Saturasi Menurun karena COVID-19, Begini Cara Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah


Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah bisa dilakukan secara alami dengan mendapatkan udara segar di luar ruangan. Anda juga perlu memperbaiki sirkulasi udara di setiap ruangan supaya bisa bernapas dengan lega.

0,0
31 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah yang mudahMenjaga kadar oksigen dalam darah penting dilakukan selama pandemi
Salah satu gejala yang muncul saat terinfeksi virus COVID-19 adalah kadar oksigen dalam darah yang berkurang. Kondisi ini menyebabkan sesak napas dan perubahan warna kulit menjadi pucat. Mendapatkan asupan oksigen tambahan merupakan cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah.Sayangnya, kelangkaan tabung oksigen masih menjadi masalah di tengah pandemi COVID-19. Anda bisa melakukan langkah lain untuk menjaga kadar oksigen dalam darah tetap di angka normal. Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengukur kadar oksigen dalam darah

meningkatkan oksigen dalam darah
Ukur kadar oksigen dalam darah dengan mengunakan oximeter
Mengetahui kadar oksigen dalam darah sangat penting. Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan oximeter. Alat pengukur ini menggunakan sensor yang mampu menembus kulit hingga ke bagian tubuh.Pengukurannya dilihat dari jumlah cahaya yang bisa melewati bagian yang diukur tanpa diserap oleh darah. Nantinya, itu menjadi indikator jumlah oksigen yang ada di dalam darah. Tenang, pengukuran kadar oksigen ini tidak sakit sama sekali.Pengukuran ini pun bisa membantu Anda mengetahui kerja organ penting dalam peredaran darah. Skala yang digunakan biasanya menggunakan persentase hingga 100 persen. Normalnya, kadar oksigen dalam tubuh itu berkisar 98-100 persenSaat pengukuran ada di angka kurang dari 94 persen, Anda sudah mengalami hipoksemia atau kadar oksigen yang rendah dalam darah. Anda perlu melakukan beberapa langkah atau mengonsumsi suplemen penambah oksigen.Kadar oksigen dalam darah di bawah 90 persen perlu mendapatkan perawatan khusus. Kondisi ini memerlukan tambahan oksigen dengan alat bantu pernapasan.

Teknik meningkatkan oksigen dalam darah

Ketika mendapati kadar oksigen di bawah 94 persen, Anda bisa melakukan proning. Teknik ini membantu alveolar terbuka dan membuat napas lebih mudah. Berikut cara melakukan proning:
  1. Tengkurap dengan alas bantal di posisi kepala, perut, dan kaki selama 30 menit
  2. Berbaring menghadap sisi kanan dengan alas bantal pada bagian leher, pinggul, serta menjepit bantal dengan kedua kaki
  3. Berbaring sambil setengah duduk dengan seluruh alas bantal menjadi sandaran
Sebaiknya tidak melakukan teknik proning satu jam setelah makan. Anda perlu mengatur posisi bantal sesuai dengan kenyamanan. Pastikan Anda melakukan semua posisinya dengan nyaman. Ubah sedikit posisinya saat Anda merasa tidak nyaman.

Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah

Meningkatkan kadar oksigen
Sirkulasi udara yang baik pun bisa tingkatkan kadar oksigen dalam darah
Anda bisa meningkatkan kadar oksigen dengan cara alami bahkan dari rumah. Berikut langkah yang bisa dilakukan”

1. Berhenti merokok

Rokok merupakan salah tahu penyebab masalah gangguan pernapasan. Cobalah untuk perlahan-lahan mengurangi sampai benar-benar bisa berhenti total. Anda akan bisa langsung merasakan perbedaan pada pernapasan Anda setelah dua minggu.

2. Memperbaiki sirkulasi udara

Anda disarankan untuk membuka pintu dan jendela setiap pagi untuk mengganti udara yang ada di dalam ruangan. Lebih baiknya lagi jika Anda juga sedikit berada di area terbuka untuk menghirup udara segar dan terkena paparan sinar matahari pagi.

3. Menanam tanaman di sekitar rumah

Tanaman hijau berperan untuk menghasilkan oksigen. Menanam tanaman juga bisa membuat rumah Anda lebih asri. Selain itu, Anda pun jadi punya hobi baru saat harus berdiam diri di rumah.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga juga membantu tubuh untuk menghirup lebih banyak oksigen. Selain itu, olahraga teratur juga akan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Berlatih pernapasan

Berlatih pernapasan juga perlu dilakukan secara rutin. Anda bisa melakukan meditasi atau yoga sambil meregangkan otot yang tegang.

Catatan dari SehatQ

Cobalah untuk membuat tempat tinggal Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda pun perlu memonitor kadar oksigen dalam darah setiap saat terlebih saat Anda sedang menjalani isolasi mandiri. Segera dapatkan bantuan medis saat didapati kadar oksigen jauh dari batas normal.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar langkah meningkatkan kadar oksigen, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kekurangan oksigengangguan pernapasansaluran pernapasanoksigen
Web MD https://www.webmd.com/fitness-exercise/how-to-increase-blood-oxygen-level#2
Diakses pada 19 Juli 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/321044#treatment
Diakses pada 19 Juli 2021
Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/symptoms/hypoxemia/basics/when-to-see-doctor/sym-20050930
Diakses pada 19 Juli 2021
Mohfw https://www.mohfw.gov.in/pdf/COVID19ProningforSelfcare3.pdf
Diakses pada 19 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait