Cara Mengurangi Hormon Androgen secara Medis dan Alami pada Wanita


Cara mengurangi hormon androgen pada wanita dapat dilakukan dengan terapi hormon di rumah sakit. Selain itu, Anda juga dapat mengiringi terapi tersebut dengan konsumsi kacang-kacangan, sumber-sumber omega 3, hingga teh

0,0
23 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengurangi hormon androgen pada wanita dapat dilakukan dengan terapi hormonTerapi untuk mengurangi hormon androgen dapat dilakukan dengan menggunakan obat oles
Cara mengurangi hormon androgen dapat bermanfaat bagi wanita yang mengalami hiperandrogen. Kondisi ini ditandai dengan kelebihan hormon seks pria (testosteron) di dalam tubuh wanita dan berpotensi membawa sejumlah dampak yang bisa diamati.
Androgen adalah sekelompok hormon yang berperan dalam sifat pria dan aktivitas reproduksi. Hormon tersebut di antaranya adalah hormon testosteron dan androstenedion.Hormon androgen juga ada di dalam tubuh wanita meskipun dalam kadar yang lebih sedikit. Salah satu fungsi utama hormon ini adalah untuk diubah menjadi hormon wanita bernama estrogen.Untuk mengetahui cara mengurangi kelebihan hormon androgen pada wanita dan pengaruhnya terhadap kesehatan, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab hiperandrogen

Beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan hiperandrogen atau kadar hormon androgen terlalu tinggi yang bisa memberikan sejumlah dampak pada tubuh wanita. Kondisi ini mungkin memerlukan cara mengurangi hormon androgen untuk mengatasinya.Kondisi kelebihan hormon testosteron pada wanita ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, di antaranya gangguan pada ovarium, gangguan kelenjar adrenal, penyakit kelenjar hipofisis, obesitas dan sindrom metabolik, serta obat-obatan yang dapat menyebabkan jerawat.

Dampak kelebihan hormon androgen pada wanita

Tingginya kadar hormon androgen berpotensi menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan dan memicu kemunculan sejumlah karakteristik pria pada tubuh wanita, seperti:
  • Kulit berminyak
  • Jerawat
  • infertilitas
  • Pertumbuhan rambut atau bulu tebal (hirsutisme), misalnya pada wajah (janggut dan kumis), tungkai, ketiak, dan area kemaluan
  • Suara lebih dalam (rendah) dengan laring yang menonjol
  • Kebotakan pola wanita (alopecia)
  • Kebotakan pola pria pada wanita
  • Menstruasi tidak teratur
  • Peningkatan massa otot dan ukuran payudara yang lebih kecil
  • Hidradenitis suppurativa, yaitu penyakit kulit kronis yang ditandai dengan munculnya benjolan berisi nanah pada area tertentu, seperti ketiak atau lipatan paha.
  • Pembesaran klitoris terkait dengan peningkatan libido (virilisasi)
  • Diabetes tipe 2 yang disebabkan resistensi insulin
  • Kegemukan atau obesitas.
Untuk membantu mengatasi kemunculan masalah-masalah di atas, Anda mungkin harus melakukan cara menurunkan testosteron pada wanita.

Cara mengurangi hormon androgen pada wanita

Cara mengurangi kelebihan hormon androgen pada wanita dapat dilakukan secara medis. Akan lebih baik lagi jika berbagai cara tersebut juga diiringi dengan perawatan alami di rumah.

Pengobatan medis

Kelebihan hormon androgen pada wanita dapat diobati dengan terapi hormon. Selain itu, pengobatan juga disesuaikan dengan kondisi yang dialami penderitanya.Untuk penderita hiperandrogen yang mengalami jerawat, pengobatan dapat meliputi krim topikal, antibiotik oral seperti tetrasiklin, antiandrogen (terapi hormon, termasuk pil KB), dan isotretinoin oral.Jika kelebihan hormon androgen menyebabkan obesitas pada wanita, pola makan sehari-hari juga perlu diperhatikan.

Pengobatan alami

Selain pengobatan medis, sejumlah pengobatan alami dengan mengatur asupan makanan dinilai bisa dijadikan cara menurunkan hormon androgen pada wanita.Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai cara mengurangi kelebihan androgen pada wanita.

1. Jamur reishi merah

Jamur reishi merah atau jamur ling zhi adalah jamur dari Jepang yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jamur ini mampu menghambat testosteron sehingga pada akhirnya dapat menurunkan risiko jerawat atau kebotakan.

2. Kacang-kacangan

Dilansir dari Very Well Health, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda pada kacang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi wanita dengan sindrom ovarium polikistik atau PCOS.Asam tersebut berperan dalam menstabilkan androgen, kadar insulin, dan kolesterol. Salah satu jenis kacang yang masuk ke dalam golongan ini adalah kacang kenari yang mampu meningkatkan kadar SHGB untuk mengikat testosteron bebas dan almond yang dapat menurunkan kadar androgen bebas.

3. Teh herbal

Cara mengurangi hormon androgen selanjutnya adalah dengan minum teh panas atau dingin. Dua teh herbal yang dapat dicoba adalah teh spearmint dan teh tanaman marjoram.
  • Konsumsi teh spearmint dinilai dapat membantu menurunkan kadar testosteron dan mengurangi tingkat hirsutisme.
  • Teh marjoram terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar androgen setelah dikonsumsi dua kali sehari selama satu bulan.

4. Ikan

Ikan air dingin merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi wanita dengan hiperandrogen. Asupan omega-3 juga membawa sejumlah pengaruh positif sebagai cara menurunkan testosteron pada wanita dengan PCOS.Konsumsi omega-3 dapat membantu mengurangi konsentrasi testosteron secara signifikan dan membantu membuat menstruasi lebih teratur.Itulah cara mengurangi hormon androgen pada wanita, baik secara medis atau alami. Tidak ada cara yang konkret untuk mencegah hiperandrogen. Meskipun demikian, penting sekali untuk menjalani gaya hidup sehat.Selalu jaga berat badan Anda dan periksa kondisi gula darah, kadar lipid, dan tekanan darah secara teratur untuk mencegah komplikasi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan wanitahormonterapi hormonal
Derm Net NZ. https://dermnetnz.org/topics/hyperandrogenism
Diakses 7 Oktober 2021
Top Doctors UK. https://www.topdoctors.co.uk/medical-dictionary/hyperandrogenism
Diakses 7 Oktober 2021
Healthy Women. https://www.healthywomen.org/your-health/androgen/overview
Diakses 7 Oktober 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/foods-to-lower-testosterone-2616293
Diakses 7 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait