Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung Supaya Cepat Sembuh

(0)
30 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati luka bakar yang menggelembung ternyata bisa dilakukan di rumah.Cara mengobati luka bakar yang menggelembung berbeda-beda, berdasarkan tingkat keparahannya.
Cara mengobati luka bakar yang menggelembung dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Untuk luka bakar tingkat awal, Anda bisa mengobatinya melalui tindakan pertolongan pertama dari rumah. Sementara untuk tingkatan luka bakar yang lebih tinggi, penanganan dokter diperlukan untuk menangani masalah ini.Untuk mengantisipasi masalah luka bakar yang menggelembung, sebaiknya Anda kenali cara mengobatinya, baik yang bisa dilakukan rumah maupun melalui penanganan dokter.

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung

Gelembung berisikan cairan yang muncul akibat luka bakar sebenarnya adalah bentuk sistem pertahanan tubuh agar lukanya tak mengalami infeksi.Gelembung tersebut juga menjadi benteng pertahanan yang menjaga luka bakar selama menjalani proses pemulihan.Berikut dua cara yang bisa dilakukan untuk mengobati luka bakar yang menggelembung.

1. Cara mengobati luka bakar yang menggelembung di rumah (pertolongan pertama)

Luka bakar yang menggelembung dapat terjadi akibat tidak sengaja terkena api atau air panas saat memasak. Untuk mengatasi masalah ini, berikut cara mengobati luka bakar yang menggelembung di rumah supaya rasa nyeri bisa diatasi dan mencegah komplikasinya:
  • Rendam bagian yang terluka di dalam air sejuk (jangan yang dingin) selama 10 menit
  • Bersihkan luka bakar dengan lap bersih secara lembut
  • Tutuplah luka bakar dengan kain steril yang bersih.
Namun ingat, jangan meletakkan es batu secara langsung ke luka karena hal ini dapat mengganggu sirkulasi darah.Selain itu, jangan menggunakan produk makanan seperti mentega ke luka bakar karena dapat membuat hawa panas terperangkap.Hindari juga meletakkan kapas di atas luka bakar karena bagian kapasnya dapat menempel di luka dan menyebabkan infeksi.

2. Cara mengobati luka bakar yang menggelembung bersama dokter

Jika  luka bakar yang menggelembung tergolong parah, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Berikut ini adalah pengobatan medis yang dapat diberikan dokter sebagai cara mengobati luka bakar yang menggelembung:
  • Dokter dapat memberikan obat oles antibiotik untuk mengatasi luka bakar
  • Dokter juga bisa merekomendasikan perban yang mengandung perak atau silver guna mencegah datangnya infeksi pada luka bakar
  • Dokter bisa memeriksa luka bakar untuk mendeteksi adanya infeksi.
Jika luka bakar yang Anda alami sudah parah, dokter akan memberikan terapi cairan melalui infus guna menjaga tekanan darah dan mencegah syok. Selain itu, dokter juga bisa mengangkat kulit yang mengalami luka bakar parah itu.Pada kasus luka bakar yang luas, dokter akan melakukan prosedur operasi cangkok kulit. Dalam operasi ini, dokter akan  menanamkan kulit sehat ke bagian kulit yang terkena luka bakar.

Bolehkan Anda memecahkan gelembung luka bakar?

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung dapat dilakukan di rumah
Cara mengobati luka bakar yang menggelembung dapat dilakukan di rumah
Banyak orang yang bertanya, apakah gelembung pada luka bakar boleh dipecahkan? Seperti yang dijelaskan di atas, gelembung itu berfungsi sebagai sistem pertahanan yang dapat mencegah infeksi.Jika Anda memecahkannya, risiko infeksi bisa meningkat. Maka dari itu, hindari memecahkan gelembung pada luka bakar,

Kapan luka bakar harus ditangani dokter?

Luka bakar sebaiknya ditangani oleh dokter untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal, khususnya untuk luka bakar yang tergolong parah. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi.Berikut ini adalah tanda-tanda kalau luka bakar harus ditangani dokter:
  • Luka bakarnya berwarna merah berkilau dan menimbulkan banyak gelembung
  • Luka bakar yang besarnya lebih dari 5 centimeter
  • Luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia, api besar, dan tersetrum listrik
  • Luka bakar yang terletak di wajah, selangkangan, tangan, kaki, bokong, persendian (pergelangan kaki, lutut, pinggul, pergelangan tangan, siku atau bahu).
Perlu diingat juga, luka bakar terbagi dalam beberapa tingkat. Jika luka bakar yang dialami termasuk dalam tingkat 3-4 (yang sudah melukai lapisan terluar dan kedua kulit), maka Anda harus datang ke dokter.Segera kembali ke dokter jika rasa nyeri semakin parah. Apalagi jika demam dan pembengkakan kelenjar getah bening sampai terjadi karena bisa saja ada infeksi yang terjadi pada luka bakar.

Cara mencegah luka bakar yang menggelembung

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung juga bisa dilakukan oleh dokter
Luka bakar yang menggelembung jangan dipecahkan!
Lebih baik mencegah daripada mengobati, begitu juga dengan luka bakar. Maka dari itu, kenali berbagai cara mencegah luka bakar yang menggelembung di bawah ini.
  • Hindari air panas dari anak-anak
  • Membalik gagang panci supaya jauh dari bagian kompor. Dengan begitu, risiko terjatuhnya panci akan berkurang
  • Memasang alarm asap di setiap bagian rumah
  • Pastikan setiap orang di rumah tahu jalan keluar rumah ketika ada kebakaran
  • Jauhi bahan kimia dari jangkauan anak kecil
  • Gunakan tabir surya saat bepergian ke luar rumah, terutama ketika sinar matahari sedang terik-teriknya.
Berbagai cara di atas sebaiknya Anda praktikkan untuk menjaga Anda dan keluarga dari luka bakar.

Catatan dari SehatQ:

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Apabila luka bakar yang dialami tergolong ringan, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Untuk luka bakar yang lebih parah, sebaiknya Anda datang ke dokter untuk penanganan yang tepat sehingga infeksi atau komplikasi dapat dicegah.
penyakitperawatan kulitluka bakar
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324557
Diakses pada 16 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/should-you-pop-a-burn-blister#when-to-get-medical-help
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait