10 Cara Mengusir Cicak di Rumah dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara mengusir cicak dari bahan alami yang ampuh dilakukan
Kehadiran cicak di dalam rumah dapat mengganggu bagi sebagian orang

Kehadiran cicak di dalam rumah dianggap dapat mengganggu bagi sebagian orang. Pasalnya, cicak seringkali mengeluarkan kotoran yang bisa saja jatuh di mana saja, termasuk furnitur rumah hingga di atas makanan. 

Kini, Anda tidak perlu bingung dan khawatir, ada berbagai cara mengusir cicak yang ampuh dilakukan. Dengan demikian, rumah Anda akan selalu bersih dan bebas dari cicak. 

Ragam cara mengusir cicak di rumah yang ampuh dilakukan

Cicak memang dapat mengurangi jumlah nyamuk dan serangga di dalam rumah. Akan tetapi, tetap saja kehadirannya kerap membuat sebagian besar orang merasa jengkel. Lantas, bagaimana cara mengusir cicak di rumah? Simak tipsnya di bawah ini:

1. Bawang putih

Letakkan bawang putih di beberapa area rumah sebagai cara mengusir cicak di rumah
Bawang putih bisa digunakan untuk mengusir cicak di rumah

Salah satu cara mengusir cicak di rumah adalah menggunakan bawang putih. Caranya, Anda cukup meletakkan beberapa butir bawang putih di beberapa area rumah. 

Anda juga bisa membuat jus bawang putih, masukkan ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan ke area dinding rumah yang sering dihinggapi cicak. Aroma bawang putih yang kuat membuat cicak enggan berkeliaran lagi. 

2. Bawang bombay

Cara mengusir cicak di rumah bisa menggunakan bawang bombay
Letakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah

Selain bawang putih, bawang bombay juga dapat digunakan sebagai cara mengusir cicak di rumah. 

Sama seperti langkah bawang putih di atas, Anda bisa meletakkan beberapa potongan bawang bombay di beberapa area rumah atau menyemprot dinding dengan jus bawang bombay. 

Aroma sulfur menyengat yang berasal dari bawang bombay membuat cicak tidak betah berada di dalam rumah Anda. 

3. Lada dan cabai bubuk

Jika cicak yang berkeliaran di rumah Anda sudah cukup mengganggu, Anda bisa menaburkan bubuk lada hitam dan cabai bubuk di pinggir lantai atau dinding tembok. Atau Anda bisa menyemprotkan campuran lada atau cabai bubuk dengan air secukupnya. 

Aroma lada dan cabai bubuk dapat membuat cicak enggan merayap di dinding tembok. 

4. Cabai kering

Cara mengusir cicak di rumah berikutnya adalah menggunakan cabai kering. Ya, selain menggunakan cabai bubuk, Anda bisa menaruh beberapa buah cabai kering di beberapa area rumah.

Sama seperti cabai bubuk, cabai kering juga dapat membuat cicak tidak tertarik berkeliaran lagi di dalam rumah Anda.  

5. Bubuk kopi

Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau sebagai cara mengusir cicak
Aroma menyengat dari bubuk kopi bisa membuat cicak menjauh

Sama halnya seperti kecoa, cicak juga membenci aroma menyengat yang berasal dari bubuk kopi. 

Untuk menimbulkan efek jera, Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau hingga merata, lalu taburkan di beberapa area rumah. Bubuk tembakau bisa berfungsi sebagai racun bagi cicak. 

6. Saus tabasco

Saus tabasco juga dapat menjadi salah satu cara mengusir cicak di rumah. Ya, jenis saus bercita rasa asam pedas ini dapat membuat cicak tidak lagi berkeliaran di dalam rumah Anda. 

Caranya, cukup campurkan 1-2 sendok makan saus tabasco dengan air secukupnya dalam botol semprot, lalu semprotkan ke dinding atau furnitur rumah Anda yang kerap dihinggapi cicak. 

7. Cangkang telur

Cara mengusir cicak lainnya adalah menggunakan cangkang telur
Taruh cangkang telur di beberapa area rumah yang sering didatangi cicak

Bau telur yang amis ternyata bisa membuat cicak menjauh. Namun, Anda tak perlu menaruh telur mentah yang sudah pecah sebagai cara mengusir cicak, cukup manfaatkan saja kulit atau cangkangnya. 

Gunakan isi telur untuk dimasak, tetapi jangan membuang kulitnya. Lalu, letakkan di beberapa area rumah yang sering didatangi cicak. 

Selain itu, cangkang telur juga dapat memberikan kesan menakutkan bagi cicak karena dianggap lebih besar dari tubuhnya. 

8. Cairan pemutih

Bersihkan area rumah yang sering dihinggapi cicak dengan cairan pemutih. Cicak membenci aroma bahan kimia yang berasal dari cairan pemutih atau jenis aroma lainnya yang dianggap membahayakan bagi dirinya. 

9. Mendinginkan ruangan

Cara mengusir cicak di rumah lainnya adalah menggunakan pendingin ruangan. Cicak merupakan jenis binatang berdarah panas. Ini artinya, cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin. 

Maka dari itu, Anda bisa melakukan cara mengusir cicak menggunakan pendingin ruangan, seperti air conditioner atau air cooler di dalam ruangan sehingga cicak tidak tertarik untuk datang. 

10. Menutup dan menyimpan makanan dengan rapat

Cara mengusir cicak yang sederhana, yakni dengan menutup semua makanan dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan. 

Anda juga bisa menutup makanan yang terletak di atas meja makan menggunakan tudung saji agar tidak dihinggapi oleh cicak. 

Ada berbagai cara mengusir cicak yang bisa Anda coba di rumah. Anda bisa memilih langkah mana yang cocok dan praktis untuk Anda lakukan. 

Home and Decor. https://www.homeanddecor.com.sg/design/home-tips/home-tips-get-rid-of-lizards-at-home-the-natural-way/

Diakses pada 14 Februari 2020

Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-get-rid-of-lizards-from-home-with-simple-and-effective-ways/

Diakses pada 14 Februari 2020

Women’s Weekly. https://www.womensweekly.com.sg/gallery/style/home-ideas/10-natural-ways-get-rid-lizards-home/

Diakses pada 14 Februari 2020

Artikel Terkait