyenangkan.

6. Menulis

Tulis tentang apa saja, bisa tentang kegiatan Anda sehari-hari hingga kumpulan resep yang baru saja dicoba di dapur. Menulis akan meningkatkan kemampuan otak dalam hal penguasaan bahasa hingga memperbaiki memori.

7. Bersosialisasi

Untuk membuka wawasan dan melebarkan sudut pandang, Anda sangat dianjurkan untuk bersosialisasi. Pilih kelompok pertemanan yang juga akan mengasah otak, misalnya dengan sering mengadakan diskusi seputar isu terkini maupun mengajak main musik bersama.

8. Cukup tidur

Tidur dengan cukup dapat meningkatkan kemampuan otak
Cara menjadi orang pintar tidak mewajibkan Anda untuk belajar semalaman, tapi malah mematuhi waktu tidur agar tubuh bisa beristirahat 7-8 jam sehari. Tidur malam yang cukup akan membantu meningkatkan kemampuan otak serta memperbaiki mood.Inteligensia adalah hal kompleks bagi manusia. Beberapa peneliti bahkan menyebut 60-80% tingkat kecerdasan manusia dipengaruhi oleh faktor genetik, meskipun banyak juga yang mengatakan cara menjadi orang pintar di atas bisa menjadi stimuasi yang tepat untuk memaksimalkan fungsi otak bagi kecerdasan Anda.Satu hal yang pasti, menjadi pintar tidak bisa diraih dalam satu malam. Anda harus terus belajar dan menerapkan perubahan pola hidup seperti yang disebutkan di atas secara konsisten.

Catatan dari SehatQ

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pola hidup sehat yang bisa meningkatkan kecerdasan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatkesehatan otakdiet sehatsekolah
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-become-smarter
Diakses pada 8 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-fit-brains
Diakses pada 8 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/brain/news/20000810/intelligence-what-makes-us-smart
Diakses pada 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait