logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

11 Cara Meningkatkan Minat Baca yang Bisa Anda Coba

open-summary

Buku adalah jendela dunia yang dapat memberikan banyak ilmu pengetahuan. Namun sayangnya, minat baca yang rendah membuat masyarakat merasa malas untuk membaca buku. Untuk mengatasinya, terdapat cara meningkatkan minat baca yang bisa dicoba, seperti mulai dari buku yang 'ringan', hingga menghadirkan buku di setiap permasalahan sehari-hari.


close-summary

3

(2)

8 Des 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara meningkatkan minat baca

Ada banyak cara meningkatkan minat baca, salah satunya dengan sering mengajak anak ke perpustakaan.

Table of Content

  • 11 cara meningkatkan minat baca yang bisa dicoba
  • Manfaat membaca buku yang tak boleh diremehkan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca buku, mulai dari meredakan stres hingga mencegah penurunan kognitif. Meski demikian, minat baca yang rendah menyebabkan kegiatan ini kurang diminati. Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari berbagai cara meningkatkan minat baca berikut ini.

Advertisement

11 cara meningkatkan minat baca yang bisa dicoba

Minat baca anak dapat diasah jika Ayah dan Bunda mau menjadi panutan yang baik
Tingkatkan minat baca anak dengan sering membacakannya buku.

Dikutip dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, minat baca adalah potensi untuk membaca secara sukarela atau keinginan membaca atas dorongan diri sendiri.

Fakta minat baca di Indonesia yang cukup memprihatinkan. Menurut data UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Itu artinya, minat baca di Indonesia sangatlah rendah.

Dilansir dari data yang sama, minat baca orang Indonesia hanya 0,001 persen saja. Artinya, dari 1000 orang Indonesia, hanya satu orang saja yang gemar membaca. Kurangnya minat membaca ini tentu perlu menjadi perhatian kita semua.

Sebagai solusinya, Anda bisa menerapkan berbagai cara meningkatkan minat baca pada anak-anak hingga orang dewasa berikut ini.

1. Jadikan buku sebagai kenyataan

Salah satu cara menumbuhkan minat baca di dalam diri adalah menjadikan buku sebagai kenyataan. Misalnya, Anda baru saja membaca buku tentang keindahan alam di Indonesia.

Supaya Anda bisa merasakan keindahan yang dijelaskan di buku tersebut, Anda bisa mengunjungi ke tempat-tempat indah yang baru saja dibaca.

Cara ini juga efektif bagi anak-anak. Ajaklah mereka untuk berlibur dan benar-benar merasakan apa yang ada di buku tersebut. Dengan menjadikan buku sebagai kenyataan, minat baca mereka bisa ditingkatkan.

2. ‘Berkenalan’ dengan penulis ternama dunia

Mencari tahu tentang penulis-penulis ternama dinilai sebagai cara menumbuhkan minat baca yang efektif. Dengan mengenal mereka, Anda diharapkan bisa lebih penasaran dengan buku-buku karangannya.

Salah satu penulis ternama yang mungkin mampu menarik perhatian adalah Roald Dahl. Ia adalah penulis asal Inggris yang telah merilis lebih dari 20 buku populer, mulai dari Matilda hingga Charlie and the Chocolate Factory yang telah diadaptasi menjadi film.

3. Baca buku terlebih dahulu, baru tonton filmnya

Saat ini, banyak buku-buku terkenal yang dijadikan film. Untuk meningkatkan minat baca diri Anda, cobalah buat peraturan untuk membaca bukunya terlebih dahulu sebelum menyaksikan filmnya.

Selain Charlie and the Chocolate Factory, ada banyak buku-buku menarik yang sudah dijadikan film. Salah satu yang bisa Anda coba adalah Bridge to Terabithia. Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama dan dikarang oleh Katherine Paterson pada tahun 1977.

4. Pajang buku di rumah

Anda juga bisa memajang buku di rumah sebagai cara menumbuhkan minat baca. Jika Anda punya banyak buku di rumah, jangan menyembunyikannya di tempat yang sulit dilihat.

Pamerkan buku-buku favorit Anda di meja makan, kursi ruang tengah, hingga di kamar tidur. Dengan melihat banyak buku di sekitar, diharapkan dapat menumbuhkan minat baca bagi Anda atau anggota keluarga lainnya di rumah.

5. Jalan-jalan ke perpustakaan

Sebagian orangtua mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mengembangkan minat baca anak? Salah satu yang bisa dicoba adalah jalan-jalan ke perpustakaan bersama mereka.

Jangan hanya ke pusat perbelanjaan saja, sekali-kali ajaklah anak Anda ke perpustakaan. Dengan melihat banyaknya judul dan sampul halaman buku di perpustakaan, diharapkan dapat memicu pertumbuhan minat baca anak.

Biarkan anak mengeksplorasi perpustakaan yang luas sambil melihat ribuan buku di sana. Anda juga bisa mendaftarkannya ke perpustakaan agar mereka semakin rajin membaca.

Kegiatan ini juga bisa dijadikan cara meningkatkan minat membaca di kalangan pelajar. Guru bisa mengajak siswanya ke perpustakaan di sekolah atau perpustakaan besar di daerahnya untuk menumbuhkan minat membaca.

Upaya meningkatkan minat baca siswa ini juga bisa menambah aktivitas positif yang dapat dilakukan mereka di waktu senggang.

Lebih dari itu, keberadaan perpustakaan bisa dijadikan cara meningkatkan minat baca masyarakat. Semakin banyak perpustakaan yang bisa dikunjungi, diharapkan mampu meningkatkan jumlah orang yang tertarik untuk membaca buku di sana.

6. Mulailah dari buku dengan isi yang ‘ringan’

Salah satu metode untuk meningkatkan minat baca siswa yang bisa dilakukan oleh guru dan orangtua di rumah adalah memilih buku dengan isi yang mudah dipahami.

Wajar jika anak atau siswa di sekolah merasa malas saat buku yang hendak dibaca berisikan konten yang terlalu ‘berat’. Untuk mengatasinya, cobalah mulai dari buku-buku yang kontennya ringan dan mudah dipahami.

Mulailah dari buku anak-anak dengan topik yang mampu menarik perhatiannya, misalnya tentang dinosaurus, hewan peliharaan, atau robot yang dipenuhi dengan warna serta gambar. Dengan topik yang ringan dan mudah dimengerti, minat baca anak diharapkan bisa tumbuh.

7. Hadirkan buku di setiap permasalahan sehari-hari

cara meningkatkan minat baca
Jadikan buku sebagai salah satu tempat untuk mencari solusi

Cara meningkatkan minat baca yang patut dicoba adalah menghadirkan buku di setiap permasalahan atau aktivitas sehari-hari. Cara ini juga bisa dipraktikkan untuk anak-anak.

Misalnya, anak Anda akan menyambut kehadiran adiknya yang baru lahir. Cobalah berikan buku tentang menjadi seorang kakak yang baik.

Jika anak tengah bersiap-siap masuk sekolah, berikan mereka buku tentang kegiatan di sekolah. Nantinya, si kecil diharapkan bisa terbiasa untuk mencari jawaban dari permasalahannya lewat buku.

Untuk orang dewasa, cobalah cari buku-buku yang berhubungan dengan masalah sehari-hari, seperti tentang rumah tangga, pekerjaan, hobi, atau buku-buku motivasi, untuk menambah semangat hidup.

8. Jadikan buku sebagai hadiah

Strategi meningkatkan minat baca anak lainnya yang bisa Anda coba adalah memberikan buku sebagai hadiah.

Memberikan hadiah untuk anak ketika ia berprestasi di sekolah atau berperilaku baik adalah salah satu cara untuk memotivasinya .

Jika selama ini Anda memberikannya hadiah berupa baju, makanan, atau uang jajan, cobalah buku sebagai hadiahnya. Dengan demikian, anak diharapkan bisa mulai giat membaca buku.

Selain itu, jika anak ingin memberikan kado untuk temannya di sekolah, rekomendasikan buku. Hal ini dapat membuat anak menyadari bahwa buku bisa menjadi salah satu cara untuk bisa 'terhubung' dengan sahabatnya. 

Cara meningkatkan motivasi membaca ini juga berlaku pada orang dewasa. Cobalah berikan buku sebagai hadiah kepada kerabat atau keluarga Anda supaya mereka lebih tertarik untuk membaca buku secara rutin

Baca Juga

  • Cegah Anak Cedera saat Main Sepeda dengan Melakukan Hal Ini
  • 11 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Pemberani dan Percaya Diri
  • Alergi Dingin pada Anak, Kenali Gejala hingga Cara Mengatasinya

9. Menjadi panutan bagi anak

Salah satu cara menumbuhkan minat baca pada anak usia dini yang bisa dilakukan orangtua adalah menjadi panutan yang baik baginya.

Sebab, anak akan meniru banyak kebiasaan orangtua. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan contoh dengan hal-hal yang baik, misalnya membaca buku.

Cobalah membaca buku secara rutin di depan anak-anak. Selain itu, jangan lupa untuk membahas isi buku itu dengan anak, terutama jika itu merupakan buku yang menarik baginya.

Tunjukkan pada anak bahwa membaca buku dapat membawa kebahagiaan bagi Anda. Dengan demikian, minat baca anak bisa ditingkatkan.

Untuk para guru, ini juga bisa dijadikan sebagai cara meningkatkan minat baca siswa. Contohkan kepada anak-anak di kelas dengan rutin membaca buku di waktu senggang.

10. Selalu bawa buku saat keluar rumah

Cara meningkatkan minat baca berikutnya adalah membawa buku saat keluar rumah.

Saat Anda tidak disibukkan pekerjaan atau sedang menunggu sesuatu, keluarkan buku dari tas dan mulailah membacanya.

11. Mencari tempat yang sepi dan hening

Salah satu cara menumbuhkan minat baca yang dianggap efektif adalah mencari tempat yang sepi dan hening, di mana Anda dapat duduk dengan tenang dan bisa membaca buku tanpa gangguan.

Hindari tempat yang dipenuhi dengan gawai, seperti televisi, komputer, atau laptop, agar Anda tidak terganggu.

Ada banyak manfaat yang dapat diraih dari membaca buku. Maka dari itu, cobalah berbagai cara meningkatkan minat baca di atas untuk mendapatkannya.

Manfaat membaca buku yang tak boleh diremehkan

Supaya menambah motivasi Anda dalam membaca buku, tak ada salahnya untuk memahami apa saja manfaat yang bisa diraih dari kegiatan ini.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah sejumlah manfaat membaca buku yang sayang jika dilewatkan:

  • Meningkatkan konektivitas otak
  • Meningkatkan kosakata dan pemahaman
  • Membantu Anda untuk berempati terhadap orang lain
  • Membantu Anda mempersiapkan diri untuk tidur
  • Mengurangi stres
  • Menurunkan tekanan darah dan detak jantung
  • Melawan gejala depresi
  • Mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Berbagai manfaat membaca buku tersebut tentu dapat berdampak baik pada kesehatan fisik dan mental Anda. Mulai dari sekarang, cobalah untuk rutin membaca buku di waktu senggang.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingparenting stressgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved