Cara Mengonsumsi Madu untuk Diet, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini


Mengonsumsi madu untuk diet bisa dicoba dengan mencampurkannya bersama bahan-bahan alami lain. Misalnya, bawang putih, kayu manis, atau air perasan jeruk lemon. Madu juga bisa dipakai dalam diet hibernasi dan sebagai pengganti gula.

(0)
Mengonsumsi madu untuk diet bisa dilakukan sebagai pengganti gula ketika Anda ingin minum teh lemonMemanfaatkan madu untuk diet adalah dengan mencampurkannya ke dalam air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon
Madu sering digunakan sebagai pengganti gula. Bahkan, beberapa orang sengaja mengganti gula dan mengonsumsi madu untuk diet. Tapi apakah madu memang bisa dipakai untuk menurunkan berat badan?Mengonsumsi madu memang dapat membantu dalam mengikis berat badan. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya mendapat hasil maksimal. 

Cara mengonsumsi madu untuk diet

Mengonsumsi madu dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Tapi caranya tentu tak boleh sembarangan.Beberapa cara konsumsi madu untuk diet yang bisa Anda lakukan di rumah meliputi:

1. Dicampur dengan kayu manis dan air hangat

Penelitian tertentu menyebut bahwa mencampurkan kayu manis dan madu ke dalam air hangat, dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampur 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 1 sendok makan madu dalam secangkir air hangat (150ml). Lalu minumlah cairan ini dalam keadaan perut kosong.Belum diketahui pasti mengapa campuran ini dapat membantu untuk mengurangi berat badan. Namun, kemampuan kayu manis dalam mengontrol gula darah disebut menjadi salah satu faktornya. Pasalnya, gula darah yang tinggi akan meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

2. Dicampur air perasan lemon dan air hangat

Cara lain dalam memanfaatkan madu untuk diet adalah dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, yang sudah diberi perasan jeruk lemon. Agar mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah minuman ini di pagi hari, sebelum Anda memulai aktivitas.Kandungan asam amino, vitamin, dan mineral dalam madu sangat baik bagi metabolisme. Ketika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, makanan dicerna, diolah, dan digunakan dengan benar. Selain itu, lemak dalam tubuh Anda yang menjadi dalang kegemukan juga akan diubah menjadi energi sebagai bahan bakar kinerja tubuh.

3. Dijadikan perendam bawang putih

Bawang putih direndam dalam madu untuk diet
Konsumsi satu siung bawang putih yang telah direndam madu
Menurut studi Ayurveda, mengonsumsi bawang putih yang telah direndam dalam madu berpotensi menurunkan berat badan. Untuk menerapkan cara ini, rendamlah bawang putih dalam madu dan makan satu siung setiap hari sebelum sarapan.

4. Sebagai pengganti gula

Madu dapat digunakan sebagai bahan pengganti gula. Anda bisa mencampurnya dalam berbagai minuman, seperti teh dan air jeruk nipis. Anda juga dapat menambahkan madu ke oatmeal atau sandwich selai kacang untuk nutrisi tambahan. Pasalnya, mengonsumsi madu memiliki risiko kenaikan berat badan yang lebih rendah dibandingkan gula.

5. Sebagai diet hibernasi

Untuk melakukan diet hibernasi, Anda diharuskan mengonsumsi satu sendok (5 gram) madu sebelum tidur.  Dengan cara ini, madu akan membantu fungsi hati untuk memecah lemak dan menekan hormon stres ketika Anda tidur.

Manfaat mengonsumsi madu tak hanya untuk diet

Mengonsumsi madu tak hanya baik untuk diet. Makanan yang dihasilkan oleh lebah ini juga dapat memberikan beragam manfaat positif bagi tubuh Anda. Apa sajakah itu?

1. Mencegah penyakit akibat radikal bebas

Madu kaya akan kandungan antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid. Inilah yang membuatnya berpotensi melindungi Anda dari risiko terkena penyakit-penyakit akibat radikal bebas jika dikonsumsi madu secara rutin. Contoh penyakit ini meliputi penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengganti gula dengan madu dapat terhindar dari risiko terkena penyakit jantung. Menurut sebuah riset, mengonsumsi madu mampu menurunkan kadar trigliserida  hingga 19 persen. Madu juga membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan proses penyembuhan luka

Beberapa pengobatan tradisional kerap memanfaatkan madu untuk membantu proses penyembuhan luka. Madu tinggal dioleskan langsung ke permukaan kulit yang mengalami luka ringan. Mengoleskan madu untuk luka bakar juga sudah terbukti efektif dalam dunia medis, bahkan jika dibandingkan dengan terapi pengobatan standar.Kemampuan penyembuhan ini tidak lepas dari sifat antibakteri dalam madu, yang mampu menurunkan pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksiNamun ingatlah bahwa Anda sebaiknya tidak mengoleskan madu pada luka yang terbuka atau dalam. Madu juga dikatakan bisa dipakai sebagai pengobatan alternatif untuk masalah-masalah kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan herpes.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu turunkan tekanan darah
Mengonsumsi madu secara teratur dapat menurunkan tekanan darah
Menurut studi tertentu, mengonsumsi madu secara teratur dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah Anda. Manfaat madu ini muncul berkat kandungan antioksidannya. 

5. Meredakan batuk

Batuk merupakan infeksi saluran pernapasan atas yang umum terjadi. Untuk mengatasi batuk pada anak, madu tergolong efektif. Madu juga ditemukan dapat membantu dalam mengurangi gejala batuk dan meningkatkan kualitas tidur bila dibandingkan obat batuk. Meskipun begitu, madu tidak boleh diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun. Pasalnya, cairan manis ini dapat menyebabkan kondisi keracunan serius bernama botulisme.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi madu untuk diet memang butuh cara khusus agar hasilnya optimal dalam menurunkan berat badan. Mulai dari mencampurnya dalam air hangat bersama bahan alami lain, hingga sebagai pengganti gula.Namun, sama seperti halnya gula, konsumsi madu secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam darah, yang akan menjadi pemicu diabetes. Jadi konsumsilah madu dengan usia, takaran, dan cara yang benar.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai manfaat dan cara konsumsi madu untuk diet serta sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diet sehatmenurunkan berat badanantioksidanbawang putihmadu
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-honey-good-for-you
Diakses pada 13 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey
Diakses pada 13 Oktober 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/benefits-of-honey-in-weight-loss.html
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait