logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Menjadi Cantik Alami Tanpa Biaya Mahal Ternyata Mudah Dilakukan

open-summary

Cara menjadi cantik alami bisa dilakukan dengan rutin melakukan perawatan wajah dasar sehari-hari disertai pola hidup yang sehat. Misalnya, dengan rutin cuci muka, pakai pelembap dan tabir surya, hingga tidur yang cukup. Ada pula beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mempercantik wajah.


close-summary

3.85

(13)

28 Okt 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menjadi cantik alami bisa dilakukan dengan mencuci wajah

Salah satu cara menjadi cantik dan menarik adalah dengan cuci muka yang benar

Table of Content

  • Bagaimana cara menjadi cantik dan menarik?
  • Adakah cara mempercantik diri dengan bahan alami?
  • Catatan dari SehatQ

Cara menjadi cantik bisa Anda lakukan tanpa memulas make up yang tebal ke wajah. Ya, perlu diketahui bahwa cara agar cantik bukan hanya berasal dari tampilan fisik semata, melainkan juga dari pola hidup sehat yang Anda jalankan. 

Advertisement

Bahkan, para dermatologi mengemukakan bahwa tips cantik alami tidak perlu menggunakan ragam produk perawatan kulit atau skincare yang mahal. 

Sebaliknya, Anda hanya perlu melakukan perawatan wajah paling dasar serta menerapkan pola hidup sehat.

Bagaimana cara menjadi cantik dan menarik?

Pada dasarnya, cara agar cantik dan menarik tanpa perlu menggunakan berbagai jenis produk kecantikan adalah merawat kulit dengan baik. 

Cara agar cantik ini tidak hanya berasal dari luar, melainkan juga dari dalam. Berikut adalah cara menjadi cantik dan menarik yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan wajah cantik alami.

1. Cuci muka yang benar dan rutin

Cara menjadi cantik alami perlu dilakukan
Mencuci wajah termasuk salah satu cara menjadi cantik alami

Salah satu cara menjadi cantik dan menarik adalah dengan cuci muka yang benar. Tanpa wajah yang bersih, kulit akan terlihat kusam dan jauh dari kata menarik.

Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah. 

Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up terlebih dahulu. Sebab, make up tidak dapat diangkat sepenuhnya hanya dengan mencuci muka. 

Kemudian, mulailah cara cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). 

Lalu, tuang sabun pembersih wajah dengan kandungan ringan dan lembut secukupnya ke telapak tangan. 

Gunakan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna. 

Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut. 

Ingat, jangan menggosok wajah terlalu keras saat cuci muka karena bisa membuat kulit iritasi, kemerahan, bahkan memperparah kondisi jerawat yang tengah dialami. 

American Academy of Dermatology merekomendasikan cara mencuci muka setidaknya dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur, serta sesaat setelah berkeringat. 

2. Oleskan pelembap

Ada pendapat keliru yang mengatakan bahwa penggunaan pelembap wajah hanya disarankan untuk perempuan yang punya kulit kering atau normal. 

Padahal, cara menjadi cantik dengan pelembap wajah juga perlu dilakukan oleh pemilik kulit berminyak. 

Kendati demikian, pastikan Anda memilih pelembap sesuai jenis kulit sebagai cara mempercantik diri.

Misalnya, pemilik kulit normal bisa memilih pelembap yang mengandung alpha hydroxy acids/AHA yang dapat merangsang kulit memproduksi lebih banyak minyak alami pada kulit. 

Jika memiliki kulit yang kering, hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Sedangkan, bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap berbahan dasar air dengan formula ringan dan lembut, serta berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori.. 

Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap mengandung SPF sebagai cara menjaga kulit agar tetap sehat  dengan memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari. 

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Cara menjadi cantik dengan mengoleskan sunscreen
Oleskan sunscreen dengan kandungan SPF 30

Cara mempercantik wajah secara alami juga perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya agar kulit terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari. 

Jadi, jika Anda beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30. Selain itu, pilihlah produk tabir surya yang cocok di kulit serta tidak menyumbat pori-pori.

Oleskan tabir surya ke kulit 20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi cara memakai sunscreen setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang. 

Anda bisa mengenakan pakaian berlengan panjang, topi, atau payung, sebagai pelindung tambahan saat beraktivitas di luar ruangan. 

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Anda perlu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan eksfoliasi kulit atau pengelupasan sel kulit mati sebagai cara menjadi cantik dan menarik. 

Anda bisa eksfoliasi kulit tiap seminggu sekali untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga wajah bisa tampak cerah dan berseri alami. 

Untuk eksfoliasi wajah, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (glycolic acid, asam malat, dan lactic acid) dan BHA (asam salisilat). 

5. Tidur dengan cukup

Tidur yang cukup adalah cara menjadi cantik dan menarik
Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam per harinya

Cara menjadi cantik dan menarik lainnya menyentuh pula pola hidup sehat sehari-hari. Misalnya, tidur yang cukup. 

Menurut sebuah penelitian, perempuan yang kurang tidur akan lebih rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini, mata panda, penurunan kelopak mata, dan wajah yang terlihat ‘membengkak’.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak begadang dan memastikan durasi jam tidur sebanyak 7-8 jam per hari. 

6. Makan makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat, merupakan cara mempercantik wajah yang mudah dilakukan. Langkah ini baik untuk kesehatan kulit, termasuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa diet yang kaya akan minyak ikan, serta rendah lemak tak sehat dan karbohidrat olahan bisa menjadi cara agar cantik dan awet muda.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C bekerja pada semua jenis kulit untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit, memudarkan hiperpigmentasi, melindungi kulit terhadap paparan lingkungan, serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

7. Minum air putih yang cukup

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup dapat menjadi cara mempercantik wajah.

Jika asupan cairan dalam tubuh kurang, kondisi dehidrasi tidak dapat dihindari. Ketika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini. 

Minum air putih dengan cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara menjadi cantik dan menarik sehingga kulit dan tubuh secara keseluruhan tetap terhidrasi dengan baik. 

Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi.

8. Berolahraga

Cara menjadi cantik alami dengan berolahraga
Lakukan jogging minimal 2 kali seminggu selama 30 menit

Tahukah Anda bahwa perempuan yang gemar berolahraga terlihat lebih muda dari usia sesungguhnya? 

Bahkan, klaim tersebut sudah pernah dibuktikan melalui sebuah riset yang dilakukan oleh  mahasiswa di McMaster University, Ontario, Kanada.

Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, atau berenang, minimal 2 kali seminggu selama 30 menit per sesi. 

Cara agar cantik alami ini perlu dilakukan secara rutin dan dijadikan sebagai bagian pola hidup sehat Anda.

9. Tidak merokok

Segala cara menjadi cantik alami yang Anda coba tidak akan berhasil jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok. 

Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit, memperlambat penyembuhan luka (termasuk jerawat), dan memperparah masalah kulit yang sedang dialami.

Terlebih, kebiasaan merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua sehingga memicu terbentuknya kerutan akibat gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan terus-menerus. 

Di samping itu, bahaya merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan kulit terluar. Akibatnya, aliran darah berkurang sehingga membuat kulit terlihat lebih kecil. 

Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan. 

Bahkan, efek samping merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa.

10. Batasi atau hindari sama sekali konsumsi alkohol

Batasi konsumsi alkohol merupakan cara menjadi cantik
Minum alkohol berlebihan bisa merusak organ hati

Apakah Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol? Jika iya, sebaiknya segera membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan ini. 

Kebiasaan minum alkohol dapat memperbesar pembuluh darah sehingga kulit menjadi merah untuk sementara waktu. 

Selain itu, minum alkohol secara berlebihan dapat merusak organ hati yang berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh. 

Akibatnya, racun akan bercampur dalam darah karena tidak dapat dibuang. Kondisi ini dapat membuat kulit Anda kurang sehat, kusam, dan tampak berjerawat. 

Minum minuman alkohol secara berlebihan dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. 

11. Kendalikan stres 

Menurut seorang ahli dermatologi, stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan hormon kortisol, yakni hormon pemicu stres yang dapat mengurangi kadar kolagen pada kulit. 

Alhasil, kulit bisa menjadi lebih sensitif, serta memicu timbulnya jerawat, kulit terasa kering, keriput, dan masalah kulit lainnya. 

Oleh sebab itu, cara menjadi cantik alami penting untuk mengendalikan stres yang Anda alami dengan pikiran yang tenang dan melakukan hal-hal yang disukai. 

12. Selalu percaya diri

Selalu percaya diri bisa jadi cara menjadi cantik
Percaya diri bisa jadi kunci tampil cantik luar dan dalam

Merasa percaya diri berkat penampilan fisik yang dimiliki bisa membuat Anda tampil cantik dari dalam. 

Percaya diri artinya Anda mencintai dan menerima kekurangan diri, serta tidak menuntut untuk menjadi sempurna layaknya standar kecantikan yang kerap digaungkan di media sosial. 

Memiliki rasa percaya diri, optimis, dan selalu bersyukur juga merupakan bentuk dari kecantikan dalam diri yang perlu dimiliki oleh setiap wanita. 

Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mencintai diri sendiri dapat mencegah stres, depresi, dan gangguan mental lainnya.

Adakah cara mempercantik diri dengan bahan alami?

Selain melakukan perawatan wajah dan pola hidup sehat sebagai cara menjadi cantik, Anda juga dapat melakukan berbagai cara mempercantik diri secara alami memanfaatkan bahan-bahan rumahan. 

Namun, Anda perlu berhati-hati bila tertarik menggunakannya pada wajah. Pasalnya, tidak semua jenis kulit cocok melakukan tips cantik dengan bahan alami ini. 

Jadi, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menerapkan berbagai cara mempercantik wajah menggunakan bahan alami. 

Adapun berbagai tips cantik dengan bahan alami yang bisa Anda terapkan di rumah adalah sebagai berikut. 

1. Membersihkan wajah dengan minyak zaitun

Cara menjadi cantik alami dengan minyak zaitun
Minyak zaitun memudahkan Anda membersihkan wajah yang ber-makeup.

Salah satu tips cantik dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan wajah dengan minyak zaitun. 

Minyak zaitun merupakan pilihan tepat sebagai pembersih kulit wajah, karena tidak menghilangkan kelembapan alami kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berasal dari kandungan vitamin dan antioksidan yang ampuh untuk melembapkan kulit. 

Tekstur minyak zaitun bisa membuat sisa makeup di wajah jadi mudah dihapus. Apalagi jika Anda gemar menggunakan produk makeup berjenis matte yang kadang sulit dibersihkan.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah sangat mudah. Anda hanya perlu mengusapkan minyak zaitun pada wajah sambil memijatnya perlahan. 

Kemudian, bilas wajah dengan handuk hangat untuk mengangkat sisa make up. 

2. Menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap wajah dan kondisioner rambut

Anda bisa menggunakan minyak kelapa menjelang tidur di malam hari sebagai cara cantik alami dengan cara mengoleskannya pada area kulit yang sangat kering, seperti tumit kaki.

Balurkan minyak kelapa, kemudian bungkus menggunakan kaus kaki tebal. Dengan demikian, minyak kelapa bisa terserap sempurna oleh kulit. Keesokan paginya, Anda bangun dengan kulit lembap.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga bisa digunakan sebagai kondisioner rambut. Waktu yang paling tepat untuk memakainya adalah sebelum Anda keramas. 

Caranya, balurkan minyak kelapa pada batang rambut saat kondisi rambut kering. Anda tidak perlu mengoleskannya pada kulit kepala. 

Setelah merata pada batang rambut, tunggu selama 20-30 menit. Kemudian cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Jika ingin menggunakannya setelah keramas, oleskan ½ sendok teh minyak kelapa pada batang rambut. Setelah itu sisir seperti biasa. Rambut Anda pun bebas kusut dan siap untuk ditata.

3. Memakai masker berbahan pisang dan timun

Kulit bisa menjadi berminyak jika pori-pori kulit Anda mengeluarkan terlalu banyak sebum, atau minyak alami kulit. Sebum ini berisiko menyumbat pori, memicu jerawat dan kulit meradang. 

Nah, cobalah untuk memakai masker pisang untuk mengurangi produksi minyak pada kulit sebagai cara menjadi cantik alami.

Namun jika kulit cenderung kering, masker timun bisa menjadi pilihan untuk membantu kulit mempertahankan kelembapan serta mengurangi kekusaman. 

4. Menggunakan madu dan bawang putih sebagai obat jerawat alami

Madu dan kayu manis bahan alami yang kaya antioksidan dan kandungan antibakteri. Kombinasi keduanya diyakini mampu melawan dua pemicu jerawat, yaitu bakteri dan peradangan.

Antioksidan yang ada di dalamnya adalah vitamin B3, asam lemak omega 6 and sodium ascorbyl phosphate (SAP) yang merupakan turunan vitamin C. 

Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan alami, dari masker madu. Untuk membuatnya, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. 

Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah dan keringkan.

Sedangkan, bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antiseptik dan antivirus dari zat allicin. Zat allicin membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat, mengurangi bengkak kemerahan, dan melancarkan sirkulasi darah. 

Kandungan vitamin dan mineral pada bawang putih, antara lain adalah vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan zinc

Untuk obat jerawat, haluskan 3-4 siung bawang putih. Tempelkan pada area yang berjerawat selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Jika Anda merasakan reaksi kulit, seperti gatal atau seperti rasa terbakar, segera dan bilas dengan air dan hentikan penggunaan bawang putih untuk jerawat.

5. Menggunakan cuka apel dan teh hijau sebagai toner alami

Cara menjadi cantik alami dengan toner cuka apel
Campuran cuka apel dan air bisa digunakan sebagai toner wajah

Toner cuka apel mengandung asam organik yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan karena mengandung asam organik asam suksinat dan asam laktat.

Selain cuka apel, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai toner. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. 

Penggunaannya pada kulit bisa mengurangi jerawat dan menyehatkan kulit. Sebab, manfaat teh hijau untuk wajah disebut berasal dari kandungan senyawa flavonoid dan tanin, yang aktif melawan bakteri serta mengurangi bengkak karena jerawat.

Baca Juga

  • Cara Mengatasi Razor Burn alias Iritasi Akibat Bercukur
  • Memahami Penyebab Scabies pada Anak Beserta Gejala dan Cara Mengobatinya
  • 10 Fakta Unik Tentang Bentuk Hidung Manusia yang Tak Orang Tahu

Catatan dari SehatQ

Selain melakukan berbagai cara mempercantik diri secara alami di atas, jangan lupa untuk selalu memantau kesehatan kulit agar terhindar dari masalah kulit yang mengintai. 

Untuk mengetahui lebih banyak seputar tips cantik alami, atau punya masalah kulit yang tak kunjung hilang, coba tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahkulit sehat

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved