menyantap makanan dalam porsi kecil meningkatkan nafsu makan
Membuat atau membeli makanan favorit bisa jadi salah satu teknik meningkatkan nafsu makan

Saat sedang sakit atau tidak bersemangat, Anda bisa saja merasa tidak memiliki nafsu makan yang rendah. Padahal kurang makan dapat membuat Anda kekurangan nutrisi dan gizi, serta menurunkan daya tahan tubuh.

Bagi Anda yang sedang kesulitan untuk membangkitkan selera makan, Anda dapat mencoba beberapa cara meningkatkan nafsu makan, seperti menggunakan rempah-rempah dan mengatur jenis piring yang digunakan.

Apa saja cara meningkatkan nafsu makan?

Tidak selamanya Anda bersemangat untuk mengonsumsi makanan, karenanya Anda bisa menerapkan beberapa cara meningkatkan nafsu makan seperti:

1. Mengatur jadwal makan

Memiliki jadwal makan yang teratur membuat tubuh Anda terbiasa untuk mengonsumsi makanan pada waktu tertentu. Oleh karena mengatur jadwal makan dapat membuat tubuh Anda ingin mengonsumsi makanan

Anda dapat membiasakan diri untuk makan di jam yang sama tiap harinya ataupun membuat catatan atau alarm yang dapat mengingatkan Anda untuk makan pada jam tertentu.

2. Makan dalam porsi kecil namun sering

Jika tidak sanggup makan dalam porsi normal, Anda dapat meningkatkan nafsu makan dengan memecah porsi makan biasanya menjadi porsi yang lebih kecil.

Misalnya dari porsi makan tiga kali, Anda dapat memecahnya menjadi empat sampai lima kali dengan porsi yang lebih kecil. Saat nafsu makan bertambah, Anda dapat secara perlahan menambah jumlah makanan yang ingin dikonsumsi.

3. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan sering dianggap sepele, padahal jika Anda ingin meningkatkan nafsu makan dan berat badan, sarapan adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan.

Sarapan ditemukan dapat meningkatkan efek thermogenesis dalam tubuh yang membakar kalori dan menambah selera makan Anda.

4. Beli atau buat makanan favorit

Cara meningkatkan nafsu makan yang paling mudah dilakukan adalah dengan membeli atau memasak makanan kesukaan Anda.

Melihat makanan favorit dapat membuat Anda bersemangat untuk menyantapnya, tetapi hindari mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat.

5. Pakai rempah-rempah 

Menambahkan rempah-rempah ke dalam makanan yang akan dikonsumsi tidak hanya dapat meningkatkan cita rasa, tetapi juga selera makan, terutama jika Anda tidak bersemangat makan karena mengalami gangguan pencernaan.

Anda dapat mengonsumsi bumbu dapur jenis carmative yang dapat mengurangi kembung dan meningkatkan nafsu makan, seperti peppermint, mint, jahe, merica hitam, dan sebagainya.

6. Ubah tekstur makanan

Makanan yang sulit ditelan atau dikunyah dapat mengurangi selera makan. Oleh karenanya, cara meningkatkan nafsu makan adalah dengan memotong-motong makanan yang dikonsumsi menjadi lebih kecil.

Alternatif lain adalah dengan memilih makanan yang lunak dan mudah dikonsumsi, seperti kuah, yogurt, buah yang bertekstur lunak, dan sebagainya.

7. Konsumsi makanan yang bernutrisi

Saat sedang tidak berselera makan, Anda akan lebih condong untuk mengonsumsi makanan tidak bergizi, seperti kentang goreng, es krim, dan sebagainya. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sandwich ikan tuna yang dilengkapi sayur.

8. Tingkatkan kalori dalam makanan

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, Anda juga dapat meningkatkan kalori yang dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Menambah kalori juga dapat dijadikan cara meningkatkan nafsu makan.

Contohnya, Anda dapat memasak telur bersama dengan mentega, menaruh tambahan minyak zaitun di salad, ataupun memasak oatmeal dengan susu.

9. Kurangi serat

Mengonsumsi makanan yang berserat memang penting untuk kesehatan pencernaan, tetapi saat nafsu makan sedang menurun, ada baiknya jika Anda juga mengurangi konsumsi serat yang dapat membuat perut cepat terasa kenyang.

Kurangi konsumsi serat dalam makanan yang dikonsumsi sebagai cara meningkatkan nafsu makan Anda.

10. Ganti jenis piring 

Bukan hanya jenis makanan, uniknya, jenis piring juga bisa turut berpartisipasi dalam menambah nafsu makan. Menggunakan piring yang lebih besar saat mengonsumsi makanan dapat memperlihatkan seolah-olah makanan yang dikonsumsi lebih sedikit.

Piring yang lebih besar dapat membuat Anda menambah makanan dan bisa dicoba sebagai salah satu cara meningkatkan nafsu makan.

11. Hindari minum sebelum makan

Minum sebelum makan adalah strategi yang bagus untuk diterapkan saat ingin menurunkan berat badan, tetapi merupakan langkah yang tidak tepat sebagai cara meningkatkan nafsu makan.

Minum air sebelum atau sementara mengonsumsi makanan dapat membuat Anda cepat kenyang dan mengurangi selera makan. Sebaiknya hindari meminum air 30 menit sebelum makan dan minumlah air yang sedikit saat sedang makan.

12. Ciptakan kondisi yang nyaman saat makan

Kondisi yang nyaman dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi makanan sambil menonton film ataupun mendengarkan musik kesukaan Anda.

13. Makan bersama dengan teman atau keluarga

Cara meningkatkan nafsu makan yang menyenangkan adalah dengan makan bersama teman atau keluarga. Makan bersama orang lain bisa meningkatkan selera makan dibandingkan makan sendirian.

14. Sisipkan kalori dalam bentuk cair

Mendapatkan kalori tidak harus dalam bentuk makanan padat, Anda bisa mengonsumsi kalori dalam bentuk cair, seperti jus buah, susu, minuman pengganti makanan yang berkalori tinggi dan sebagainya.

Mengonsumsi kalori dalam bentuk cair merupakan salah satu cara meningkatkan nafsu makan karena membuat Anda merasa tidak kenyang akibat tidak adanya proses mengunyah.

15. Catat makanan yang telah dikonsumsi

Menuliskan apa-apa saja yang telah dikonsumsi dapat membantu memantau perkembangan nafsu makan Anda, serta mengecek apakah Anda telah memenuhi kalori dan nutrisi harian yang dibutuhkan.

16. Coba suplemen

Menurunnya nafsu makan terkadang bisa dipicu oleh kekurangan nutrisi atau mineral tertentu. Anda dapat menanggulanginya dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan, zinc, echinacea, ataupun tiamin.

17. Berolahraga

Jika Anda tidak memiliki keluhan fisik dan bisa bergerak secara bebas, Anda dapat berolahraga untuk meningkatkan nafsu makan.

Saat berolahraga, tubuh akan membakar kalori yang dapat menambah selera makan sebagai sinyal untuk mengisi energi yang telah digunakan dan memicu perubahan hormon, massa otot, dan metabolisme.

Namun, olahraga bukanlah jalan pintas untuk meningkatkan nafsu makan karena efeknya baru akan terlihat setelah beberapa hari dilakukan. Olahraga sederhana yang bisa dicoba adalah berjalan-jalan.

Catatan dari SehatQ

Apabila Anda telah menerapkan cara meningkatkan nafsu makan di atas dan masih mengalami kendala dalam menambah selera makan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite
Diakses pada 3 Februari 2020

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/how-to-increase-your-appetite-2507765

Diakses pada 3 Februari 2020

Artikel Terkait