Cara Mengobati Sariawan di Langit-langit Mulut dengan Obat Medis dan Rumahan


Cara mengobati sariawan di langit mulut dapat dengan penggunaan obat topikal, berkumur dengan air garam atau air baking soda, serta seduhan teh chamomile.

0,0
14 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati sariawan di langit-langit mulu adalah kumur air garam, mengoleskan obat sariawan, hingga kumur air baking sodaCara mengobati sariawan di langit-langit mulut salah satunya dengan obat oles
Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi di berbagai area pada rongga mulut, termasuk di langit-langit mulut. Pengobatan sariwan di langit-langit mulut tidak jauh berbeda dengan sariawan yang mucul di area rongga mulut yang lain. Anda bisa menggunakan obat oles yang banyak tersedia di apotek ataupun pengobatan dengan bahan-bahan alami.
Sama halnya dengan sariawan pada area lainnya, sariawan di langit-langit mulut juga dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti sakit, perih, hingga kesulitan makan. Beberapa jenis sariawan bahkan dapat terasa sangat menyakitkan bahkan menyebabkan demam serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab sariawan di langit-langit mulut

Konsumsi obat golongan NSAID bisa picu sariawan di langit-langit mulut
Konsumsi obat NSAID bisa picu sariawan di langit-langit mulut
Sariawan di langit-langit mulut bisa muncul karena beberapa hal, termasuk stres atau cedera pada area tersebut. Kondisi ini juga mungkin dipicu dan diperburuk oleh beberapa hal, seperti: 
  • Konsumsi buah dan sayuran yang bersifat asam
  • Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)
  • Tertusuk benda yang menyebabkan cedera seperti: permukaan gigi yang runcing, sikat gigi, kawat gigi atau peralatan gigi lainnya yang dapat memicu luka dan menyebabkan sariawan.
  • Terpapar alergen pada makanan, pasta gigi atau obat kumur
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan tukak lambung
Sariawan kompleks dapat dialami oleh pasien dengan penyakit sistem kekebalan tubuh seperti penyakit radang saluran pencernaan, lupus dan AIDS, atau pada pasien dengan masalah gizi.Baca Juga: Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mengobatinya

Cara mengobati sariawan di langit-langit mulut

Sariawan bisa diobati dengan obat oles topikal
Obat sariawan bentuk salep bisa redakan rasa nyeri
Sariawan di langit mulut umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, ada beberapa cara mengobati sariawan di langit-langit mulut yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan.

1. Obat topikal

Obat topikal adalah obat yang diaplikasikan langsung pada sariawan, bisa dengan dioles atau disemprot, tergantung dari sediaan obat. Obat sariwaan ini dapat meredakan peradangan, menghilangkan rasa sakit serta mencegah infeksi.Jenis obat topikal yang bisa dipakai untuk mengobati sariawan di langit-langit mulut antara lain:
  • Obat nyeri topikal: Merupakan obat yang dijual bebas dan dapat digunakan untuk menghilangkan sakit di area sekitar sariawan, misalnya obat oral benzokain gel dan lidokan.
  • Obat anti-inflamasi topikal: Obat sariawan yang mengandung steroid dan penggunaannya harus menggunakan resep dokter seperti triamcinolone acetonide atau fluocinonide. Obat-obatan biasanya dipakai untuk sariawan yang disebabkan oleh gangguan sistem imun atau terjadi rutin setiap menstruasi.
  • Antibiotik topikal: Obat-obatan ini dapat diresepkan oleh dokter jika sariawan disebabkan karena infeksi bakteri.

2. Air garam

Kumur air garam adalah salah satu cara mengobati sariawan di langit-langit mulut yang praktis dan aman.Untuk melakukannya, cukup larutkan 1 sendok teh garam dalam 1/2 cangkir air hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik. Ulangi cara ini setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

3. Madu

Madu telah lama diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dipercaya dapat membantu menyembuhkan sariawan langit-langit mulut secara alami.Mengoleskan madu di area sariawan dinilai dapat mengurangi nyeri, ukuran, dan kemerahan pada sariawan, serta membantu mencegah infeksi sekunder. Untuk menggunakannya, cukup oleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari.

4. Teh chamomile

Bunga chamomile mengandung senyawa azulene dan levomenol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Gunakan kantong teh chamomile untuk mengompres sariawan selama beberapa menit.Anda juga dapat menggunakan seduhan teh chamomile untuk berkumur selama tiga sampai empat kali sehari.

5. Larutan baking soda

Cara mengobati sariawan di langit-langit mulut lainnya adalah dengan menggunakan larutan baking soda. Bahan ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH di rongga mulut dan mengurangi peradangan, sehingga mendukung penyembuhan sariawan.Untuk membuat obat sariawan menggunakan baking soda, larutkan 1 sendok teh baking soda dalam 1/2 gelas air. Gunakan larutan untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik dan ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

6. Yogurt

Yogurt dipercaya dapat menjadi pilihan cara mengobati sariawan secara alami, terutama yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori. Sebab, lactobacillus yang ada pada yogurt dinilai dapat membantu membasmi H. pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus. Untuk mencegah dan mengobati sariawan, sebaiknya konsumsi satu cup yogurt setiap hari.

7. Permen yang mengandung zinc

Permen pelega tenggorokan yang mengandung zinc (seng) dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab sariawan. Mengonsumsi pelega tenggorokan ini juga dapat membantu mempercepat waktu penyembuhan sariawan.Untuk membantu penyembuhan lebih cepat, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan sariawan semakin parah seperti mengonsumsi makanan asam, menyikat gigi terlalu keras atau paparan alergen.Itulah penyebab sariawan di langit mulut dan cara mengobatinya. Segera hubungi dokter gigi jika sariawan terasa sangat menyakitkan, menyebabkan kesulitan minum, memiliki ukuran sangat besar, menyebar, atau berlangsung 3 minggu lebih. Waspadai juga jika sariawan disertai demam tinggi.
kesehatan mulutsariawan
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10945-canker-sores
Diakses 1 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/canker-sores
Diakses 1 November 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/canker_sores/article.htm#what_14_natural_or_home_remedies_cure_canker_sores
Diakses 1 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-canker-sores
Diakses 1 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait