Kenali 12 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dari Rumah

(0)
20 May 2019|Anita Djie
Cara mengatasi sakit pinggang dari rumahPergi ke rumah sakit bukanlah satu-satunya cara mengobati sakit pinggang.
Umumnya, sakit pinggang bukanlah sesuatu yang mengancam nyawa dan dapat diobati di rumah tanpa harus ke dokter. Namun, sakit pinggang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Cara mengobati sakit pinggang tidaklah sulit dan dapat dengan mudah dilakukan.Sakit pinggang biasanya datang tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kondisi ini berlangsung kurang lebih enam minggu. Beberapa hal, seperti mengangkat benda berat atau cedera karena olahraga, bisa menyebabkan sakit pinggang. Namun, Anda tidak perlu merintih kesakitan di rumah karena terdapat beberapa cara mengobati sakit pinggang yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.[[artikel-terkait]]

12 Cara mengatasi sakit pinggang

Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk mengobati sakit pinggang. Bila masih belum ada perubahan dan rasa sakit berlangsung selama lebih dari tiga bulan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.
aktifitas fisik

1. Aktivitas fisik

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi dapat membuat otot menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko cedera. Salah satu cara mengobati sakit pinggang adalah dengan berolahraga kurang lebih 20 sampai 30 menit.Olahraga yang dapat membantu adalah jenis olahraga aerobik, fleksibilitas, dan latihan kekuatan. Olahraga juga perlu difokuskan pada bagian perut dan punggung karena kedua bagian tersebut menopang tulang belakang bagian bawah. Hal ini menjadi salah satu cara mengobati sakit pinggang yang ampuh.Olahraga air seperti berenang merupakan salah satu aktivitas fisik yang efektif untuk mengobati sakit pinggang. Hal ini dikarenakan olahraga di air termasuk jenis aktivitas yang fisik minim dampak (low impact exercise).Dilansir dari laman McMaster University di Kanada, olahraga yoga juga terbukti efektif untuk mengobati sakit pinggang kronis. Rutin melakukan yoga akan membuka jalan bagi otot-otot pinggang untuk bekerja lebih optimal dan membantu tubuh bergerak memenuhi kapasitas rentang gerak terbaiknya.

2. Kompresan dingin dan kantong pemanas

Kombinasi dari kompresan dingin dan kantong pemanas dapat menjadi alternatif cara mengobati sakit pinggang. Kompresan dingin mengurangi peradangan dan rasa sakit di pinggang. 48 jam setelah menaruh kompresan dingin, Anda dapat menaruh kantongan pemanas pada pinggang untuk melemaskan otot, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi sakit pinggang. Namun, kantongan pemanas hanya berguna pada minggu pertama saja.

3. Kurangi berbaring di tempat tidur

Berbaring di tempat tidur bukanlah cara mengobati sakit pinggang yang efektif. Anda perlu untuk tetap bergerak agar otot tidak menjadi kaku. Namun, jika sakit pinggang terasa sangat menyakitkan Anda dapat berbaring selama beberapa jam.
peregangan otot paha

4. Regangkan otot paha belakang

Otot paha belakang yang tegang dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Peregangan otot paha belakang dapat menjadi cara mengobati sakit pinggang. Namun, Anda perlu meregangkan otot paha belakang secara perlahan agar tidak menambah rasa sakit di pinggang. Peregangan otot paha belakang dapat dilakukan setidaknya dua hari sekali.

5. Berdiri sejenak

Postur tubuh yang membungkuk di kursi saat bekerja dapat meningkatkan risiko sakit pinggang. Anda dapat berdiri setiap 20 menit dan meregangkan tubuh. Anda juga dapat mengatur posisi duduk agar Anda tidak perlu membungkuk saat bekerja di depan komputer.

6. Jangan merokok

Merokok dapat berkontribusi meningkatkan osteoporosis yang dapat memicu sakit pinggang. Berhenti merokok adalah salah satu langkah yang dapat diambil sebagai cara mengobati sakit pinggang.
menurunkan berat badan

7. Turunkan berat badan

Berat badan berlebih dapat memberikan tekanan lebih kepada tulang belakang yang menyebabkan sakit pinggang. Menurunkan berat badan dapat mengurangi sakit pinggang yang dirasakan. Anda dapat melakukan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan berlebih.

8. Tingkatkan hormon endorfin

Hormon endorfin adalah hormon yang dapat membantu untuk menghalangi sinyal rasa sakit menuju ke otak. Hormon endorfin dapat mengurangi sakit pinggang, rasa cemas, stres, dan depresi. Peningkatan hormon endorfin dapat dilakukan dengan meditasi, pijat, olahraga, dan bercinta.

9. Lakukan aktivitas yang membahagiakan

Melakukan aktivitas yang membahagiakan dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan seperti bersosialisasi dengan teman, menyesap teh atau kopi hangat, dan sebagainya.

10. Gunakan obat dari apotek

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, atau naproxen dapat Anda pilih untuk mengobati sakit pinggang ringan yang bersifat akut.Jenis obat-obatan ini mampu menghambat produksi prostaglandin yang menyebabkan sakit dan peradangan di area pinggang, kemudian mempercepat proses penyembuhan nyeri Anda.

11. Meditasi

Sakit punggung kronis tidak hanya mengganggu fisik melainkan juga emosional. Untuk mengatasi rasa frustrasi, mudah marah, depresi, dan aspek psikologis lain yang berhubungan dengan nyeri kronis, Anda mungkin akan dirujuk ke psikolog rehabilitasi.Spesialis ini umumnya akan merekomendasikan meditasi, yoga, tai chi, atau metode relaksasi lainnya agar pikiran Anda tidak berfokus pada rasa sakit.

12. Gunakan koyo

Dilansir dari laman Medscape, sakit pinggang diketahui dapat diringankan dengan menempelkan koyo pereda rasa nyeri di bagian yang terasa sakit. Koyo pereda sakit tersebut umunya dijual bebas dan mengandung bahan-bahan pereda nyeri seperti salisilat, counterirritants, capsaicin.Dengan cara-cara di atas, semoga Anda tak perlu lagi merasakan sakit pinggang lagi! 

Kapan harus berkonsultasi ke dokter?

Sakit pinggang biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dengan cara mengobati sakit pinggang dari rumah. Namun, bila setelah melakukan cara mengobati sakit pinggang dari rumah dan sakit pinggang yang dialami tidak kunjung sembuh dengan gejala sakit pinggang, seperti:
  • Kehilangan fungsi untuk buang air kecil atau besar
  • Mengalami rasa sakit yang sangat parah
  • Merasakan sensasi kebas atau menggelitik pada paha
  • Kesulitan untuk berjalan atau menggerakkan paha
  • Tidak dapat merasakan apapun pada paha
Maka, Anda perlu untuk berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sakit pinggang adalah hal yang umum terjadi. Biasanya, sakit pinggang diakibatkan oleh kondisi medis lain, seperti cedera, infeksi, atau memang ada masalah tulang belakang.Berolahraga yang teratur, melatih postur tubuh yang baik, dan menjaga berat badan yang sehat, dapat membantu Anda mengurangi risiko terserang sakit pinggang.Akan tetapi, jika rasa sakitnya semakin besar, dan tanda-tanda kesembuhan tidak kunjung datang, ada baiknya Anda ke dokter dan berkonsultasi. Segera cari pertolongan jika cara mengobati sakit pinggang di atas, masih belum berhasil menangani sakit pinggang yang Anda rasakan.
sakit pinggangcedera fisikosteoporosisobesitas
Harvard Medical School.
https://www.health.harvard.edu/pain/home-remedies-for-low-back-pain
Diakses pada 13 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325381.php
Diakses pada 29 Juli 2019
Spine-health. https://www.spine-health.com/blog/6-overlooked-remedies-lower-back-pain-relief
Diakses pada 13 Mei 2019
WebMD.
https://www.webmd.com/back-pain/features/manage-low-back-pain-home#1
Diakses pada 13 Mei 2019
Mc Master. https://www.mcmasteroptimalaging.org/blog/detail/blog/2017/08/22/3-research-based-benefits-of-yoga-for-healthy-aging
Diakses pada 16 September 2020

Web MD. https://www.webmd.com/back-pain/ss/slideshow-exercises
Diakses pada 16 September 2020
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/back-pain/7-ways-to-treat-chronic-back-pain-without-surgery
Diakses pada 16 September 2020

Medscape. https://www.medscape.com/viewarticle/911728_6
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait