Cara Mengobati Tukak Lambung dengan Makanan untuk Lambung Luka

(0)
Ada berbagai jenis makanan untuk lambung luka yang baik dan buruk dikonsumsiSalah mengonsumsi makanan untuk lambung luka dapat memperparah gejala tukak lambung
Tukak lambung adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh iritasi atau luka di dinding lambung. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri H.pylori, konsumsi obat antinyeri berkepanjangan, dan hal-hal lainnya. Selain dengan konsumsi obat-obatan, makan makanan untuk lambung luka juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah tukak lambung kambuh.

Makanan untuk lambung luka yang sebaiknya dikonsumsi

Pada dasarnya, minum obat tukak lambung merupakan cara mengobati luka lambung yang paling utama. Obat tukak lambung dari dokter dapat menetralkan asam lambung dan melindungi dinding lambung agar kondisi tukak (luka) semakin parah.Namun, Anda juga bisa mengonsumsi makanan untuk lambung luka guna meredakan gejala yang kambuh sekaligus mencegahnya datang lagi. Lantas, apa saja makanan untuk lambung luka yang sebaiknya dikonsumsi?

1. Makanan mengandung probiotik

yogurt adalah salah satu makanan untuk lambung luka
Yogurt berfungsi melawan bakteri jahat penyebab tukak lambung
Probiotik adalah jenis mikroorganisme hidup yang berperan untuk melawan bakteri jahat dalam sistem pencernaan.Manfaat mengonsumsi probiotik sebagai salah satu makanan untuk lambung luka adalah melawan infeksi bakteri H.pylori penyebab tukak lambung sekaligus mencegah timbulnya luka pada lambung di kemudian hari.Hal ini karena probiotik dipercaya dapat merangsang produksi lendir yang melindungi lambung dari iritasi cairan asam.Sebuah hasil studi juga mengemukakan bahwa mengonsumsi probiotik juga dapat mempercepat proses penyembuhan lambung luka apabila disertai dengan minum obat-obatan antibiotik.Beberapa makanan atau minuman yang mengandung probiotik, antara lain yogurt, kimchi, tempe, kefir, miso, dan kombucha.

2. Makanan tinggi flavonoid

Sebuah penelitian menyarankan makan makanan yang mengandung flavonoid sebagai makanan untuk lambung luka yang disarankan.Flavonoid adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi pencernaan, khususnya lambung, dari infeksi dan kerusakan. Flavonoid juga diyakini dapat membantu melawan infeksi H.pylori dan mempercepat penyembuhan luka di dinding lambung.Beberapa jenis minuman dan makanan tinggi flavonoid, yakni:
  • Kacang kedelai
  • Polong-polongan
  • Brokoli
  • Kubis
  • Apel
  • Buah beri
  • Anggur merah
  • Teh hijau
Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, menurut penelitian dari Linus Pauling Institute, mengonsumsi flavonoid secara berlebihan dapat berisiko memicu penggumpalan darah.Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak jumlah asupan flavonoid yang tepat untuk Anda konsumsi per hari.

3. Makanan berserat

Makanan mengandung tinggi serat adalah jenis makanan untuk lambung luka
Makanan untuk lambung luka yang baik adalah mengandung serat tinggi
Makanan untuk lambung luka berikutnya adalah yang mengandung tinggi serat.Ya, makanan berserat baik untuk membantu penyembuhan tukak lambung. Tak hanya itu, serat diketahui dapat menurunkan jumlah asam di lambung sehingga meredakan gejala kembung dan nyeri.Makanan tinggi serat bisa Anda dapatkan melalui ragam buah-buahan dan sayuran, seperti apel, pir, pepaya, sayuran hijau, hingga oatmeal dan biji-bijian.

4. Makanan mengandung vitamin A

Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa makanan mengandung vitamin A dipercaya dapat mengatasi nyeri tukak lambung dan mencegah kekambuhannya di kemudian hari.Makanan tinggi vitamin A yang bisa menjadi pilihan makanan untuk lambung luka adalah ubi, bayam, wortel, blewah, dan hati sapi.

5. Makanan tinggi vitamin C

Makanan mengandung vitamin C yang tinggi dapat melindungi lapisan perut dari kondisi tukak lambung. Manfaat vitamin C juga berperan penting dalam menyembuhkan luka lambung akibat infeksi.Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C sebagai makanan untuk lambung luka yang berasal dari paprika merah, jeruk, stroberi, kiwi, dan brokoli.

Minuman dan makanan untuk lambung luka yang sebaiknya dibatasi atau dihindari

Beberapa penderita tukak lambung mungkin ada yang mengalami gejala asam lambung naik (acid reflux disease).Akibatnya, ada beberapa jenis makanan yang memungkinkan asam dan makanan naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan heartburn, gangguan pencernaan, dan rasa tidak nyaman.Maka dari itu, ada beberapa jenis makanan untuk lambung luka yang sebaiknya dikurangi atau dibatasi konsumsinya, yakni:

1. Makanan pedas dan berlemak

Makanan bercita rasa pedas atau berlemak bisa menyebabkan asam lambung naik. Asam lambung naik dapat meningkatkan risiko perut terasa perih dan kembung yang semakin parah saat tukak lambung kambuh.Maka dari itu, hindari makanan untuk lambung luka satu ini sebagai cara mengobati tukak (luka) di lambung Anda.

2. Buah-buahan citrus

makanan untuk lambung luka berikutnya adalah buah-buahan citrus
Buah-buahan bercita rasa asam dapat memperparah gejala tukak lambung
Gejala tukak lambung mungkin saja semakin parah apabila Anda mengonsumsi makanan asam, seperti buah-buahan citrus (jeruk, lemon, jeruk nipis) dan tomat.Meski belum ada hasil penelitian yang menunjukkan efeknya pada tukak lambung, ada baiknya penderita tukak lambung membatasi atau menghindarinya sementara waktu sampai kondisi Anda membaik.

3. Susu

Minum susu tidak disarankan bagi Anda yang memiliki tukak lambung.Susu diketahui dapat memperparah kondisi luka di lambung. Selain itu, susu dipercaya dapat memperbanyak produksi asam yang dapat semakin mengiritasi dinding lambung.Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum susu sampai kondisi luka di lambung Anda membaik.

4. Kopi dan minuman ringan lainnya

Kopi adalah jenis minuman dan makanan untuk lambung luka yang sebaiknya dihindari
Kafein pada kopi dapat mengiritasi lapisan dinding lambung
Kopi, minuman bersoda, serta jenis minuman ringan lainnya sebaiknya dihindari sebagai cara mengobati tukak lambung.Sebab, kafein, gula tambahan, dan soda mungkin dapat semakin mengiritasi lapisan dinding lambung sehingga memperparah gejala luka di lambung Anda.

5. Alkohol

Alkohol dapat menjadi salah satu penyebab gejala tukak lambung kambuh. Konsumsi alkohol menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada dinding lambung dan memperparah kondisi lukanya.Selain itu, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengiritasi dan mengikis lapisan mukosa di perut dan usus Anda. Akibatnya, peradangan dan perdarahan pada lambung bisa saja terjadi.Maka, sebaiknya berhenti mengonsumsi alkohol sebagai cara mengobati tukak lambung yang ampuh.Berbagai jenis minuman dan makanan untuk lambung luka di atas mungkin belum tentu efektif bagi setiap penderita tukak lambung.Sebab, mereka memiliki gejala tukak lambung yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, makanan untuk lambung luka tidak dapat disamaratakan bagi seluruh penderita tukak lambung.Sebaiknya, lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai makanan untuk lambung luka yang baik dan buruk dikonsumsi.Dokter akan memberikan rekomendasi menu makanan sehari-hari guna mencegah gejala tukak lambung agar tidak kambuh lagi.
makanan sehattukak lambungtukak lambung
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-home-remedies-ulcers#cranberry
Diakses pada 1 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peptic-ulcer/diagnosis-treatment/drc-20354229
Diakses pada 1 Juli 2020
Web Md. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-stomach-ulcers-best-worst-foods
Diakses pada 1 Juli 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26051728/
Diakses pada 1 Juli 2020
Oregon State University. https://lpi.oregonstate.edu/mic/dietary-factors/phytochemicals/flavonoids
Diakses pada 1 Juli 2020
Molecules. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19305355/
Diakses pada 1 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait