8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Secara Alami

(0)
05 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak cara meningkatkan daya ingat anak secara alami yang bisa dicoba.Salah satu cara meningkatkan daya ingat anak secara alami ialah mengajarinya berpikir kritis.
Pernahkah Anda meminta anak untuk membersihkan kamar, tapi ia lupa melakukannya? Atau, pernahkah anak disetrap gurunya karena lupa mengerjakan pekerjaan rumah? Dua contoh kasus ini bisa menandakan bahwa Si Kecil mengalami kesulitan dalam mengingat. Namun, Anda jangan khawatir karena ada berbagai macam cara meningkatkan daya ingat anak secara alami yang bisa dicoba.

Berbagai cara meningkatkan daya ingat anak secara alami

Cara meningkatkan daya ingat anak secara alami
Ada banyak cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa dicoba
Memiliki daya ingat yang baik dapat membantu anak dalam belajar, mengikuti instruksi, hingga berkonsentrasi. Supaya anak tidak mudah lupa, cobalah berbagai cara meningkatkan daya ingat secara alami berikut ini.

1. Ajari anak untuk memvisualkan sesuatu di kepalanya

Salah satu cara meningkatkan daya ingat yang bisa Anda coba adalah mengajarinya keterampilan untuk membayangkan sesuatu di kepalanya. Mintalah anak untuk memikirkan sebuah "gambar" dari apa yang baru saja mereka lihat, baca, atau dengar.Misalnya, saat Anda memerintahkan anak untuk menyiapkan bangku untuk lima orang, mintalah ia untuk menggambarkannya di dalam pikirannya terlebih dahulu. Setelah itu, suruh ia untuk menggambarkannya di atas kertas.JIka anak sudah pintar dalam memvisualisasikan sesuatu, mereka dipercaya akan lebih pandai dalam mengingatnya.

2. Mencoba permainan kartu

Ada banyak permainan kartu yang mengasyikkan untuk anak, salah satunya Uno. Tahukah Anda kalau  permainan kartu ini dipercaya bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar?Namun, jangan meminta anak untuk memainkan permainan kartunya saja. Mintalah ia untuk mengingat peraturan dari permainan tersebut dan kartu yang ia punya. Dengan begitu, ia bisa mulai mengasah kemampuan mengingatnya.

3. Jadikan proses pembelajaran sebagai momen menyenangkan

Jika anak merasa bosan, mereka dipercaya akan sulit untuk mengingat apa yang dipelajari. Maka dari itu, cobalah buat proses pembelajaran menjadi momen yang menyenangkan.Ajak ia ke museum untuk belajar tentang sejarah unik atau perpustakaan, di mana ia bisa melihat banyak buku-buku baru.Jika anak tertarik dengan apa yang ia pelajari, ia akan lebih mudah untuk mengingatnya.

4. Ajarkan anak untuk menjadi kritis

Saat Anda sedang mengajarinya sesuatu, biarkan ia menjadi kritis dan aktif dalam proses pembelajaran. Misalnya, mintalah opininya terhadap subjek yang sedang dipelajari.Hal ini akan membuat subjek itu berada di dalam pikirannya untuk waktu yang lama sehingga ia mampu mengingat lebih baik dan belajar untuk berpikir kritis.

5. Minta anak menjadi guru

Jangan orangtua saja yang menjadi guru saat proses pembelajaran di rumah. Cobalah membuat skenario di mana anak dapat menjadi guru di rumah. Cara meningkatkan daya ingat anak secara alami ini dianggap ampuh untuk anak.Setelah itu, perintahkan anak untuk "mengajarkan" orangtuanya terkait subjek yang sudah ditentukan. Selanjutnya, lihatlah seberapa jauh anak Anda dapat mengingat subjek yang sedang dibahas. Hal ini dipercaya dapat membantu anak mengingat lebih mudah.

6. Berikan anak waktu istirahat di sela-sela pembelajaran

Saat sedang membantu anak untuk mengasah daya ingatnya, orangtua jangan lupa untuk memberikan mereka waktu istirahat. Sebab, otak juga memerlukan waktu istirahat untuk menangkap informasi baru secara efektif.Waktu istirahat yang diberikan juga tidak perlu lama-lama, yakni 10 menit untuk anak-anak sekolah dasar (SD) dan 15-20 menit untuk anak sekolah menengah pertama (SMP).Saat sedang istirahat, minta anak untuk minum air, berdiri, berjalan kaki, atau melakukan peregangan tubuh. Berbagai aktivitas ini dipercaya dapat membantu otak untuk menangkap lebih banyak informasi untuk diingat.

7. Jangan membuat anak overthinking atau stres

Cara meningkatkan daya ingat anak selanjutnya adalah membantunya agar tidak overthinking atau stres. Sebab, otak juga bisa merasa lelah sehingga tidak mampu mengingat informasi secara efektif.Setelah pulang sekolah, biarkan anak beristirahat terlebih dahulu. Berikan ia waktu untuk makan, mandi, atau bahkan bermain.Dengan begitu, anak-anak akan lebih siap untuk menerima informasi baru dan mengingatnya dengan baik.

8. Gunakan pancaindra anak

Cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar yang juga patut dicoba ialah melibatkan pancaindra anak. Saat anak sedang mengingat sesuatu, mintalah anak untuk menggunakan pancaindranya.Misalnya, ketika Anda ingin mengajari anak tentang buah-buahan. Jangan hanya memperlihatkan gambar buah dari buku saja. Gunakan buah-buahan yang ada di rumah dan mintalah anak langsung memegang atau bahkan menyicipinya.Dengan membiarkan anak belajar lewat pancaindranya, mereka bisa mengingat lebih mudah.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya mencoba berbagai cara meningkatkan daya ingat anak di atas untuk membantu Si Kecil dalam belajar dan mengikuti instruksi.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingkesehatan otakanak sekolahgaya parenting
Understood. https://www.understood.org/en/school-learning/learning-at-home/homework-study-skills/8-working-memory-boosters
Diakses pada 22 Februari 2021
Understood. https://www.understood.org/en/learning-thinking-differences/child-learning-disabilities/executive-functioning-issues/5-ways-kids-use-working-memory-to-learn
Diakses pada 22 Februari 2021
Oxford Learning. HTTPS://WWW.OXFORDLEARNING.COM/11-WAYS-TO-IMPROVE-MEMORY-FOR-KIDS/
Diakses pada 22 Februari 2021
British Council. https://www.britishcouncil.my/english/courses-children/resources/do-dont-boost-child-memory
Diakses pada 22 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait