Cara Mengobati Kutu Air yang Bernanah Ini Harus Anda Ketahui


Cara mengobati kutu air yang bernanah harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Jika dibiarkan, takutnya bisa menyebabkan kondisi yang lebih gawat.

(0)
10 Nov 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mengobati kutu air yang bernanah harus dengan anjuran dokterCara mengobati kutu air yang bernanah perlu bantuan dokter
Salah satu penyebab munculnya kutu air adalah sering tidak menggunakan alas kaki saat berjalan di wilayah lembap atau basah yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Beberapa lokasi yang berisiko adalah kolam renang, gim, ruang ganti, salon kuku, dan kamar mandi publik.Kutu air juga bisa menular antarmanusia baik karena sentuhan langsung maupun melalui pakaian atau barang yang terkontaminasi. Infeksi ini umumnya akan ditandai dengan peradangan di telapak kaki dan kulit antara jari-jari kaki.Kutu air atau tinea pedis sendiri merupakan infeksi yang tidak selamanya bernanah. Nanah muncul umumnya ketika infeksi terjadi karena bakteri. Bakteri kemungkinan hadir dalam kutu air ketika digaruk pemiliknya.

Cara mengobati kutu air yang bernanah

Bernanah atau tidak, kutu air tetap harus diobati. Mengobati penyakit apapun jika dilakukan sejak dini akan lebih baik. Untuk kutu air, ada banyak salep yang bisa dibeli tanpa resep dokter.Obat antijamur yang bisa dibeli di apotek atau toko obat sebagai cara menghilangkan kutu air antara lain:
  • Butenafine
  • Klotrimazol
  • Mikonazol
  • Terbinafine
  • Tolnaftate
Selain obat yang bisa dibeli tanpa resep, dokter mungkin akan memberikan resep jika Anda benar-benar membutuhkan. Untuk obat resep, selain yang dioleskan mungkin saja dokter akan memberikan obat untuk di minum:
  • Obat oles dengan dosis yang lebih tinggi misalnya klotrimazol atau mikonazol
  • Obat untuk diminum bisa berupa antijamur itraconazole, fluconazole, atau terbinafine
  • Jika peradangan sudah menyakitkan, dokter mungkin meresepkan obat oles steroid untuk menguranginya
  • Adapun cara mengobati kutu air bernanah, kemerahan, atau melepuh biasanya dengan meminum antibiotik yang diresepkan dokter
Selain meresepkan obat, dokter juga mungkin akan meminta Anda untuk merendam kaki dalam air garam atau air cuka. Hal tersebut akan membantu untuk mengeringkan kulit yang mengalami lecet akibat kutu air. Perawatan mandiri ini amat penting dilakukan agar kulit jadi bersih sehingga infeksi tidak berlanjut.

Jangan biarkan kutu air tanpa diobati

Cara mengobati kutu air yang bernanah tak perlu Anda khawatirkan jika gangguan ini diobati sejak dini. Namun jika dibiarkan, kutu air mungkin saja bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh. Bukan itu saja, penyakit ini juga mungkin akan menular kepada orang lain.Beberapak komplikasi yang mungkin muncul antara lain:
  • Infeksi jamur pada kuku atau onikomikosis
  • Menyebarnya jamur pada area selangkangan
  • Jamur menyebar hingga ke seluruh tubuh
  • Terjadinya infeksi terusan yang disebabkan oleh bakteri
Meski bisa menyebar ke seluruh tubuh, namun umumnya jamur ini tidak akan masuk ke dalam tubuh seperti organ dalam atau aliran darah. Meski demikian beberapa kondisi di atas bisa membuat kutu air jadi membahayakan.Infeksi jamur pada kuku misalnya merupakan kondisi yang amat susah diobati. Bahkan tak jarang kondisi ini harus diobati dengan mengonsumsi obat antijamur, terutama jika kondisinya terus berlanjut.

Siapa yang berisiko mengalami komplikasi kutu air?

Kondisi medis di bawah ini mungkin juga akan membuat kutu air makin susah disembuhkan atau membahayakan:
  • Diabetes: infeksi jamur bisa menyebabkan ulserasi pada kaki atau selulitis
  • HIV/AIDS, kanker, dan masalah kekebalan tubuh: infeksi menjadi rentan karena sistem kekebalan tubuh melemah, mereka yang memiliki kekebalan lemah akan lebih rentan terkena infeksi bakteri pada kulit
Jika sudah memicu kehadiran bakteri dan kemudian menginfeksi kulit maka pastikan Anda punya cara mengobati kutu air yang bernanah. Selain nanah, kutu air kemungkinan akan membengkan, nyeri, panas, dan berair. Infeksi bakteri mungkin akan ditandai dengan demam. Patut dikhawatirkan infeksi bakteri menyebar ke kelenjar getah bening.Bila sudah sembuh, pastikan Anda melakukan pencegahan agar tidak kembali terkena infeksi ini. Salah satu kunci agar bebas dari kutu air adalah menjaga kebersihan kaki, selalu memakai alas kaki di tempat umum, menjaga kebersihan pakaian, hindari berbagi kaus kaki, handuk, dan sepatu, serta gunakan bahan pakaian yang menjaga kelembapan.Cara mengobati kutu air yang bernanah mungkin akan lebih sulit dilakukan dibandingkan di awal kehadirannya. Namun hal tersebut harus tetap dilakukan agar komplikasi lebih menyakitkan bisa dihindari.Penasaran dengan cara mengobati kutu air yang bernanah dan infeksi kulit klainnya? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi jamurkurapmiconazole
Healthline. https://www.healthline.com/health/athletes-foot
Diakses pada 10 November 2020
Medicinenet. https://www.medicinenet.com/athletes_foot/article.htm
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10607333/
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait