Cara Meningkatkan Keintiman Emosional agar Hubungan Kembali Bergairah


Cara meningkatkan keintiman emosional dalam hubungan bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas bersama atau hobi baru yang menyenangkan.

0,0
21 Oct 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara meningkatkan keintiman emosionalMelakukan aktivitas bersama pasangan adalah cara terbaik bangkitkan keintiman
Pada saat pendekatan, semua terasa manis dan dunia terasa milik berdua. Namun, ada masa-masa keintiman tersebut menurun karena berbagai faktor. Kesibukan bisa menjadi salah satu faktor pembuat hubungan pun terasa hambar. Jika sudah begitu, temukan cara meningkatkan keintiman emosional dengan pasangan untuk menjaga gairah.
Keintiman emosional merupakan salah satu jenis keintiman yang dibutuhkan dalam menjalin hubungan. Namun, ada kalanya keintiman tersebut tergerus dan mungkin mengancam keberlangsungan asmara dan pernikahan Anda. Meningkatkan keintiman penting untuk dilakukan agar jalinan percintaan Anda dan pasangan tetap mesra dan langgeng.

Cara meningkatkan keintiman emosional

Ada banyak cara untuk meningkatkan keintiman emosional dalam hubungan. Anda dan pasangan mungkin juga memiliki cara tertentu. Apa pun cara yang Anda rencanakan untuk menyelamatkan hubungan, kerja sama dan perhatian sangat dibutuhkan.Saat hubungan mulai terasa hambar, coba terapkan tips berikut ini untuk meningkatkan keintiman bersama pasangan.

1. Mengingat masa lalu

Buatlah daftar momen-momen di masa lalu yang paling manis dan membekas untuk Anda. Minta pula pasangan untuk menuliskannya. Tak perlu banyak, cukup lima momen manis, masing-masing bagi Anda dan pasangan.
cara meningkatkan keintiman
Mengingat masa romantis dapat meningkatkan keintiman emosional
Setelah itu, ceritakan dan bagikan lima kejadian masa lalu yang paling Anda kenang dan lima dari pasangan. Tak masalah jika Anda dan pasangan menceritakan momen yang berbeda. Ini menjadi cara yang baik untuk mengetahui hal yang spesial bagi masing-masing pihak. Anda dapat mengenal diri sendiri dan pasangan dengan lebih baik.

2. “Puasa” gadget

Teknologi tentu memudahkan kehidupan percintaan saat Anda dan pasangan tidak sedang bersama. Jika hubungan tengah genting, teknologi dapat menjadi penghalang untuk mendapatkan keintiman emosional.Anda disarankan untuk mengalokasikan waktu selama 1-2 jam untuk berduaan dengan pasangan. Cobalah mematikan komputer, televisi, atau telepon seluler supaya lebih fokus. Pada saat inilah, Anda dan pasangan dapat mencoba meningkatkan keintiman. Tataplah mata pasangan saat mulai bercerita.

3. Menyelami hobi dan kesenangan pasangan

Apabila selama ini Anda skeptis dengan ketertarikan pasangan, cobalah untuk mulai mencairkan diri. Cari tahu dan pahami hal-hal yang ia sukai. Misalnya, sesekali Anda bisa menyaksikan pertandingan sepak bola bersama saat dini hari yang umum pria sukai. Anda juga bisamengikuti kelas merangkai bunga yang umum disukai wanita.Anda mungkin tidak terlalu tertarik dengan hobi pasangan. Dengan mencoba menemani pasangan, Anda dapat menyelami alasan ia menyukai hal-hal tersebut.Baca juga: Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental dan Fisik

4. Melakukan hal yang disukai bersama-sama

Selain menemani pasangan dalam melakukan hobinya, Anda dan pasangan juga disarankan untuk melakukan kesenangan bersama. Misalnya, menonton series laga, bermain sepatu roda, atau berburu kuliner tradisional.
Berolahraga untuk tingkatkan keintiman
Keintiman emosional dapat ditingkatkan dengan berolahraga bersama
Menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang disukai bersama-sama dapat membangkitkan memori manis serta menguatkan keintiman emosional Anda dan pasangan. Lakukan cara ini secara rutin dan berkala untuk menjaga kedekatan dengan pasangan.

5. Berbagi rahasia

Punya rahasia kepada pasangan sebenarnya dibutuhkan sebagai bumbu merajut sebuah hubungan. Ada kalanya, Anda harus mengungkapkan rahasia kecil ini. Dengan begitu, Anda punya topik obrolan yang selalu menarik.Anda bisa memulai dengan rahasia kecil yang selalu dipendam. Misalnya tabungan rahasia yang nantinya digunakan sebagai modal usaha. Bisa jadi rahasia posisi bercinta yang selama ini ingin dicoba.Baca juga: Tak Hanya Terkait dengan Seksualitas, Apa Saja Jenis-jenis Keintiman?

6. Mengungkapkan perasaan

Coba ingat kapan terakhir kali Anda bilang "I love you" kepada pasangan? Tidak perlu menunggu momen tertentu untuk kembali mengungkapkan rasa itu. Jangan sampai menyesal saat Anda merasa kurang dalam mengungkapkan perasaan itu ke pasangan.Sebenarnya, pengungkapan perasaan itu pun tidak harus selalu bilang "sayang" atau "cinta". Memuji masakan atau hasil kerja keras pasangan juga bukti Anda menyayangi dia.

7. Mencari bantuan profesional

Saat Anda dan pasangan benar-benar merasa hubungan sudah di ujung tanduk, dan cara-cara di atas tidak ampuh untuk menguatkan keintiman emosional hubungan, bantuan ahli sangat disarankan.Konselor pasangan yang berpengalaman, akan membantu Anda berdua untuk bekerja sama sebagai tim, dalam memecahkan persoalan hubungan. Konselor juga membantu Anda dan pasangan untuk saling mendukung, serta saling memulihkan perasaan masing-masing.Dalam prosesnya, pasangan akan menjalani terapi untuk meningkatkan keintiman. Langkah ini diharapkan dapat memulihkan hubungan menuju arah yang lebih positif.

Catatan dari SehatQ

Keintiman emosional biasanya tidak instan untuk diciptakan, serta sangat mungkin untuk tergerus kesibukan dan ego masing-masing. Cara membangun dan meningkatkan keintiman emosional di atas, saat hubungan kian hambar, membutuhkan komitmen serta kerja sama Anda dan pasangan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hubungan percintaan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksseks
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/losing-intimacy-try-these-5-exercises-to-bring-you-and-your-partner-closer/
Diakses pada 21 Oktober 2019
Psych Central. https://psychcentral.com/lib/when-and-how-to-find-a-couples-therapist/
Diakses pada 21 Oktober 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/men-growing-intimacy-in-marriage-1270945
Diakses pada 21 Oktober 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/questions-to-build-intimacy-in-relationships-1270942
Diakses pada 21 Oktober 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait