logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

12 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak yang Efektif

open-summary

Terdapat banyak cara meningkatkan daya ingat anak secara alami, seperti mencoba permainan kartu, melibatkan pancaindra saat mengingat, hingga menumbuhkan pemikiran kritis pada anak.


close-summary

5

(1)

5 Apr 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Ada banyak cara meningkatkan daya ingat anak secara alami yang bisa dicoba.

Salah satu cara meningkatkan daya ingat anak secara alami ialah mengajarinya berpikir kritis.

Table of Content

  • Berbagai cara meningkatkan daya ingat anak secara alami
  • Catatan dari SehatQ

Pernahkah Anda meminta anak untuk melakukan sesuatu dan ia lupa melakukannya? Jika kasus ini terjadi berulang kali, bisa saja si kecil mengalami kesulitan mengingat. Namun, Anda jangan khawatir karena ada berbagai macam cara meningkatkan daya ingat anak secara alami yang bisa dilakukan.

Advertisement

Berbagai cara meningkatkan daya ingat anak secara alami

Cara meningkatkan daya ingat anak secara alami
Ada banyak cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa dicoba

Memiliki daya ingat yang baik dapat membantu anak dalam belajar, mengikuti instruksi, hingga berkonsentrasi. Supaya anak tidak mudah lupa, cobalah berbagai cara meningkatkan daya ingat secara alami berikut ini.

1. Ajari anak untuk memvisualkan sesuatu di kepalanya

Salah satu cara membuat daya ingat anak kuat yang bisa dicoba adalah mengajarinya keterampilan untuk membayangkan sesuatu di kepalanya. Mintalah anak untuk memikirkan sebuah "gambar" dari apa yang baru saja mereka lihat, baca, atau dengar.

Misalnya, saat Anda memerintahkan anak untuk menyiapkan bangku untuk lima orang, mintalah ia untuk menggambarkannya di dalam pikirannya terlebih dahulu. Setelah itu, suruh ia untuk menggambarkannya di atas kertas.

JIka anak sudah pintar dalam memvisualisasikan sesuatu, mereka dipercaya akan lebih pandai dalam mengingatnya.

2. Mencoba permainan kartu

Ada banyak permainan kartu yang mengasyikkan untuk anak, salah satunya Uno. Tahukah Anda kalau permainan kartu ini dipercaya bisa dijadikan sebagai salah satu cara melatih daya ingat anak dalam belajar?

Namun, jangan meminta anak untuk memainkan permainan kartunya saja. Mintalah ia untuk mengingat peraturan dari permainan tersebut dan kartu yang ia punya. Dengan begitu, ia bisa mulai mengasah kemampuan mengingatnya.

3. Jadikan proses pembelajaran sebagai momen menyenangkan

Jika anak merasa bosan, mereka dipercaya akan sulit untuk mengingat apa yang dipelajari. Maka dari itu, cobalah buat proses pembelajaran menjadi momen yang menyenangkan.

Ajak ia ke museum untuk belajar tentang sejarah unik atau perpustakaan, di mana ia bisa melihat banyak buku-buku baru.

Jika anak tertarik dengan apa yang ia pelajari, ia akan lebih mudah untuk mengingatnya.

4. Ajarkan anak untuk menjadi kritis

Saat Anda sedang mengajarinya sesuatu, biarkan ia menjadi kritis dan aktif dalam proses pembelajaran. Misalnya, mintalah opininya terhadap subjek yang sedang dipelajari.

Hal ini akan membuat subjek itu berada di dalam pikirannya untuk waktu yang lama sehingga ia mampu mengingat lebih baik dan belajar untuk berpikir kritis.

5. Minta anak menjadi guru

Jangan orangtua saja yang menjadi guru saat proses pembelajaran di rumah. Cobalah membuat skenario di mana anak dapat menjadi guru di rumah. CCara membuat daya ingat anak kuat secara alami ini dianggap ampuh untuk anak.

Setelah itu, perintahkan anak untuk "mengajarkan" orangtuanya terkait subjek yang sudah ditentukan. Selanjutnya, lihatlah seberapa jauh anak Anda dapat mengingat subjek yang sedang dibahas. Hal ini dipercaya dapat membantu anak mengingat lebih mudah.

6. Berikan anak waktu istirahat di sela-sela pembelajaran

Saat sedang membantu anak untuk mengasah daya ingatnya, orangtua jangan lupa untuk memberikan mereka waktu istirahat. Sebab, otak juga memerlukan waktu istirahat untuk menangkap informasi baru secara efektif.

Waktu istirahat yang diberikan juga tidak perlu lama-lama, yakni 10 menit untuk anak-anak sekolah dasar (SD) dan 15-20 menit untuk anak sekolah menengah pertama (SMP).

Saat sedang istirahat, minta anak untuk minum air, berdiri, berjalan kaki, atau melakukan peregangan tubuh. Berbagai aktivitas ini dipercaya dapat membantu otak untuk menangkap lebih banyak informasi untuk diingat.

7. Jangan membuat anak overthinking atau stres

Cara meningkatkan daya ingat anak selanjutnya adalah membantunya agar tidak overthinking atau stres. Sebab, otak juga bisa merasa lelah sehingga tidak mampu mengingat informasi secara efektif.

Setelah pulang sekolah, biarkan anak beristirahat terlebih dahulu. Berikan ia waktu untuk makan, mandi, atau bahkan bermain.

Dengan begitu, anak-anak akan lebih siap untuk menerima informasi baru dan mengingatnya dengan baik.

8. Gunakan pancaindra anak

Cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar yang juga patut dicoba ialah melibatkan pancaindra anak. Saat anak sedang mengingat sesuatu, mintalah anak untuk menggunakan pancaindranya.

Misalnya, ketika Anda ingin mengajari anak tentang buah-buahan. Jangan hanya memperlihatkan gambar buah dari buku saja. Gunakan buah-buahan yang ada di rumah dan mintalah anak langsung memegang atau bahkan menyicipinya.

Dengan membiarkan anak belajar lewat pancaindranya, mereka bisa mengingat lebih mudah.

9. Memecah informasi menjadi bagian kecil

Anak dapat kewalahan saat ia menerima banyak informasi atau pelajaran dalam satu waktu. Supaya si kecil mampu mengingat dengan baik, orangtua disarankan untuk memecah informasi menjadi bagian kecil saat menerangkan sesuatu kepada anak.

Tidak hanya itu, sediakan informasi dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah diingat, misalnya dengan membuat daftar di dalam kertas atau menggunakan warna untuk membedakan setiap arahan yang diberikan pada anak.

10. Ajak anak untuk olahraga

Cara melatih daya ingat anak yang dapat dicoba adalah berolahraga. Beraktivitas fisik tidak hanya baik untuk kesehatan jasmani, fungsi otak pun dapat merasakan dampak baiknya.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengajak anak berolahraga secara rutin, seperti jalan kaki, berenang, atau bermain bola.

11. Kurangi waktu screen time

Screen time adalah waktu yang dihabiskan anak untuk menatap gawai (gadget). Dikutip dari Times of India, screen time berlebihan dinilai dapat mengubah struktur otak, menurunkan konsentrasi, hingga melemahkan kekuatan otak untuk menyimpan informasi dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, cobalah untuk batasi screen time anak supaya daya ingatnya terjaga. Lebih baik, ajak anak untuk membaca buku atau bermain di luar rumah bersama teman sebaya.

12. Mencukupi kebutuhan nutrisi anak

Terdapat sejumlah makanan penambah daya ingat dan kecerdasan yang dapat diberikan kepada anak.

Salah satunya kacang yang mengandung lemak baik dan antioksidan. Berbagai nutrisi ini dinilai mampu meningkatkan kesehatan anak.

Kacang juga mengandung vitamin untuk menjaga kesehata otak, yakni vitamin E. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal The Annals of Pharmacotherapy, vitamin E dipercaya mampu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta menunda penurunan fungsi mental.

Selain kacang, jeruk juga dipercaya sebagai makanan penambah daya ingat dan kecerdasan. Pasalnya, buah sitrus ini mengandung vitamin untuk meningkatkan daya ingat anak, seperti vitamin C.

Sebuah penelitian di dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience mengungkapkan, tingginya kadar vitamin C di dalam darah kemungkinan dapat menambah fokus saat mengerjakan tugas, mengasah daya ingat dan perhatian, hingga meningkatkan kecepatan untuk membuat keputusan.

Baca Juga

  • Cegah Penurunan Fungsi Otak dengan 5 Cara Mudah Ini
  • 10 Cara Mengatasi Cyberbullying agar Anak Tidak Menjadi Korbannya
  • Usia Masuk TK yang Ideal dan Indikator Kesiapannya

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya mencoba berbagai cara meningkatkan daya ingat anak di atas untuk membantu Si Kecil dalam belajar dan mengikuti instruksi.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingkesehatan otakanak sekolahgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved