logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

7 Cara Meningkatkan Rasa Ingin Tahu yang Bisa Anda Lakukan

open-summary

Rasa ingin tahu berperan penting dalam kehidupan. Untuk meningkatkannya, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menumbuhkan sikap positive thinking hingga biasakan berpikir kritis.


close-summary

5

(2)

6 Apr 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Mendapatkan keleluasaan dalam bereksplorasi dapat mengasah rasa ingin tahu anak.

Rasa ingin tahu anak dapat diasah jika orangtua memberikan anak kebebasan dalam bereksplorasi.

Table of Content

  • Apa itu rasa ingin tahu?
  • Manfaat memiliki rasa ingin tahu
  • Cara meningkatkan rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu (curiosity) berperan penting dalam kehidupan. Memiliki keingintahuan yang tinggi, akan menuntun Anda mencari lebih banyak informasi mengenai hal yang sebelumnya tidak Anda ketahui atau tidak bisa Anda lakukan.

Advertisement

Dengan rasa ingin tahu tersebut, Anda dapat menemukan jawabannya. Sayangnya, sebagian orang kurang memiliki perasaan ini dan bersikap apatis. Untuk menumbuhkan keingintahuan yang tinggi, terdapat berbagai cara jitu yang bisa dicoba.

Apa itu rasa ingin tahu?

Pengertian rasa ingin tahu adalah keinginan yang kuat untuk mempelajari atau mengetahui sesuatu. Hal ini berkaitan dengan proses belajar, dan keinginan untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan.

Rasa ingin tahu ini akan memotivasi diri untuk terus mencari informasi baru. Namun, memiliki rasa ingin tahu bukanlah sekadar kepo. Anda harus menjadikannya sebagai nilai positif untuk mengembangkan diri.

Contoh rasa ingin tahu adalah Beni tidak bisa membuat baling-baling bambu. Karena ingin mengetahui cara membuatnya, ia mencari informasi dari internet. Selanjutnya, ia mempelajarinya hingga berhasil membuat baling-baling bambu sendiri.

Contoh karakter rasa ingin tahu tersebut bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, hindari mencoba hal-hal berisiko, seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau seks bebas karena rasa penasaran.

Manfaat memiliki rasa ingin tahu

Setelah mengetahui apa itu rasa ingin tahu, Anda juga harus memahami pentingnya hal ini. Memiliki rasa ingin tahu telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat psikologis, emosional, dan sosial, seperti: 

  • Meningkatkan prestasi

Rasa ingin tahu dapat mendorong Anda memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi di sekolah, atau meningkatkan pembelajaran dan kinerja yang lebih baik di tempat kerja.

  • Merasa lebih bahagia

Orang dengan rasa ingin tahu dipercaya memiliki tingkat emosi positif yang lebih tinggi, tingkat kecemasan yang lebih rendah, dan lebih merasa puas dengan hidup.

  • Memperluas rasa empati

Keinginan untuk mengetahui orang lain atau berbicara dengan orang-orang di luar lingkaran sosial Anda, bisa membantu Anda memiliki rasa empati yang lebih luas dengan memahami mereka.

  • Memperkuat hubungan

Memiliki rasa ingin tahu terhadap pasangan dapat membantu mempererat hubungan. Anda akan dinilai lebih hangat dan menarik ketika menunjukkan ketertarikan pada obrolan yang berlangsung.

Baca Juga

  • Mengenal Manfaat Alat Musik Anak yang Perlu Diketahui Orangtua
  • Tak Perlu Bingung, Ini Tips Memilih Botol Minum Anak yang Tepat dan Aman
  • Seputar Cita-Cita Anak dan Cara Menumbuhkannya

Cara meningkatkan rasa ingin tahu

Mulai dari menumbuhkan sikap positive thinking hingga berpikir kritis, berikut adalah berbagai cara meningkatkan rasa ingin tahu yang dinilai efektif.

1. Hilangkan kata 'bosan'

Hilangkan kata bosan dari kamus Anda. Semakin sering kata-kata itu keluar dari mulut, semakin kecil kesempatan yang dimiliki oleh pikiran Anda untuk berkembang. Jika merasa bosan terhadap sesuatu, mungkin Anda belum berusaha keras untuk mengeksplorasi lebih jauh.

Misalnya, saat Anda merasa bosan berada di dalam ruangan. Anda dapat membaca koran atau buku. Selain itu, Anda juga dapat berkenalan dengan anak lain yang ada di dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, rasa bosan dapat hilang dari dalam pikiran Anda. 

2. Tumbuhkan sikap positive thinking

Rasa ingin tahu anak dapat dikembangkan dengan menumbuhkan sikap positive thinking
Rasa ingin tahu anak dapat dikembangkan dengan sikap positive thinking

Sikap negative thinking atau prasangka negatif dapat menurunkan rasa ingin tahu Anda. Hal ini dapat membuat Anda sering mengeluh dalam situasi tertentu.

Misalnya, saat Anda terjebak di tengah kemacetan. Daripada mengeluh, lebih baik Anda melihat hal positif dari situasi itu. Cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu baru yang belum pernah Anda dengarkan dari dalam mobil.

Dengan melihat sisi positif dari situasi yang membosankan itu, Anda akan belajar untuk bersikap positif sehingga pikiran terbuka untuk menerima hal-hal baru.

3. Biasakan berpikir kritis

Rasa ingin tahu yang tinggi dapat ditumbuhkan jika Anda terbiasa berpikir kritis. Contoh rasa ingin tahu seperti, "mengapa langit berwarna biru?" atau "seperti apa bentuk sinyal?" memang terdengar tidak lazim. Namun jenis pertanyaan seperti ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu Anda.

Untuk bersikap kritis, Anda juga dapat memperhatikan hal-hal yang ada di sekeliling, sekecil apa pun hal itu. 

4. Melakukan hal yang baru

Apakah Anda hanya menyukai film horor? Cobalah menonton film sejarah. Atau, apakah Anda suka berkebun? Tak ada salahnya untuk mencoba melukis.

Dengan mencoba berbagai hal baru ini, Anda akan menyadari bahwa masih banyak hal-hal baru di luar sana yang menyenangkan. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan rasa ingin tahu yang tinggi.

5. Kalahkan rasa takut

Rasa takut dapat menghambat Anda untuk mencoba hal-hal baru sehingga rasa ingin tahu menjadi rendah.

Memang perlu diakui, perubahan di dalam hidup dapat menjadi pengalaman yang menakutkan, apalagi ketika Anda harus meninggalkan rutinitas yang sudah menjadi zona nyaman Anda.

Namun, rasa ingin tahu dapat membantu Anda untuk mengalahkan rasa takut akan hal-hal baru di luar sana.

6. Mengeksplorasi lingkungan

Alih-alih hanya berdiam diri di rumah, cobalah untuk mengeksplorasi lingkungan. Hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan ketertarikan Anda terhadap hal baru. 

Selama hal baru itu masih aman, maka lakukanlah. Namun, sebaiknya hindari mengeksplorasi hal-hal yang bisa berbahaya. 

Contoh rasa ingin tahu dengan mengeksplorasi lingkungan, yaitu mendaki gunung untuk mengenali flora yang ada di sana.

7. Pergi ke perpustakaan atau toko buku

Di zaman modern ini, segala pertanyaan yang ada di kepala Anda dapat dengan mudah dicari jawabannya di dunia maya. Namun, hal ini dipercaya dapat menurunkan rasa ingin tahu yang tinggi.

Oleh karena itu, cobalah pergi ke perpustakaan atau toko buku. Carilah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak Anda dengan membaca buku.

Dengan melihat ratusan atau bahkan ribuan buku, tidak hanya pertanyaan di benak Anda saja yang akan terjawab. Bisa jadi Anda menemukan hal-hal baru lain yang menarik untuk lebih dieksplorasi.

Bukan hanya orang dewasa, untuk belajar memiliki rasa ingin tahu bisa dilakukan sejak dini. Anda dapat menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak dengan cara mengajak anak berdiskusi ringan. 

Daripada membacakan buku dongeng yang sama setiap malam, tidak ada salahnya Anda berdiskusi dengan anak mengenai akhir dari kisah itu.

Coba minta opini anak mengenai karakter di dalam dongeng itu, minta si kecil untuk memikirkan kemungkinan lain yang dapat terjadi di dalam dongeng tidurnya setiap malam.

Selain itu, persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan anak. Saat rasa ingin tahu anak sudah tinggi, ia akan selalu bertanya mengenai banyak hal kepada orangtuanya. 

Misalnya, anak mungkin akan bertanya mengapa Anda harus pergi ke kantor setiap hari, atau bagaimana ia dilahirkan ke muka bumi.

Dengan membantunya mendapatkan dari jawaban-jawaban ini, rasa ingin tahu anak dapat terasah dan ia akan lebih ingin menghabiskan waktu bersama Anda.

Sementara itu, jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang.

Advertisement

tips parentinganak sekolahgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved