Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak
Pilek dan flu pada anak dapat diatasi dengan berbagai cara mudah

Pilek dan flu memang bukanlah sesuatu yang sangat membahayakan bagi anak. Meski demikian, pilek dan flu biasanya memiliki gejala-gejala yang sering menimbulkan ketidaknyamanan pada si kecil. Entah itu dalam bentuk hidung berair atau bahkan demam. Berikut adalah beberapa tips mengobati pilek dan flu pada anak.

Menghentikan Hidung Berair

Hidung berair sering menjadi tanda pertama pilek, dan hal ini bisa berlangsung selama 2 minggu. Lendir biasanya mulai bersih dan berubah menjadi kekuningan dan berawan setelah beberapa hari. Flu dapat menyebabkan hidung berair juga, meskipun tidak selalu begitu.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Humidifier atau alat uap bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Selain itu, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah membuatkan sup hangat untuk anak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa sup yang hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat.

Kapan Anak Butuh Perawatan Ekstra?

Batuk normal terjadi pada anak ketika ada sesuatu yang mengganggu tenggorokan atau paru-parunya. Biasanya batuk akan hilang dengan sendirinya. Kecuali jika batuk tersebut membuat anak Anda sulit tidur di malam hari karena kesulitan bernapas, mungkin lebih baik batuk pada anak dibiarkan saja hingga sembuh dengan sendirinya. Humidifier, vaporizer, dan uap dapat membantu meringankan gejala ini. Selain itu, Anda juga bisa memberikan satu sendok teh madu untuk anak-anak yang sudah berusia di atas 1 tahun.

Bersin dan Kesulitan Bernapas

Dengarkan suara napas buah hati Anda untuk mencari tahu bagaimana cara mengobati flu pada anak. Jika Anda merasakan bahwa napas mereka berbunyi, kesulitan bernapas, kesulitan berbicara, atau pernapasan yang luar biasa cepat, segera hubungi dokter.

Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Anak

Salah satu penyebab munculnya sakit tenggorokan pada anak adalah adanya lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan anak Anda. Pengobatan tradisional yang dapat Anda siapkan di rumah sudah cukup untuk membuat anak merasa lebih baik. Jika anak Anda sudah berusia di atas 5 tahun, Anda dapat memberikannya permen hisap atau tetes tenggorokan.

Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri

Pilek dan flu dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri pada anak Anda. Untuk meredakan rasa sakit, berikan anak yang sudah berusia lebih dari 6 bulan ibuprofen atau acetaminophen untuk mengatasi rasa sakitnya. Tapi pastikan dosis obat yang diberikan sesuai untuk usia anak Anda.

Telinga Terasa Sakit atau Infeksi Telinga?

Cairan yang menumpuk karena anak mengalami pilek atau flu bisa menyebabkan sakit telinga ringan pada anak. Menutupi bagian telinga anak Anda dengan kain hangat dan lembap juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit. Atau Anda juga bisa memberikan ibuprofen atau acetaminophen kepada anak. Namun, jika anak menunjukan gejala-gejala berikut ini, segera kunjungi dokter:

  • Demam
  • Terasa sakit yang parah
  • Buang-buang air
  • Jika anak Anda berusia kurang dari 2 tahun dan mengalami rasa sakit pada telinga

Mengatasi dan Mengobati Demam pada Anak

Jika anak Anda mengalami demam lebih dari 40° Celcius dan berlangsung selama lebih dari 72 jam, dan anak berusia di bawah 6 bulan, serta belum divaksin, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Selain itu, hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengobati demam pada anak adalah dengan memberinya acetaminophen atau ibuprofen. Kenakan juga pakaian yang tidak terlalu tebal dan berikan ia minum secara rutin.

Mengatasi Anak Diare dan Muntah saat Flu

Diare dan muntah mungkin terjadi saat anak mengalami flu. Jangan tinggal diam, berikan anak Anda asupan cairan setiap 5 menit sekali agar ia tidak mengalami dehidrasi. Namun, jika anak Anda mengalami muntah lebih dari sekali, jika anak tidak buang air kecil sebanyak biasanya, atau jika ia terlihat sakit, segeralah hubungi dokter.

Pilih Obat dengan Hati-hati

Jangan berikan obat batuk atau obat pilek untuk anak yang masih berusia di bawah 4 tahun. kecuali dokter Anda memberikan resep untuk obat tersebut. Pilih obat yang mengobati gejala yang dimiliki anak Anda. Pastikan Anda tidak memberikan dua obat yang memiliki bahan yang sama karena hal ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping. Pastikan juga untuk membaca label obat dengan teliti.

WebMD. https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-soothe-child-cold-flu
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed