Cara Mengobati Sakit Ulu Hati dengan Jahe, Benarkah Efektif?

(0)
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe bisa dicoba untuk meringankan gejalaMinum air atau teh jahe diyakini bisa meredakan sakit ulu hati yang disertai mual
Selain dengan obat medis, cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe mungkin bisa Anda coba untuk meringankan gejala. Apa itu sakit ulu hati? Sakit ulu hati atau heartburn adalah suatu kondisi tidak nyaman di antara bagian bawah tulang dada dan pusar.Banyak orang merasa sakit di ulu hati sesaat setelah makan. Sebagian besar kondisi heartburn disebabkan oleh refluks asam lambung dan penyakit maag.Jika benar disebabkan oleh kenaikan asam lambung dan penyakit maag, sakit ulu hati juga disertai dengan gejala perut kembung, mual, atau perut mulas.Lantas, seberapa ampuh cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe?

Keefektifan cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe

Jahe merupakan salah satu rempah alami yang sudah turun-temurun dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan.Pasalnya, jahe mengandung antioksidan dan senyawa kimia lain yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk mengobati sakit ulu hati yang disebabkan oleh refluks asam lambung dan penyakit maag.Senyawa fenolat pada jahe dipercaya mampu meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung.Cara ini dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan.
Cara mengobati ulu hati dengan jahe belum tentu efektif
Minum jahe diyakini dapat mengobati nyeri ulu hati akibat refluks asam lambung dan sakit maag
Selain itu, jahe juga mempunyai sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Cancer Prevention Research membuktikan manfaat jahe satu ini.Para ahli menemukan bahwa gejala peradangan dalam tubuh jadi mereda setelah mengonsumsi suplemen jahe selama satu bulan.Rempah alami ini juga diyakini dapat meredakan mual, nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan pada tubuh.
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter
Konsultasikan dengan dokter sebelum konsumsi jahe untuk mengobati sakit ulu hati
Meski banyak klaim manfaat jahe sebagai cara mengobati sakit ulu hati, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.Sebab, hasil studi yang sudah ada baru sebatas membuktikan jahe sebagai obat asam lambung alami untuk mengatasi gejala mual.Para ahli masih belum mengetahui keamanan cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe ataupun dengan bahan-bahan alami lainnya.Maka dari itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe.

Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe yang aman

Walaupun baru sedikit bukti yang menyatakan perihal cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe, jika Anda mau mencoba konsumsi jahe untuk sakit ulu hati sebenarnya boleh-boleh saja.Anda bisa langsung mengunyah jahe mentah-mentah, membuat teh jahe atau madu jahe, serta mencampurkannya dalam masakan.
Cara mengobati ulu hati dengan jahe bukan berarti menggantikan obat asam lambung dari dokter
Konsultasikan dengan dokter sebelum minum jahe untuk mengobati nyeri ulu hati
Jika tertarik menerapkan cara mengobat sakit ulu hati dengan jahe, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah dosis sedikit terlebih dulu.Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi jahe justru dapat memperburuk gejala asam lambung naik dan penyakit maag, termasuk sakit ulu hati.
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe sebaiknya dalam dosis yang sedikit
Gunakan 1-2 sendok teh jahe segar untuk mengobati nyeri ulu hati
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe yang aman adalah menggunakan sebanyak kurang lebih 2-4 gram jahe atau setara dengan 1-2 sendok teh untuk membuat teh jahe atau membubuhkannya dalam masakan.Sebaiknya, coba dosis sedikit demi sedikit, lalu rasakan perubahannya dalam tubuh Anda.Apabila kondisi perut Anda baik-baik saja dan sakit ulu hati mereda, Anda boleh menggunakan jahe sebagai cara mengobati sakit ulu hati dengan rutin.Sebaliknya, segera hentikan penggunaannya kalau gejala refluks asam lambung dan penyakit maag justru semakin parah karenanya.

Adakah efek samping cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe?

Cara mengobati nyeri ulu hati dengan jahe biasanya dilakukaan saat refluks asam lambung dan penyakit maag
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe tetap bisa menimbulkan efek samping ringan
Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe dalam dosis yang kecil mungkin dapat menimbulkan efek samping ringan, seperti perut bergas atau perut kembung.Efek samping cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe yang tergolong berat disertai dengan kondisi semakin parah dan perut mulas juga mungkin saja terjadi.Terlebih, apabila Anda mengonsumsinya dengan jumlah lebih dari 4 gram dalam waktu 24 jam.Selain itu, efek samping cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe dapat muncul bila Anda menggunakan jahe bubuk. Ini karena jahe bubuk biasanya disertai kandungan lain yang terdapat di dalamnya.Jadi, sebaiknya gunakan jahe segar guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.

Catatan dari SehatQ

Cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifannya.Tapi, sah-sah saja jika Anda tertarik mengonsumsinya untuk meredakan gejala penyakit.Terlebih, yang paling penting cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe bukan ditujukan menggantikan obat asam lambung yang diresepkan oleh dokter.Jika ingin mencoba cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe, lakukan dengan aman melalui cara di atas. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.Apabila cara mengobati sakit ulu hati dengan jahe tidak kunjung meredakan gejala, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
asam lambungmaaggerdjahe
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/ginger-for-acid-reflux
Diakses pada 30 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314886#what-to-drink
Diakses pada 30 September 2020
Web Md. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/indigestion#1
Diakses pada 30 September 2020
Cancer Prevention Research. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21990307/
Diakses pada 30 September 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/401774-is-ginger-safe-with-gerd/
Diakses pada 30 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait