logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh dan Efektif

open-summary

Banyak penyakit berbahaya yang bisa disebarkan oleh nyamuk. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan berbagai cara mengusir nyamuk di rumah, seperti membersihkan genangan air atau memelihara ikan.


close-summary

4

(4)

17 Des 2020

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu cara mengusir nyamuk adalah membersihkan genangan air di sekitar rumah

Genangan air di halaman perlu dibersihkan untuk mencegah nyamuk berkembang biak

Table of Content

  • Cara mengusir nyamuk yang ampuh
  • Tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk
  • Cara mencegah sarang nyamuk terbentuk

Cara mengusir nyamuk tidak hanya sebatas fogging saja atau menggunakan obat nyamuk saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya nyamuk bisa hilang dari rumah dan lingkungan di sekitarnya.

Advertisement

Jika nyamuk dibiarkan hidup di sekitar kita, bukan hanya ketenangan tidur yang terganggu atau gatal-gatal. Hewan ini bisa menjadi sumber penyebaran penyakit-penyakit berbahaya pada manusia, seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, hingga zika.

Penggunaan obat nyamuk semprot, bakar, atau oles memang dapat membantu mencegah gigitan nyamuk. Namun, untuk mengurangi risiko terinfeksi penyakit-penyakit berbahaya, akan lebih baik jika Anda melakukan cara membasmi nyamuk di rumah berikut ini.

Baca Juga

  • Bisakah Penyakit Malaria Kambuh Lagi? Deteksi Gejalanya!
  • Gejala Demam Berdarah pada Bayi, Paling Rentan di Usia 1 Tahun Pertama
  • Berkenalan Artemisia Annua yang Bisa Jadi Obat Malaria dan Efek Sampingnya

Cara mengusir nyamuk yang ampuh

Mencegah perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah adalah tanggung jawab penghuni rumah. Saat ditemukan sumber-sumber perkembangbiakan nyamuk, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah ini.

1. Bersihkan tempat-tempat genangan air

Cara membasmi jentik nyamuk yang pertama adalah mencegah terbentuknya genangan air. Nyamuk yang belum dewasa (telur, larva, dan pupa) berkembang pada genangan air. Karena ukurannya sangat kecil, nyamuk tetap bisa berkembangbiak di genangan-genangan air kecil yang mungkin sering Anda remehkan.

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa cara menghilangkan nyamuk yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Kuras bak mandi, kolam renang, atau tempat penampungan air lainnya secara teratur dan jaga selalu kebersihannya.
  • Tambahkan kaporit atau bubuk abate pada bak mandi, kolam renang, dan tempat penampungan lainnya seperti ember.
  • Sebaiknya tutup rapat tempat penampungan air saat tidak digunakan.
  • Bersihkan selalu genangan air sekecil apa pun. Misalnya, pada penampung tetesan air dispenser, vas bunga, atau wadah minum hewan peliharaan seperti burung.
  • Setelah hujan, segera buang genangan-genangan air yang ada di sekitar rumah.

2. Memelihara ikan

Jika ada kolam yang tidak terpakai atau tempat biasa air menggenang, misalnya kolam dekorasi taman, sebaiknya tambahkan ikan untuk membantu mengusir nyamuk.

Ikan jenis gambusia dikenal juga sebagai ikan nyamuk karena makanannya adalah larva nyamuk. Memelihara ikan ini bisa menjadi cara mengusir nyamuk yang efektif di halaman rumah.

3. Jaga kebersihan rumah

Nyamuk senang bersembunyi di tempat-tempat lembap, gelap, kotor, dan di antara tumpukan barang-barang. Oleh sebab itu, pastikan kondisi rumah Anda senantiasa bersih dan rapi sebagai cara mengusir nyamuk.

Salah satu tempat favorit nyamuk adalah tumpukan baju di balik pintu, tempat pakaian kotor, gudang yang lembap dan gelap, serta di tumpukan barang-barang. Hindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat persinggahan nyamuk.

Anda bisa membersihkan dan merapikan barang-barang secara rutin sebagai cara mengusir nyamuk sehingga tempat-tempat tersebut tidak menjadi sarang nyamuk.

Selalu tutup tempat sampah dengan rapi dan buang secara teratur. Rapikan juga wadah-wadah yang sekiranya dapat menjadi tempat genangan air hujan. Jika wadah masih digunakan, letakkan dalam kondisi terbalik. Jika sudah tidak digunakan, sebaiknya segera buang barang-barang tersebut.

4. Perhatikan kerapian kebun

Semak-semak atau tanaman rimbun yang tidak terawat bisa menjadi tempat persembunyian nyamuk. Rawat dan potonglah tanaman Anda secara teratur dan bersihkan semak belukar dari halaman untuk meminimalisir kemungkinan tempat nyamuk bersembunyi.

Selain itu, Anda dapat menanam sejumlah tanaman pengusir nyamuk yang efektif, seperti lavender, bunga geranium, dan serai.

5. Gunakan penghalang nyamuk

Untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah atau mengganggu tidur, Anda bisa menggunakan:

  • Kawat ant inyamuk yang dapat dipasang pada jendela dan ventilasi.
  • Kelambu yang biasanya digunakan di tempat tidur bermanfaat untuk mencegah nyamuk menggigit dan mengganggu ketenangan tidur Anda dan anak-anak.
  • Raket pengusir nyamuk elektrik yang biasanya dapat digunakan untuk menangkap nyamuk

6. Terapkan gerakan 5M

Pemerintah telah menerapkan cara mengusir nyamuk yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat dengan gerakan 5M. Gerakan 5M adalah:

  • Menguras. Kuras tempat wadah air, seperti tangki, bak mandi, hingga barang-barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk
  • Menutup. Biasakan menutup wadah yang menjadi tempat umum untuk menampung air
  • Mengganti. Jika Anda memelihara bunga segar, maka pastikan untuk mengganti air yang diisi dalam vas secara berkala
  • Mengubur. Pastikan sampah plastik atau barang bekas tidak terpakai lainnya yang bisa menjadi tempat genangan air sebaiknya dikubur
  • Menaburkan. Supaya jentik nyamuk mati, taburkan bubuk abate di tempat penampungan air secara berkala

7. Menanam tanaman aromatik

Sejumlah tanaman mempunyai aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk. Beberapa tanaman anti nyamuk tersebut, seperti lemon, balm, basil, mint, pennyroyal, geranium, rosemary, marigold, hingga lavender.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menanam tanaman ini di sudut ruangan untuk kemudian rutin menggosok daunnya agar melepaskan minyak ke udara yang bisa membantu mengusir nyamuk.

8. Menggunakan obat nyamuk

Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk bahan obat nyamuk. Ekstrak bahan alami ini bisa dipakai untuk membuat minyak yang mencegah gigitan nyamuk, bahkan membunuh jentik nyamuk.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk obat pengusir nyamuk adalah:

  • Minyak kayu manis. Penelitian menunjukkan minyak kayu manis bisa membasmi telur nyamuk dan nyamuk ukuran besar
  • Minyak serai wangi. Minyak serai wangi atau citronella dapat digunakan sebagai obat pengusir nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk yang biasa dipakai pada lotion anti nyamuk
  • Minyak kedelai.Minyak kedelai terbukti efektif mencegah gigitan nyamuk, terutama nyamuk Anopheles. 
  • Minyak lemon eucalyptus. Minyak ini dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk, bahkan sampai 3 jam

Untuk mengusir nyamuk, Anda bisa mengoleskan ekstrak bahan alami tersebut atau menyemprotkannya ke ruangan.

Menggunakan lotion anti nyamuk di atas terbilang lebih aman ketimbang obat nyamuk bakar. Pasalnya, obat nyamuk bakar mengandung karsinogen yang berisiko menyebabkan kanker paru-paru.

9. Fogging

Fogging adalah salah satu cara mengusir nyamuk dengan menyemprotkan insektisida. Cara ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan penyakit melalui gigitan nyamuk.

Fogging biasanya menggunakan racun insektisida jenis piretroid sintetis untuk membunuh nyamuk. Bukan hanya nyamuk, fogging juga bisa mengusir berbagai jenis serangga dan hama lainnya. Meski terbilang efektif, namun fogging bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Waspada KLB DBD, Ini Dia Cara Menghindari Gigitan Nyamuk DBD

Tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk

Nyamuk biasanya suka berkembang biak di lingkungan yang kotor atau jarang dibersihkan. Selain itu, permukaan air stagnan yang tidak pernah dibersihkan juga bisa menjadi surga bagi nyamuk untuk bertelur.

Sama seperti spesies nyamuk lainnya, nyamuk Aedes aegypti memilih iklim yang lembap dan hangat. Selain itu, nyamuk penyebab DBD ini juga aktif menggigit manusia saat siang, sore, dan pagi hari sebelum matahari terbit.

Berikut adalah sejumlah tempat yang perlu dibersihkan agar tidak berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit:

1. Genangan air

Genangan air adalah salah satu tempat yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi sarang nyamuk untuk bertelur. Bukan hanya genangan air hujan saja, tapi juga cekungan lain yang bisa menampung air.

Perhatikan bahwa volume air sedikit saja bisa menjadi tempat bertelurnya nyamuk. Sebisa mungkin, kontrol permukaan air di sekitar rumah agar tidak ada endapan yang bisa jadi tempat nyamuk bertelur.

2. Barang bekas tidak terpakai

Cara menghilangkan nyamuk juga harus dilakukan dengan memastikan tidak ada barang-barang bekas tak terpakai sekitar rumah. Contohnya pot bunga bekas, ban bekas, dan objek lainnya yang bisa menampung genangan air dan menjadi sarang nyamuk.

3. Pohon atau tanaman di sekitar rumah

Jika ada pohon di sekitar rumah, perhatikan apakah ada lubang cukup besar yang bisa menampung air. Jika iya, itu juga bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Untuk itu, pantau pohon di sekitar rumah dan pastikan tidak menjadi sarang nyamuk berbahaya.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Jenis Nyamuk dan Bahayanya

Cara mencegah sarang nyamuk terbentuk

Beberapa hal berikut sebaiknya juga Anda perhatikan agar tidak terbentuk sarang nyamuk di rumah Anda:

  • Perbaiki secepatnya jika ada pipa air yang bocor karena genangannya dapat dimanfaatkan untuk nyamuk berkembang biak.
  • Cegah terjadinya rembesan dari irigasi kebun.
  • Pastikan talang hujan tetap bersih dan bebas dari kotoran agar air mengalir dengan baik.
  • Pastikan tidak terjadi genangan air hujan di teras atau balkon.
  • Pastikan saluran drainase berfungsi dengan baik.

Lakukan cara-cara mengusir nyamuk di atas untuk menjaga rumah Anda dan lingkungan sekitarnya tetap bersih dan sehat. Jika Anda merasakan adanya gejala dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jika Anda punya pertanyaan seputar penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, atau cara membasmi jentik nyamuk yang tepat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

demam berdarah denguemalariagigitan nyamuk

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved