Cara Menjadi Cantik Alami Versi Dermatologis Tanpa Biaya Mahal


Cara menjadi cantik alami bisa dilakukan dengan perawatan wajah dasar disertai perubahan gaya hidup. Ternyata, tak perlu biaya mahal untuk bisa tampil cantik dan sehat!

(0)
07 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menjadi cantik alami bisa dilakukan dengan mencuci wajahCara menjadi cantik alami ternyata sederhana
Cara menjadi cantik saat ini bisa Anda lakukan tanpa menyapukan make-up tebal ke wajah. Saat ini, makin banyak wanita yang mencari langkah cantik alami dengan kulit wajah yang bersih, kenyal, glowing meski tampil tanpa make-up seperti artis-artis Korea.Menurut para dermatologis, menjadi cantik alami tidak perlu skin care mahal, lho. Anda dapat melakukan perawatan wajah yang paling dasar dan dibantu dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Cara menjadi cantik alami dengan langkah sederhana

Apa aja yang harus Anda lakukan agar bisa terlihat cantik secara natural? Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan, mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai kembali beristirahat di malam hari.

1. Mencuci muka dengan cara yang benar

Mencuci wajah termasuk salah satu cara menjadi cantik
 Mencuci muka adalah cara menjadi cantik alami paling dasar yang harus Anda kuasai. Tanpa kulit yang bersih, Anda akan terlihat kusam dan jauh dari kata menarik. Oleh karena itu, Akademi Dermatologi Amerika (AAD) merekomendasikan mencuci muka saat bangun tidur, setelah berkeringat, dan sebelum tidur.Meskipun demikian, jangan menggosok-gosok wajah terlalu keras, karena dapat membuat kulit iritasi, kemerahan, dan memperparah jerawat. Pastikan juga Anda menggunakan sabun cuci muka yang lembut di kulit wajah sesuai dengan jenis kulit, lalu mengeringkannya menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepukannya lembut (bukan menggosokkannya) ke wajah.

2. Menggunakan pelembap

Ada pendapat keliru yang mengatakan pelembap wajah hanya disarankan untuk wanita berkulit kering atau normal. Padahal, wanita dengan kulit berminyak juga wajib menggunakan moisturizer karena komposisinya berbeda dari minyak pada wajah.Meskipun demikian, pelembap yang direkomendasikan untuk setiap jenis kulit berbeda-beda, seperti berikut ini.
  • Kulit normal (atau cenderung kering):

    Pilih pelembap dengan kandungan alpha hydroxy acids yang dapat merangsang kulit memproduksi lebih banyak pelembap alami kulit.
  • Kulit sangat kering:

    Pilih pelembap dengan teknologi emulsi vesikular yang memungkinkan kandungan di dalamnya dilepas ke kulit secara berhahap, sehingga kulit akan terasa lembap sepanjang hari.
  • Kulit berminyak:

    Pilih pelembap dengan formula ringan dan lembut sehingga tidak terasa berat di wajah.
Dalam melakukan cara menjadi cantik alami, penggunaan pelembap secara rutin dapat membuat Anda terlihat awet muda. Kulit pun tidak kering sehingga jauh dari keriput maupun kulit berkerak yang susah diolesi make-up.

3. Tidur dengan cukup

Menurut sebuah penelitian, wanita yang kurang tidur lebih rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini, mata panda, penurunan kelopak mata, dan wajah yang seakan bengkak.

Hal ini disebabkan oleh naiknya hormon kortisol (pemicu stres) yang kemudian mengurangi kadar kolagen dalam kulit. Untuk mencegah hal ini, jangan begadang dan pastikan Anda tidur 7-8 jam per hari.

4. Berolahraga

Jogging pun bisa membuat Anda semakin cantik
Tahukah Anda bahwa wanita yang suka berolahraga terlihat lebih muda dari usia sebenarnya? Ya, setidaknya anggapan itu sudah pernah dibuktikan lewat riset yang dilakukan oleh mahasiswa di McMaster University, Ontario, Kanada, beberapa waktu lalu.Olahraga yang dimaksud pun bukan tidak harus berat seperti lari maraton atau yoga, melainkan jogging atau bersepeda minimal 2 kali seminggu selama 30 menit per sesi. Cara menjadi cantik alami ini harus dilakukan secara rutin dan dijadikan sebagai bagian gaya hidup sehat Anda.

5. Menggunakan tabir surya

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan losion atau krim wajah yang mengandung tabir surya. AAD merekomendasikan sunblock dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kulit terkena efek sinar matahari, yang berisiko memicu penuaan dini.Beberapa produk perawatan wajah juga sudah dilengkapi dengan tabir surya. Pastikan Anda memilih produk yang cocok di kulit serta tidak menyumbat pori-pori.

6. Tidak merokok

Segala cara menjadi cantik alami yang Anda coba tidak akan berhasil jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok. Pasalnya menurut AAD, kebiasaan merokok mempercepat proses penuaan kulit, memperlambat penyembuhan luka (termasuk jerawat), dan memperparah masalah pada kulit.

7. Percaya diri

Percaya diri dengan fisik yang dimiliki akan membuat Anda tampak cantik dari dalam. Dengan percaya diri, Anda berarti mencintai dan menerima kekurangan diri dan tidak menuntut untuk menjadi sempurna layaknya standar kecantikan di media sosial. Suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mencintai diri sendiri dapat mencegah depresi dan gangguan mental lainnya.Selain melakukan ketujuh cara menjadi cantik alami di atas, jangan lupa untuk selalu memantau kesehatan kulit agar terhindar dari kanker kulit.Bila Anda memiliki tahi lalat yang besar dan banyak atau menemukan adanya daging tumbuh di kulit, tidak ada salahnya memeriksakannya ke dokter, untuk mengantisipasi melanoma.Untuk mengetahui lebih banyak tips perawatan kulit wajah agar senantiasa cantik alami, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/healthier-looking-skin
Diakses pada 26 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/5-beauty-tips-secrets-women
Diakses pada 26 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/natural-beauty-tips
Diakses pada 26 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care
Diakses pada 26 Oktober 2020
Harvard Medical School
https://chrisgermer.com/wp-content/uploads/2017/02/Germer-Neff-JCP-2013-SC-ClinPracticefinal.pdf
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait