9 Cara Meningkatkan Rasa Ingin Tahu pada Anak

(0)
06 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mendapatkan keleluasaan dalam bereksplorasi dapat mengasah rasa ingin tahu anak.Rasa ingin tahu anak dapat diasah jika orangtua memberikan anak kebebasan dalam bereksplorasi.
Rasa ingin tahu memiliki peran penting dalam proses belajar anak. Saat ia memiliki rasa penasaran yang tinggi, daya ingat dan kemampuan belajarnya dapat terasah. Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi pada anak, terdapat berbagai cara jitu yang dapat dicoba.

9 cara meningkatkan rasa ingin tahu pada anak

Mulai dari menumbuhkan sikap positive thinking hingga mengajari anak untuk berpikir kritis. Simaklah berbagai cara meningkatkan rasa ingin tahu pada anak yang efektif berikut ini.

1. Ajari anak untuk menghilangkan kata 'bosan' dari kamusnya

Pernahkah Anda mendengar anak mengucapkan, "aku bosan”? Jika iya, Anda disarankan untuk membantu Si Kecil menyingkirkan kata-kata bosan dari kamusnya.Semakin sering kata-kata itu keluar dari mulut anak, semakin kecil kesempatan yang dimiliki oleh pikirannya untuk berkembang. Jika anak merasa bosan terhadap sesuatu, mungkin ia belum berusaha keras untuk mengeksplorasi lebih jauh.Misalnya, saat anak merasa bosan berada di dalam ruangan. Mintalah ia untuk membaca koran atau buku yang tersedia di ujung ruangan. Selain itu, Anda juga bisa memintanya untuk berkenalan dengan anak lain yang ada di dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, rasa bosan dapat hilang dari dalam pikirannya. 

2. Menumbuhkan sikap positive thinking di dalam diri anak

Rasa ingin tahu anak dapat dikembangkan dengan menumbuhkan sikap positive thinking
Rasa ingin tahu anak dapat dikembangkan dengan sikap positive thinking
Sikap negative thinking atau prasangka negatif dapat menurunkan rasa ingin tahu anak. Hal ini dapat membuat anak mengeluh dalam situasi tertentu.Misalnya, saat anak terjebak di tengah kemacetan. Daripada mengeluh, lebih baik Anda ajarkan pada anak untuk melihat hal positif dari situasi itu. Cobalah minta dirinya untuk menelepon seorang teman atau mendengarkan lagu-lagu baru yang belum pernah ia dengarkan dari dalam mobil.Dengan melihat sisi positif dari situasi yang membosankan itu, anak akan belajar untuk bersikap positif sehingga pikirannya terbuka untuk menerima hal-hal baru.

3. Mengajari anak untuk berpikir kritis

Rasa ingin tahu yang tinggi dapat ditumbuhkan jika anak bisa bersikap kritis. Pertanyaan-pertanyaan seperti, "mengapa langit berwarna biru?" atau "apa yang dilakukan hewan peliharaan saat aku sedang sekolah?" memang terdengar tidak lazim. Namun jenis pertanyaan seperti ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu anak.Untuk membuat Si Kecil bersikap kritis, Anda dapat meminta anak untuk memerhatikan hal-hal yang ada di sekelilingnya, sekecil apa pun hal itu. Tantang anak untuk memecahkan misteri dari pertanyaan yang menyelimuti pikirannya.

4. Meminta anak untuk melakukan hal yang baru

Apakah anak Anda hanya menyukai sayur bayam? Mintalah ia untuk memakan brokoli. Apakah anak Anda hanya menyukai film kartun? Cobalah ajak ia menonton film sejarah.Dengan mencoba berbagai hal baru ini, anak akan menyadari bahwa masih banyak hal-hal baru di luar sana yang menyenangkan. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi.

5. Bantu anak untuk kalahkan rasa takutnya

Rasa takut dapat menghambat anak untuk mencoba hal-hal baru sehingga rasa ingin tahunya menjadi rendah.Memang perlu diakui, perubahan di dalam hidup dapat menjadi pengalaman yang menakutkan, apalagi ketika anak harus meninggalkan rutinitas yang sudah menjadi zona nyamannya.Namun Anda perlu menegaskan pada anak bahwa rasa ingin tahu dapat membantunya untuk mengalahkan rasa takut akan hal-hal baru di luar sana.

6. Izinkan anak mengeksplorasi lingkungannya

Saat berada di rumah, terkadang Anda suka melarang anak untuk masuk ke dalam gudang atau membuka kulkas. Namun ingat, larangan ini dapat membuat rasa ingin tahu anak menjadi rendah.Izinkan anak untuk mengeksplorasi lingkungannya. Hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan ketertarikannya terhadap hal baru. Selama hal baru itu masih aman, maka izinkanlah. Namun, jika anak ingin mengeksplorasi suatu hal yang bisa berbahaya, maka dampingilah mereka.

7. Ajak anak bermain ke perpustakaan atau toko buku

Di zaman modern saat ini, segala pertanyaan yang ada di kepala anak dapat dengan mudah dicari jawabannya di dunia maya. Namun, hal ini dipercaya dapat menurunkan rasa ingin tahu Si Kecil.Oleh karena itu, cobalah ajak anak untuk bermain ke perpustakaan atau toko buku. Biarkan ia mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di benaknya dengan membaca buku.Dengan melihat ratusan atau bahkan ribuan buku, tidak hanya pertanyaan di benak anak saja yang akan terjawab. Bisa jadi ia menemukan hal-hal baru lain yang membuatnya tertarik untuk lebih bereksplorasi.

8. Ajak anak berdiskusi ringan

Membacakan dongeng yang sama setiap malam tentu dapat membuat Anda dan anak merasa bosan, bukan? Daripada membacakan kisah yang sama setiap malam, tidak ada salahnya Anda berdiskusi dengan anak mengenai akhir dari kisah itu.Coba minta opini anak mengenai karakter di dalam dongeng itu, minta Si Kecil untuk memikirkan kemungkinan lain yang dapat terjadi di dalam dongeng tidurnya setiap malam.

9. Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan anak

Saat rasa ingin tahu anak sudah tinggi, ia akan selalu bertanya mengenai banyak hal kepada orangtuanya. Misalnya, anak mungkin akan bertanya mengapa Anda harus pergi ke kantor setiap hari, atau bagaimana ia dilahirkan ke muka bumi.Dengan membantunya mendapatkan dari jawaban-jawaban ini, rasa ingin tahu anak dapat terasah dan Si Kecil akan lebih ingin menghabiskan waktu bersama Anda.

Catatan dari SehatQ

Rasa ingin tahu yang tinggi dapat membantu Anak mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan rasa penasaran yang membara. Untuk mengasahnya, cobalah berbagai tips di atas.Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang
tips parentinganak sekolahgaya parenting
About Kids Health. https://www.aboutkidshealth.ca/article?contentid=628&language=english
Diakses pada 23 Maret 2021
Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/productivity/5-ways-develop-curiosity.html
Diakses pada 23 Maret 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/finding-the-next-einstein/201407/seven-ways-be-more-curious
Diakses pada 23 Maret 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/importance-of-curiosity-in-children-and-tips-to-develop-it/
Diakses pada 23 Maret 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait