logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Cara Mengobati Mata Kering Kronis Secara Alami dan Medis

open-summary

Keluhan mata kering bisa terjadi sementara dan bisa juga kronis. Mata kering kronis berarti terjadi cukup lama dan ejalanya bisa membaik atau memburuk. Oenyebab mata kering kronis dapat dipicu oleh kondisi kesehatan tertantu, seperti diabetes, usia, hingga pengaruh obat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat hingga akupuntur.


close-summary

30 Jun 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Kondisi mata kering kronis dapat mengganggu aktivitas

Kondisi mata kering kronis dapat mengganggu aktivitas

Table of Content

  • Penyebab mata kering kronis dan bedanya dengan mata kering biasa
  • Cara mengobati mata kering kronis
  • Catatan dari SehatQ

Keluhan mata kering bisa terjadi sementara dan bisa juga kronis. Mata kering kronis berarti terjadi cukup lama. Gejalanya bisa membaik atau memburuk, namun tidak pernah benar-benar sembuh.

Advertisement

Seseorang dengan kondisi mata kering kronis berarti matanya tidak bisa memproduksi cukup air mata. Selain itu, bisa juga air mata cenderung menguap dengan sangat cepat. Peradangan di dalam atau sekitar mata juga bisa berpengaruh terhadap kelembapan mata.

Penyebab mata kering kronis dan bedanya dengan mata kering biasa

Mata kering akibat susah tidur atau banyak terkena debu adalah hal yang normal terjadi. Namun, jika kondisi mata kering disebabkan karena berkurangnya produksi air mata, Anda perlu lebih waspada.

Perbedaan utama mata kering biasa dan kronis adalah seberapa parah kondisinya. Dalam kasus mata kering biasa, umumnya dipicu faktor lingkungan seperti terkena angin, terpapar AC, atau memakai lensa kontak.

Sementara mata kering kronis terjadi karena ada faktor lain yang memicu. Mulai dari masalah pada kelenjar air mata, penyakit kulit di sekitar mata, hingga alergi. Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya mata kering kronis.

Penyebab mata kering kronis yang disebabkan oleh menurunkan produksi air mata dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti:

  • Usia
  • Sindrom sjogren
  • Diabetes
  • Lupus
  • Skleroderma
  • Gangguan hormon tiroid
  • Kekurangan vitamin A
  • Konsumsi obat-obatan, termasuk dekongestan, antidepresan, obat jerawat, hingga obat hormon
  • Kerusakan kelenjar air mata

Baca Juga

  • Kenali Gejala Dini dari Penyakit Mata Macular Degeneration
  • 13 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Tak Hanya Sayur dan Buah
  • Jenis Vitamin untuk Mata Minus yang Bagus dan Direkomendasikan

Cara mengobati mata kering kronis

Kabar baiknya, ada banyak cara mengobati mata kering kronis. Tentunya, langkah terbaik adalah menentukan apa kondisi medis atau faktor eksternal pemicu mata kering.

Berikut cara mengobati mata kering kronis yang bisa dicoba:

1. Obat tetes mata

Salah satu cara terpopuler mengatasi mata kering kronis adalah menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas. Jenisnya ada dua, yang mengandung pengawet dan tidak. Preservative-based eye drops maksimal digunakan empat kali dalam sehari, sementara yang non-preservative biasanya berbentuk kemasan sekali pakai.

Cara kerja obat tetes mata ini adalah bertindak sebagai air mata buatan sehingga mata menjadi lembap. Ini dapat menjadi pilihan bagi yang mengalami gejala mata kering cukup ringan.

2. Balsam atau salep

Selain obat tetes mata, ada juga salep yang bisa digunakan untuk mengatasi mata kering. Namun, efek dari penggunaan balsam ini adalah penglihatan menjadi kabur. Oleh sebab itu, disarankan mengaplikasikannya sebelum tidur karena konsistensinya yang lebih kental dibandingkan dengan obat tetes biasa.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencuci tangan, kemudian buka kemasan. Lihat ke atas dan posisikan salep di dekat mata. Lalu, tarik kelopak mata bagian bawah dan tuangkan sedikit salep ke mata.

3. Obat resep dokter

Dokter juga bisa meresepkan obat untuk mengatasi mata kering kronis. Bentuknya bisa berupa obat minum maupun tetes mata. Fungsinya adalah mengurangi peradangan pada kelopak mata. Sebab, kelopak mata yang bengkak menghambat kelenjar minyak sehingga air mata menguap terlalu cepat.

Ada beberapa jenis obat antibiotik yang bisa merangsang produksi minyak di kelenjar sekitar mata. Apabila menurut dokter mata kering terjadi karena peradangan, obat yang diresepkan adalah antibiotik anti-peradangan.

4. Eye insert

Cara mengaplikasikan eye insert mirip seperti memasang softlens. Bentuknya seperti beras kecil yang transparan. Anda cukup memasukkannya di antara bola mata dan kelopak mata bawah. Kemudian, eye insert akan bekerja sepanjang hari untuk melembapkan mata kering.

5. Penyumbatan saluran air mata

Salah satu cara mengobati mata kering kronis bisa dengan prosedur menyumbat saluran air mata. Biasanya langkah ini dipilih apabila pengobatan tradisional tidak membuahkan hasil. Dokter bisa menutup sebagian atau seluruh saluran air mata.

Tujuannya adalah agar air mata tidak terlalu cepat menguap karena tidak ada salurannya. Bentuk dari penyumbat ini adalah silikon dan bisa dilepas kembali.

6. Lensa kontak khusus

Ada juga pasien yang merasakan kondisi mata kering kronis membaik setelah menggunakan lensa kontak scleral atau bandage. Jenis lensa kontak ini bisa melindungi permukaan mata dan mencegah hilangnya kelembapan. Prosedur ini efektif apabila mata kering kronis terjadi karena air mata menguap terlalu cepat.

7. Membersihkan sumbatan kelenjar minyak

Ada prosedur yang bertujuan untuk membersihkan sumbatan kelenjar minyak. Tekniknya adalah dengan menempatkan lensa kontak berukuran besar di mata dan di belakang kelopak mata. Selain itu, ada juga lapisan lain yang diletakkan di luar kelopak mata.

Seluruh peralatan ini akan memberikan panas ke kelopak mata sehingga sumbatan kelenjar minyak pun terbuka. Prosedur ini memerlukan waktu sekitar 12 menit.

8. Pijat area mata

Cara mengobati mata kering kronis yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan memberikan pijatan lembut. Cara pertama adalah menggunakan kain basah dan hangat. Letakkan di atas mata selama lima menit untuk meredakan gejala mata kering.

9. Konsumsi suplemen

Jenis suplemen yang bisa meredakan gejala mata kering kronis adalah asam lemak omega-3. Selain dari suplemen, tentu bisa juga dari makanan seperti salmon, sarden, dan juga flaxseed. Asupan omega-3 yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit mata, termasuk mata kering dan degenerasi makula akibat penuaan.

10. Akupuntur

Ada sebuah studi dari tim peneliti asal Korea Selatan yang menemukan bahwa akupuntur berfungsi sama seperti obat tetes mata. Teorinya adalah akupuntur dapat mengurangi nyeri dan peradangan. Dengan demikian, iritasi mata dan gejala mata kering pun berkurang. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut seputar hal ini.

Catatan dari SehatQ

Selain 10 cara mengatasi mata kering kronis di atas, ada langkah pencegahan yang juga bisa dilakukan. Contohnya dengan memakai kacamata hitam untuk mencegah air mata menguap terlalu cepat, sering berkedip ketika membaca atau melihat layar, hingga banyak minum demi memenuhi kebutuhan cairan.

Hindari pula merokok, menjadi perokok pasif, hingga terpapar residu dari thirdhand smoke. Memasang humidifier untuk melembapkan udara ruangan juga bisa jadi pilihan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar perbedaan mata kering kronis dan sementara, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan matapenyakit matamata kering

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved