Cara Meniruskan Pipi Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Cara meniruskan pipi tidak sesulit yang dibayangkan, karena dasar dari menghilangkan pipi tembem adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan
Cara meniruskan pipi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menurunkan berat badan dan mengatur pola makan

Menurunkan berat badan demi mencapai berat badan ideal sudah umum dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, beberapa orang mulai menargetkan daerah-daerah tubuh tertentu, seperti bagian pipi.

Pipi tembem seringkali menjadi keluhan bagi beberapa orang dan tak jarang juga orang-orang mencari cara meniruskan pipi guna menghilangkan predikat ‘pipi tembem’. Bila Anda adalah salah satunya, Anda tidak perlu gusar karena cara meniruskan pipi bukanlah mimpi.

Cara meniruskan pipi yang mudah dan aman

Cara meniruskan pipi yang mendasar adalah dengan menjaga berat badan dan kesehatan Anda. Oleh karenanya, beberapa cara meniruskan pipi di bawah ini berfokus pada diet dan olahraga untuk tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah cara-cara meniruskan pipi yang dapat dilakukan:

  • Minum banyak air

Jangan sepelekan aktivitas minum air karena air dapat berkontribusi sebagai cara meniruskan pipi. Mengonsumsi banyak air dapat membantu Anda tetap kenyang dan mendukung penurunan berat badan.

Meminum air juga mencegah dehidrasi dan mengurangi penumpukan cairan yang dapat membuat pipi terlihat tembem. Penelitian lain juga mendapati bahwa konsumsi air memicu lipolisis atau proses pemecahan lemak menjadi energi.

  • Atur pola tidur

Selain pola makan dan berolahraga, Anda juga perlu memperhatikan pola tidur Anda. Pola tidur yang baik dapat menjadi cara meniruskan pipi, karena kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol atau yang dikenal juga sebagai hormon stres yang memicu peningkatan nafsu makan dan berat badan. Sebaiknya tidurlah sebanyak kurang lebih delapan jam per harinya.

  • Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol dapat menjadi biang keladi dari dehidrasi yang memicu pipi tembem dan mampu meningkatkan asupan kalori yang dikonsumsi. Konsumsi alkohol ditemukan berkontribusi dalam meningkatkan berat badan.

  • Awasi konsumsi garam

Konsumsi garam yang berlebih berpotensi untuk membuat tubuh menyimpan lebih banyak air yang dapat membuat tubuh membengkak dan pipi terlihat tembem. Sebaiknya kurangi konsumsi garam dan perhatikan tabel nutrisi pada makanan yang dikonsumsi.

  • Kurangi konsumsi karbohidrat yang diproses

Karbohidrat yang diproses terdiri dari makanan seperti pasta, biskuit, roti putih, dan sebagainya. Karbohidrat-karbohidrat tersebut mampu menaikkan berat badan dan menambah simpanan lemak dalam tubuh yang membuat Anda semakin sulit meniruskan pipi.

  • Lakukan olahraga kardio

Olahraga kardio efektif untuk menurunkan berat badan yang akan berefek pada pipi yang lebih tirus. Anda dapat melakukan olahraga kardio yang ringan ataupun berat selama kurang lebih 150-300 menit tiap minggunya.

Dengan kata lain, Anda perlu melakukan olahraga kardio selama 20-40 menit per harinya sebagai cara meniruskan pipi dan menurunkan berat badan. Olahraga kardio yang bisa dilakukan adalah berenang, berlari, berjalan-jalan, bersepeda, dan sebagainya.

  • Coba latihan untuk wajah

Meskipun cara meniruskan pipi membutuhkan penurunan berat badan secara keseluruhan, tetapi Anda dapat melakukan latihan wajah yang mampu memperlambat penuaan, meningkatkan otot wajah, dan meningkatkan penampilan wajah Anda.

Riset menunjukkan bahwa latihan otot wajah dapat membantu mengencangkan otot-otot di wajah dan membuat penampilan wajah semakin baik. Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut mengenai latihan wajah sebagai cara meniruskan pipi yang efektif.

  • Makan sarapan yang bernutrisi

Mengawali hari dengan sarapan yang bernutrisi tidak hanya memberikan tubuh energi yang dibutuhkan, tetapi juga membantu menurunkan berat badan dengan memicu kinerja metabolisme pada tubuh. Konsumsilah sarapan bergizi imbang yang terdiri dari lemak, protein, dan karbohidrat dalam takaran yang sesuai.

  • Kurangi gula

Tidak hanya garam, gula yang berlebih juga dapat membuat Anda kesulitan menurunkan berat badan dengan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah dan sayuran serta mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi gula putih, pemanis tambahan, sirup jagung tinggi fruktosa, dan tepung putih yang diproses.

  • Hitung kalori yang dikonsumsi

Aturan mendasar untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjaga dan menghitung asupan kalori yang dikonsumsi. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi kalori di bawah atau setara dengan kalori harian yang dimiliki.

Anda juga dapat mengurangi asupan kalori dengan berolahraga. Cara mengurangi asupan kalori lainnya adalah dengan menjaga porsi makan dan memilih jenis makan dengan protein, karbohidrat, dan lemak dengan takaran yang sesuai.

Cara mencegah pipi tembem

Cara meniruskan pipi dapat dilakukan untuk menghilangkan pipi tembem, tetapi untuk menjaganya, Anda membutuhkan cara mencegah kembalinya pipi tembem. Anda tidak perlu repot karena cara mempertahankan pipi tirus tidaklah sulit.

Anda hanya perlu menjaga berat badan ideal yang sudah dimiliki dan tetap menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga rutin, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi imbang, menghindari makanan yang diproses, minum banyak air, dan mengurangi konsumsi gula.

Catatan dari SehatQ

Cara meniruskan pipi adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan, meskipun demikian, terdapat beberapa cara meniruskan pipi yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Minum banyak air
  • Atur pola tidur
  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Awasi konsumsi garam
  • Kurangi konsumsi karbohidrat yang diproses
  • Lakukan olahraga kardio
  • Coba latihan untuk wajah
  • Makan sarapan yang bernutrisi
  • Kurangi gula
  • Hitung kalori yang dikonsumsi

Jika Anda sudah mendapatkan pipi tirus yang diinginkan, jangan lupa untuk mempertahankan berat badan dan gaya hidup sehat yang sudah dimiliki untuk mencegah kembalinya pipi tembem dan kenaikan berat badan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lose-fat-in-face-cheeks#section6
Diakses pada 24 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/diet-and-weight-loss/lose-face-fat#1
Diakses pada 24 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326262.php
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4190816/
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19173770
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29365050
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4901052/
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4338356/
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21294656
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3380125/
Diakses pada 24 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed