Cara Mengobati Sakit Kepala Akibat Benturan dan Tanda Bahayanya

0,0
02 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati sakit kepala akibat benturan dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatanSakit kepala akibat benturan sebaiknya segera ditangani
Sakit kepala yang terjadi setelah benturan umumnya merupakan gejala gegar otak. Namun, jika kondisi ini baru muncul dalam jangka 7 hari setelah kepala terbentur atau saat Anda siuman, Anda dapat mengalami sakit kepala pascatrauma (PTH). Cara mengobati sakit kepala akibat benturan yang tepat perlu dilakukan supaya kondisi ini tidak berkepanjangan.Sakit kepala setelah benturan bentuknya macam-macam, tetapi bentuk yang paling sering terjadi umumnya menyerupai migrain. Sebagian lainnya mirip dengan sakit kepala tegang. Kondisi ini dapat berlangsung sementara, kambuhan, atau terus-menerus dan bertahan lama sehingga menjadi masalah kesehatan kronis.

Apakah sakit kepala akibat benturan berbahaya?

Jika sakit kepala akibat benturan disebabkan oleh gegar otak, kondisi ini umumnya tidak mengancam jiwa penderitanya.Namun, gegar otak juga dapat menyebabkan sejumlah gejala serius yang membutuhkan penanganan medis, misalnya kehilangan kesadaran, muntah terus-menerus, sering mengantuk, hingga sakit kepala pascatrauma.Sementara itu, jika gejala yang Anda alami berkembang menjadi mengalami sakit kepala pascatrauma, kondisi ini bisa bertahan lama dan persisten.Anda dapat kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau belajar, saat sakit kepala ini kambuh sehingga menurunkan kualitas hidup Anda.Anda juga dapat mengembangkan sejumlah gejala lain yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti:
  • Sulit berkonsentrasi
  • Insomnia
  • Masalah ingatan
  • Perubahan suasana hati dan kepribadian, misalnya depresi
  • Sensitif terhadap suara dan cahaya.
Dilansir dari American Migraine Foundation, sejumlah studi menunjukkan bahwa sakit kepala setelah benturan biasanya sembuh dalam waktu tiga bulan. Namun, pada sekitar 18-65 persen kasus, sakit yang terjadi setelah kepala terbentur bisa berlangsung lebih lama dan disebut sebagai sakit kepala pascatrauma persisten.

Cara mengobati sakit kepala akibat benturan

Anda dapat mengonsumsi acetaminophen sebagai cara mengobati sakit kepala akibat benturan yang disebabkan gegar otak. Obat ini dapat membantu meredakan atau mengurangi sakit kepala yang Anda alami.Hindari konsumsi aspirin dan obat-obatan antiradang nonsteroid (NSAID), seperti naproxen dan ibuprofen, sesaat setelah gegar otak karena berpotensi menyamarkan gejala dan mengencerkan darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan.Di sisi lain, ada sejumlah cara mengobati sakit kepala akibat benturan yang berlangsung lama alias sakit kepala pascatrauma. Pengobatan ini bertujuan untuk meredakan berbagai gejalanya sehingga Anda dapat beraktivitas dengan normal.

1. Pemberian obat-obatan

Cara mengobati sakit kepala akibat benturan pada beberapa minggu pertama biasanya ditangani dengan pemberian obat-obatan, termasuk obat antiradang, obat pereda nyeri, serta obat-obatan khusus migrain dan sakit kepala.

2. Terapi tanpa obat-obatan

Cara mengobati sakit kepala akibat benturan juga dapat dilakukan dengan terapi pengelolaan gejala tanpa melibatkan obat-obatan, seperti:Konsultasikan dengan dokter mengenai cara mengobati sakit kepala akibat benturan yang terbaik bagi Anda, apalagi jika Anda mengalami sakit kepala pascatrauma.Dokter juga dapat mengawasi dan membantu mencegah efek samping dari obat pereda nyeri yang disebut sakit kepala rebound. Kondisi ini terjadi akibat penggunaan obat pereda nyeri secara berlebihan.

Pertolongan pertama saat kepala terbentur

Jika Anda mengalami benturan di kepala belakang atau bagian lain di kepala, Anda dapat mengalami cedera ringan hingga parah. Untuk menurunkan risiko komplikasi seperti sakit kepala pascatrauma, lakukan beberapa hal berikut sebagai pertolongan pertama saat kepala terbentur.
  1. Istirahat yang cukup dan tenangkan diri Anda.
  2. Kompres bagian kepala yang terbentur menggunakan kompres dingin hingga 20 menit. Cara mengobati sakit kepala akibat benturan ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di bagian luar.
  3. Hubungi layanan gawat darurat jika Anda mengantuk, muntah berulang kali, atau kondisi memburuk setelah mengalami benturan kepala. Kondisi Ini bisa menjadi tanda cedera serius di kepala.
  4. Pastikan Anda ditemani oleh seseorang yang bertanggung jawab dan mampu menjaga Anda.
  5. Jika kepala terbentur terjadi saat berolahraga, sebaiknya hentikan kegiatan olahraga dan segera cari bantuan medis.
Segera hubungi layanan gawat darurat jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala gegar otak, seperti tidak responsif selama beberapa saat, pusing, mengalami sakit kepala, bingung, mual, penglihatan kabur, serta kehilangan ingatan tentang apa yang terjadi tepat sebelum atau selama cedera kepala terjadi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gegar otaksakit kepala
Web MD. https://www.webmd.com/migraines-headaches/what-is-post-traumatic-headache#1
Diakses 21 Juni 2021
Red Cross. https://www.redcross.org.uk/first-aid/learn-first-aid/head-injury
Diakses 21 Juni 2021
American Migraine Foundation. https://americanmigrainefoundation.org/resource-library/post-traumatic-headache/
Diakses 21 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait