3 Cara Mengolah Kulit Manggis yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara mengolah kulit manggis tidak sulit dan mudah dilakukan
Kulit manggis juga dapat diolah menjadi beragam produk tertentu

Anda mungkin sudah tidak asing dengan ekstrak kulit manggis, apalagi produk kesehatan yang satu ini sudah banyak dipasarkan dalam bentuk suplemen. Ternyata, cara mengolah kulit manggis agar bermanfaat bagi kesehatan tersebut tidak sulit, lho.

Manggis (Garcinia mangostana) adalah buah eksotis yang tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Daging buahnya terasa manis dan asam, sedangkan kulitnya berwarna keunguan.

Manggis mendapat julukan sebagai ‘ratunya buah’, salah satunya karena kandungan antioksidan bernama xanthone yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Xanthone bukan hanya terdapat pada daging buah, namun juga pada bagian kulit.

Cara mengolah kulit manggis yang benar

Saat mengonsumsi manggis, orang biasanya memakan buahnya dan membuang kulitnya. Padahal, kulit manggis ini dapat diolah kembali untuk diambil khasiat kesehatannya sehingga Anda tidak perlu lagi membeli suplemen yang mengandung ekstrak manggis.

Tahukah Anda bahwa kulit buah manggis dapat diolah menjadi teh herbal, minuman, maupun bubuk kulit manggis yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan? Bagi Anda yang tertarik mencoba, berikut beberapa cara mengolah kulit manggis yang benar agar Anda mendapatkan manfaat dari kulit ratu buah ini.

1. Cara mengolah kulit manggis menjadi teh herbal

Untuk mendapatkan teh herbal dari kulit manggis, Anda hanya perlu melakukan langkah mudah berikut ini:

  • Bersihkan kulit manggis, pastikan tidak ada debu maupun bercak kuning yang menempel pada kulitnya.
  • Potong-potong kulit manggis
  • Rebus potongan kulit manggis di dalam air mendidih.

Air rebusan kulit manggis inilah yang diminum sebagai teh herbal. Anda dapat menambahkan bahan lain, seperti madu atau gula batu, untuk menambahkan rasa manis pada teh ini.

Sebagai alternatif, Anda pun bisa langsung menuangkan air panas di gelas berisi potongan kulit manggis yang sudah bersih. Tunggu hingga air panas berubah warna sebelum menikmatinya sebagai teh herbal.

2. Cara mengolah kulit manggis menjadi jus

Kulit manggis juga dapat diminum langsung seperti layaknya Anda meminum jus. Caranya:

  • Pilih kulit manggis yang masih segar, kemudian kerok bagian kulit dalamnya yang berwarna merah hingga ungu tua dan tidak terlalu keras
  • Tambahkan air matang dengan perbandingan 1:6 (100 gram kulit manggis berbanding 600 ml air) atau sesuai selera. Semakin banyak air, maka jus kulit manggis akan semakin encer
  • Proses kulit manggis tersebut dengan blender.

Jus kulit manggis ini sebaiknya langsung dikonsumsi setelah diproses. Jika didiamkan selama lebih dari 5 menit, maka jus tersebut akan menggumpal karena kulit manggis mengandung tannin yang membentuk koloidal dalam air.

3. Cara mengolah kulit manggis menjadi bubuk

Ekstrak kulit manggis bubuk dapat bertahan lebih lama dibanding teh atau jus. Bubuk kulit manggis yang tidak cepat basi dan bau ini sangat praktis dan membuat Anda tidak perlu repot mengolah kulit manggis setiap ingin menikmati khasiatnya.

Cara mengolah kulit manggis menjadi bubuk dibagi menjadi dua, yakni cara basah dan cara kering. Cara basah adalah dengan mengolah kembali jus kulit manggis seperti poin kedua, dengan menambahkan bahan kimia bernama maltodektrin, kemudian memprosesnya dengan mesin spray drying.

Bagi orang awam, metode ini mungkin tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, ada cara mengolah kulit manggis menjadi bubuk dengan lebih sederhana, yaitu:

  • Bersihkan kulit buah manggis segar
  • Jemur selama 2-3 hari di tempat yang terik, tapi tidak terkena polusi
  • Kulit manggis yang sudah kering dapat dihaluskan dengan cara digiling atau diblender.

Bubuk instan dari kulit manggis ini dapat langsung dikonsumsi dengan disedur air panas atau dimasukkan dalam kapsul dan dikonsumsi seperti suplemen kesehatan. Bubuk yang belum digunakan bisa disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Setelah mengetahui cara mengolah kulit manggis, Anda pun bisa membuat sendiri suplemen kesehatan yang kaya akan manfaat ini. Tertarik untuk mencoba?

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mangosteen
Diakses pada 28 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/273201-what-are-the-benefits-of-mangosteen-tea/
Diakses pada 28 Februari 2020

Jurnal Teknik Kimia Vol.10. http://eprints.upnjatim.ac.id/7000/1/1._EKSTRAK_KULIT_MANGGIS_BUBUK.pdf
Diakses pada 28 Februari 2020

Litbang Pertanian. http://jambi.litbang.pertanian.go.id/ind/images/PDF/DesyN4.pdf
Diakses pada 28 Februari 2020

Artikel Terkait