9 Cara Mengobati Telinga Berdengung Secara Medis dan Alami

(0)
20 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati telinga berdengung sangat beragam, salah satunya yoga dan meditasi.Cara mengobati telinga berdengung secara medis dapat dilakukan dengan obat antidepresan.
Telinga berdengung dikenal dengan sebutan tinnitus. Kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan penderitanya jika tidak segera diatasi. Cara mengobati telinga berdengung cukup beragam, mulai dari yoga, meditasi, hingga mencoba terapi suara.Selain itu, ada pula pengobatan telinga berdengung secara medis yang dapat dicoba. Mari kita kenali lebih jauh seputar pilihan pengobatan tinnitus yang bisa Anda pilih.

9 cara mengobati telinga berdengung

Tinnitus adalah kondisi medis yang ditandai dengan suara berdengung di telinga. Para penderitanya dapat mendengar suara yang berbeda-beda, mulai dari yang pelan hingga yang kencang.Sebagian pengidap tinnitus dapat mendengar suara berdengung itu di satu telinga atau keduanya. Jika tidak ditangani, tinnitus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah berbagai cara mengobati telinga berdengung yang bisa dilakukan.

1. Meditasi

Suara berdengung yang disebabkan oleh tinnitus dapat menyebabkan munculnya stres dan gangguan cemas pada penderitanya. Jadi, dokter biasanya akan menyarankan pasien tinnitus untuk melakukan aktivitas yang dapat membuat pikiran rileks, misalnya meditasi.Namun, Anda perlu memahami bahwa meditasi hanya akan membantu mengatasi rasa stres dan gangguan cemas yang ditimbulkan oleh tinnitus, bukan suara berdengungnya. Jadi, konsultasi ke dokter tetap diperlukan.

2. Yoga

Yoga bisa menjadi cara mengobati telinga berdengung secara alami
Yoga bisa dicoba sebagai cara mengobati telinga berdengung
Sama seperti meditasi, cara mengobati telinga berdengung yang satu ini akan membantu Anda menghilangkan rasa stres dan gangguan cemas yang ditimbulkan tinnitus.Melakukan yoga dianggap ampuh untuk membuat pikiran menjadi tenang sehingga rasa stres akibat suara berdengung di telinga dapat diatasi.Layaknya meditasi, yoga hanya bisa membantu pasien tinnitus untuk mendapatkan ketenangan jiwa saja, tapi tak bisa menghilangkan suara berdengungnya. Maka dari itu, di samping melakukan yoga, periksakan diri Anda ke dokter.

3. Olahraga

Olahraga dianggap sebagai salah satu cara mengobati telinga berdengung yang ampuh.Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, telinga berdengung dapat disebabkan oleh gangguan mental, seperti stres, depresi, gangguan cemas, hingga kekurangan jam tidur.Dengan berolahraga, berbagai penyebab tinnitus tersebut dapat dicegah sehingga telinga berdengung tak akan menyerang.

4. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok yang mengalami telinga berdengung, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sebab, merokok hanya akan membuat gejala tinnitus semakin parah.Kebiasaan merokok bisa mengganggu aliran darah ke sel saraf sensitif yang mengontrol pendengaran Anda. Jika hal ini terjadi, suara berdengung di telinga akan semakin kencang.

5. Dengarkan suara yang menenangkan

Saat keadaan sedang sepi, suara berdengung di telinga akibat tinnitus dapat terdengar lebih keras dan jelas. Untuk mengatasinya, cobalah dengar suara yang menenangkan.Suara ini dapat datang dari mana saja, misalnya lagu-lagu favorit Anda, mendengarkan radio, atau menyalakan kipas angin.Selain itu, cobalah aplikasi white noise yang bisa menghadirkan suara-suara alam, seperti ombak, kicauan burung di hutan, atau rintik hujan.

6. Kenali pemicu tinnitus pada diri Anda

Cara mengobati telinga berdengung sangat beragam
Kenali pemicu tinnitus pada diri Anda untuk mencegahnya
Setiap orang memiliki pemicu tinnitus yang berbeda-beda. Mengenal pemicu tersebut dapat membantu Anda mengobati tinnitus secara alami, bahkan mencegahnya di masa yang akan datang.Selain dapat mengundang suara berdengung di telinga, beberapa pemicu seperti kafein, alkohol, obat-obatan aspirin, hingga garam dapat memicu gejala tinnitus.

7. Tidur teratur

Terkadang, pola tidur yang tidak teratur dapat memperparah kondisi tinnitus. Tidak hanya itu, kekurangan jam tidur juga bisa menyebabkan suara berdengung di telinga semakin parah.Untuk mengatasinya, cobalah untuk meningkatkan jam dan kualitas tidur. Jika memang Anda mengalami gangguan tidur, ikuti beberapa tips ini:
  • Matikan lampu dan sejukkan suhu kamar
  • Gunakan kipas angin untuk menghadirkan white noise
  • Rencanakan tidur di jam yang sama setiap hari
  • Pastikan menggunakan bantal, guling dan kasur yang nyaman
  • Hindari olahraga, makan, dan konsumsi alkohol sebelum jam tidur.
Jika memang Anda masih kesulitan tidur, tidak ada salahnya datang ke dokter untuk meminta bantuan medis.

8. Obat-obatan antidepresan dan gangguan cemas

Dalam sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Medical Science Monitor, obat-obatan untuk mengatasi gangguan cemas bernama alprazolam ternyata ampuh sebagai cara mengobati telinga berdengung.Menurut Asosiasi Tinnitus Amerika, berbagai obat antidepresan, seperti clomipramine, desipramine, imipramine, nortriptyline, hingga protriptyline, juga ampuh meredakan gejala tinnitus.Namun ingat, berkonsultasilah dulu sebelum mencoba berbagai obat-obatan di atas. Tanpa anjuran dari dokter, obat-obatan di atas dikhawatirkan dapat memunculkan efek samping yang merugikan.

9. Alat bantu dengar

Ada kalanya cara mengobati suara berdengung mengharuskan penderita tinnitus untuk menggunakan alat bantu dengar. Biasanya, hal ini terjadi pada pasien tinnitus yang berisiko mengalami gangguan pendengaran.Dalam sebuah studi dalam jurnal The Hearing Review, alat bantu dengar terbukti bisa membantu 60 persen penderita tinnitus dalam mengatasi suara berdengung di telinganya. Selain itu, 22 persen partisipan mengalami penurunan suara berdengung secara signifikan.Untuk memahami cara mengobati suara berdengung yang lebih jelas lagi, Anda disarankan untuk datang ke dokter dan berkonsultasi. Dengan begitu, dokter bisa mengetahui apa penyebab suara berdengung yang Anda rasakan, guna mencari pengobatan terbaiknya.

Penyebab suara berdengung (tinnitus) yang harus diwaspadai

Selain memahami berbagai cara mengobati telinga berdengung di atas, Anda juga harus tahu apa saja penyebab tinnitus. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kedatangan tinnitus.Berikut adalah berbagai penyebab tinnitus yang harus diwaspadai:
  • Cedera kepala dan leher
  • Infeksi telinga
  • Terdapat benda asing yang masuk ke dalam telinga dan menyentuh gendang telinga
  • Masalah pada saluran eustachius (telinga tengah)
  • Gangguan sendi temporomandibular
  • Tulang telinga bagian tengah yang mengeras
  • Cedera otak traumatis
  • Penyakit kardiovaskular
  • Diabetes.
Jika penyebab suara berdengung di telinga sudah diketahui, dokter bisa lebih mudah untuk menentukan penanganan yang paling tepat untuk atasi tinnitus.

Catatan dari SehatQ:

Tinnitus adalah masalah telinga berdengung yang tidak boleh disepelekan. Kondisi ini dapat ditangani dengan berbagai cara, mulai dari alami seperti meditasi, yoga, berhenti merokok, dan mengenali pemicunya; hingga secara medis melalui alat bantu dengar dan obat-obatan antidepresan.Untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara mengobati telinga berdengung, langsung saja bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitkebersihan telingatinnitusinfeksi telinga
Healthline. https://www.healthline.com/health/tinnitus-remedies
Diakses pada 6 Oktober 2020
Tinnitus. https://www.tinnitus.org.uk/7-home-remedies-for-ringing-in-the-ears
Diakses pada 6 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/living-with-tinnitus#1
Diakses pada 6 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/156286#causes
Diakses pada 6 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait