logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

9 Cara Mengusir Kesepian, Dari Pelihara Hewan Hingga Hidupkan Suasana Rumah

open-summary

Kesepian adalah perasaan yang tidak menyenangkan. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusirnya. Mulai dari keluar rumah, menulis jurnal, melukis, hingga memiliki hewan peliharaan.


close-summary

0

29 Apr 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Kesepian bisa membuat seseorang bersedih

Kesepian bisa membuat seseorang bersedih

Table of Content

  • Cara mengusir kesepian
  • Catatan dari SehatQ

Setiap orang punya cara berbeda dalam menghadapi kesepian. Ada yang menikmatinya, ada pula yang sebisa mungkin menghindarinya. Apabila sudah berkaitan erat dengan stres, mungkin digital detox hingga interaksi virtual bisa jadi cara mengusir kesepian yang efektif.

Advertisement

Lagi-lagi, tiap orang punya cara berbeda dalam mengusir sepi. Semua sah-sah saja selama tidak membuat seseorang terhanyut dalam rasa sepi hingga merasa hidup tidak bermakna.

Cara mengusir kesepian

Mengangkat topik tentang kesepian di masa pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020 ini bisa jadi relevan bagi semua orang. Berkumpul dengan teman-teman tidak lagi semudah dulu. Reuni hanya dilakukan secara virtual.

Bahkan bertemu dengan anggota keluarga terdekat saja harus dibatasi, demi saling menjaga satu sama lain.

Akibatnya? Kesepian sangat mungkin muncul. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara mengusir kesepian yang boleh dicoba:

1. Keluar rumah

jalan kaki
Sekedar jalan kaki keluar rumah dapat mengusir rasa sepi

Perubahan lingkungan bahkan hanya dengan keluar rumah pun bisa mengalihkan kejenuhan dari situasi yang itu-itu saja. Apabila belum memungkinkan untuk leluasa berkunjung ke kafe favorit, tak perlu muluk-muluk.

Hanya keluar rumah sejenak menghirup udara bebas sudah bisa meredakan stres emosional. Bonusnya, tubuh pun akan terasa lebih bugar.

2. Cari lingkaran pertemanan baru

Di saat waktu tak lagi habis di jalan dan bisa lebih banyak waktu di rumah, coba eksplorasi lingkaran pertemanan baru yang aktif secara online. Bisa kelompok orang yang hobi berolahraga, membaca, atau kegiatan sosial lainnya.

Cari lingkaran pertemanan dengan kesamaan minat sehingga bisa berkomunikasi dengan lebih seru. Meski dilakukan secara virtual, tetap saja ada manfaatnya.

3. Validasi perasaan

menulis jurnal
Tuangkan perasaan lewat tulisan

Tak ada gunanya menyembunyikan perasaan ketika merasa kesepian. Justru, Anda perlu mencari orang terdekat sekaligus terpecaya yang bisa diajak bicara tentang perasaan.

Berdiskusi seputar emosi yang rumit juga dapat memberikan dukungan emosional yang diperlukan. Dengan demikian, rasa sepi ini bisa perlahan tergeser.

Apabila belum terbiasa dengan berbicara langsung pada orang lain, Anda bisa menuangkannya di buku harian atau journaling. Cari mana yang paling sesuai dengan diri Anda.

4. Koneksi dengan cara baru

Memang benar di masa pandemi, berkumpul dengan orang-orang terdekat secara langsung semakin menantang. Seberapa pun rasa rindu tak terbendung, tetap saja harus saling menjaga satu sama lain.

Untuk mengusir sepi, coba bangun koneksi secara virtual. Targetkan untuk berkomunikasi dengan orang-orang penting di kehidupan Anda secara berkala.

Bentuknya beragam, bisa dengan mengirimkan pesan teks. Namun, akan jauh lebih menakjubkan lagi apabila interaksi juga melibatkan mendengar suara orang yang dirindukan. Tak perlu lama, bahkan 10 menit saja sudah cukup mengusir rasa sepi.

5. Ekspresikan kreativitas

melukis
Ekspresikan diri lewat melukis

Menyibukkan diri dalam aktivitas kreatif bisa membantu banyak orang untuk mengusir sepi. Tanpa harus ada kata-kata, kreativitas seperti musik, tulisan, dan seni membantu mengekspresikan emosi dengan baik.

Tak hanya itu, menciptakan sesuatu atau berkarya dengan kreativitas juga membuat seseorang lebih puas terhadap pencapaiannya. Ini dapat mengusir perasaan kesepian hingga sedih.

6. Memelihara hewan

Apabila sudah yakin Anda bisa berkomitmen merawat hewan peliharaan – bukan hanya sekadar lucu-lucuan saja – maka memiliki hewan peliharaan bisa jadi pilihan. Bahkan, sebuah riset pada tahun 2018 menemukan bahwa memiliki hewan dapat berdampak baik pada kondisi fisik dan mental.

Meski tak bisa diajak berdiskusi, hewan peliharaan selalu bisa hadir untuk menemani. Kehadiran makhluk hidup lain di sekitar bisa menjadi sumber ketenangan. Belum lagi tingkahnya yang lucu dapat mengusir stres jauh-jauh.

Tidak ada patokan apa jenis hewan peliharaan yang harus dimiliki. Bebas saja, yang penting yakin betul bahwa Anda bisa merawatnya dengan baik, terutama ketika sedang sakit.

7. Melakukan hobi

Apa aktivitas yang Anda sangat sukai hingga waktu tak terasa berlalu begitu cepat? Coba pilih itu sebagai sarana menyalurkan hobi di tengah rasa kesepian. Dengan melakukan hobi, ada rasa tenang dan merasa situasi berjalan normal.

8. Semua hanya sementara

Terpenting, pahami bahwa rasa sepi ini berlangsung hanya sementara. Manusia sebenarnya juga butuh momen untuk merenung dan mengenali dirinya sendiri. Coba cari celah ini apabila kerap merasa terjebak dalam rasa sepi terus menerus.

9. Isi rumah dengan suara

Ketika rasanya penjuru rumah atau ruangan terasa begitu hening, coba nyalakan suara yang bisa menghidupkan suasana. Contohnya beragam, mulai dari musik favorit, podcast, tayangan televisi favorit, atau menonton film. Tak perlu ditonton dari awal hingga tuntas karena bisa sembari melakukan hal lain.

Selain itu, bahkan membuka jendela rumah untuk mendengar burung atau suara alami lainnya bisa membantu Anda merasa terkoneksi dengan dunia luar.

Baca Juga

  • Hormati Privasinya, Coba 9 Cara Menghadapi Pacar Gangguan Panik
  • Manfaat Kabocha, Labu Kuning Jepang Kaya Vitamin untuk MPASI Si Kecil
  • 7 Cara Mengatasi Stres Saat WFH

Catatan dari SehatQ

Kesepian memang bisa terasa menyiksa. Terkadang, rasa sepi ini semakin menjadi-jadi setelah melihat apa yang diunggah orang lain lewat media sosial mereka. Jangan sampai Anda justru terjebak merutuki keadaan dan semakin merasa frustrasi karena paparan informasi yang sebenarnya sudah dikurasi itu.

Jadi, melakukan digital detox sangat bisa menjadi pilihan. Dengan demikian, Anda bisa berpikir lebih jernih tanpa bisingnya informasi dari sekitar.

Salah besar jika ada anggapan memutus akses dari media sosial akan membuat Anda semakin kesepian. Justru, Anda akan lebih bisa mengenali apa yang sebenarnya diperlukan tanpa membandingkan dengan orang lain.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pentingnya menyendiri, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan mentalmenjaga kesehatanpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved