9 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak yang Patut Dicoba

(0)
20 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tingginya minat baca anak dapat membawa banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya.Ada banyak cara meningkatkan minat baca anak, salah satunya dengan sering membacakannya buku.
Buku adalah jendela dunia yang dapat menambah wawasan anak. Sayangnya, anak-anak zaman sekarang kadang lebih memilih bermain gawai (gadget) selama berjam-jam dibandingkan membaca buku. Lantas, bagaimana cara mengembangkan minat baca anak supaya ia akrab dengan buku?Terdapat berbagai cara meningkatkan minat baca anak yang dapat dicoba, mulai dari mengajaknya ke perpustakaan hingga memperkenalkannya dengan penulis ternama dunia. Mari kita simak berbagai cara menumbuhkan minat baca anak.

Bagaimana mengembangkan minat baca anak?

Minat baca anak dapat diasah jika Ayah dan Bunda mau menjadi panutan yang baik
Tingkatkan minat baca anak dengan sering membacakannya buku.
Ada banyak manfaat yang bisa dinikmati anak jika ia sering membaca, seperti meningkatkan imajinasi, menumbuhkan rasa ingin tahu, mengembangkan otaknya, mengasah fokusnya, hingga mempertajam konsentrasinya.Sayang rasanya jika berbagai manfaat membaca buku tersebut dilewatkan oleh anak. Maka dari itu, berikut adalah berbagai cara meningkatkan minat baca anak.

1. Menjadi panutan bagi anak

Anak akan meniru banyak kebiasaan orangtua. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan contoh dengan hal-hal yang baik, misalnya membaca buku.Cobalah membaca buku secara rutin di depan anak-anak. Selain itu, jangan lupa untuk membahas isi buku itu dengan anak, terutama jika itu merupakan buku yang menarik baginya.Tunjukkan pada anak bahwa membaca buku dapat membawa kebahagiaan bagi Anda. Dengan demikian, minat baca anak dapat meningkat.

2. Jadikan buku sebagai kenyataan

Salah satu cara menumbuhkan minat baca anak adalah menjadikan buku sebagai kenyataan. Misalnya, Anda baru saja membacakan buku tentang keindahan alam di Indonesia.Supaya anak bisa merasakan keindahan yang dijelaskan di buku, Anda bisa mengajaknya ke sawah atau pegunungan yang memiliki pemandangan indah.Cobalah ajak anak untuk berlibur dan benar-benar merasakan apa yang ada di buku tersebut. Dengan menjadikan buku sebagai kenyataan, minat baca anak dapat semakin meningkat.

3. Perkenalkan anak dengan penulis ternama di dunia

Memperkenalkan penulis ternama dan buku-buku karangannya kepada anak bisa jadi cara menumbuhkan minat baca anak yang patut dicoba. Dengan mengenal penulisnya, anak diharapkan akan lebih penasaran dengan buku karangannya. Salah satu penulis ternama yang mungkin mampu menarik perhatian anak adalah Roald Dahl. Ia adalah penulis asal Inggris yang telah merilis lebih dari 20 buku anak, mulai dari Matilda hingga Charlie and the Chocolate Factory yang sudah dijadikan film layar lebar.

4. Baca buku terlebih dahulu, baru tonton filmnya

Saat ini, banyak buku anak-anak yang sudah diadaptasikan menjadi film. Untuk meningkatkan minat baca anak, cobalah buat peraturan untuk membaca bukunya terlebih dahulu, baru tonton filmnya.Selain Charlie and the Chocolate Factory, ada banyak buku-buku menarik yang sudah dijadikan film. Salah satu yang cocok untuk anak-anak adalah Bridge to Terabithia. Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama dan dikarang oleh Katherine Paterson pada tahun 1977.

5. Pajang buku di rumah

Jika Anda memiliki banyak buku di rumah, jangan menyembunyikannya di tempat yang tak bisa dilihat anak. Pamerkanlah buku-buku favorit Anda di meja makan, kursi ruang tengah, hingga di kamarnya.Dilansir dari Parents, Alice Sterling Honig, Ph.D, seorang ahli perkembangan anak dari Syracuse University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa anak-anak yang sejak kecil sudah dikelilingi oleh buku bisa tertarik untuk membuka dan membacanya di kemudian hari.

6. Ajak Si Kecil ke perpustakaan

Jangan hanya ke pusat perbelanjaan saja, sekali-kali ajaklah anak Anda ke perpustakaan. Dengan melihat banyaknya judul dan sampul halaman buku di perpustakaan, diharapkan minat baca anak akan tumbuh.Biarkan anak mengeksplorasi perpustakaan yang luas sambil melihat-lihat ribuan buku di sana. Anda juga bisa mendaftarkannya ke perpustakaan agar ia semakin rajin membaca nantinya.

7. Mulailah dari buku anak-anak

Hanya karena Anda ingin meningkatkan minat baca anak, jangan sampai memaksa mereka untuk membaca buku yang terlalu 'berat'.Mulailah dari buku anak-anak dengan topik yang mampu menarik perhatiannya, misalnya tentang dinosaurus, hewan peliharaan, atau robot yang dipenuhi dengan warna serta gambar. Dengan topik yang ringan dan mudah dimengerti ini, minat baca anak dapat ditumbuhkan.

8. Hadirkan buku di setiap permasalahan anak

Cara meningkatkan minat baca yang patut dicoba adalah menghadirkan buku di setiap permasalahan atau aktivitas anak.Misalnya, anak Anda akan menyambut kehadiran adiknya yang baru lahir. Cobalah berikan ia buku tentang menjadi seorang kakak yang baik.Jika anak sedang bersiap-siap masuk sekolah, berikan ia buku tentang kegiatan di sekolah. Nantinya, Si Kecil berpotensi akan terbiasa untuk mencari jawaban dari permasalahannya lewat buku.

9. Jadikan buku sebagai hadiah

Memberikan hadiah pada anak di saat dirinya berprestasi di sekolah atau sudah berperilaku baik adalah salah satu cara untuk memotivasi anak.Jika selama ini Anda memberikannya hadiah berupa baju, makanan, atau uang jajan, cobalah buku sebagai hadiahnya. Dengan demikian, anak diharapkan bisa mulai giat membaca buku.Selain itu, jika anak sedang ingin memberikan kado untuk sahabat baiknya di sekolah, rekomendasikan buku. Hal ini akan membuat anak menyadari bahwa buku dapat menjadi salah satu cara untuk bisa 'terhubung' dengan sahabatnya. Ada banyak manfaat yang dapat diraih anak dari membaca buku. Maka dari itu, cobalah berbagai cara meningkatkan minat baca pada anak di atas.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/literacy-reading-stories/reading-storytelling#why-reading-is-important-for-babies-and-young-children-nav-title
Diakses pada 5 April 2021
Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/reading/18-genius-ways-to-make-kids-love-reading/
Diakses pada 5 April 2021
BBC. https://www.bbc.co.uk/newsround/36824907
Diakses pada 5 April 2021
Scholastic. https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/books-and-reading-guides/raise-reader-parent-guide-to-reading-ages-3-5.html
Diakses pada 5 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait