logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Cara Menghilangkan Kutil Kelamin di Rumah dengan Mudah

open-summary

Terdapat berbagai macam obat alami kutil kelamin yang bisa dicoba, seperti tea tree oil, bawang putih, teh hijau, hingga cuka apel.


close-summary

3.83

(18)

25 Apr 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cuka apel memiliki komponen yang serupa dengan kandungan asam pada obat kutil kelamin dari dokter

Cara mengobati cuka apel adalah dengan menggunakan cuka apel.

Table of Content

  • Bagaimana cara menghilangkan kutil kelamin?
  • Pemeriksaan kutil kelamin
  • Pencegahan kutil kelamin
  • Kapan harus konsultasi ke dokter?

Penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata merupakan kondisi yang umum terjadi dan mungkin dapat menimbulkan rasa malu sehingga Anda ingin mengobati kutil kelamin secepatnya.

Advertisement

Pada beberapa keadaan, seperti rasa nyeri, kutil kelamin dapat diobati di rumah tanpa memerlukan medikasi. Akan tetapi kutil kelamin yang disebabkan oleh  human papillomavirus  (HPV) harus tetap ditangani dengan obat-obatan tertentu.

Meskipun kutil kelamin dapat diobati, virus HPV merupakan infeksi menular seksual yang tetap dapat menular kepada orang lain melalui kontak seksual. Karenanya, cara mengobati kutil kelamin ini hanya bersifat sementara dan konsultasi ke dokter tetap diperlukan.

Baca Juga

  • Mengenal Labia Mayora, Bibir Pelindung Area Kewanitaan
  • Get Tested! Pastikan Anda Bebas dari Penyakit Kelamin
  • Jika Rahim Diangkat Apakah Bisa Berhubungan Seks?

Bagaimana cara menghilangkan kutil kelamin?

Kutil bisa muncul di bagian tubuh mana saja, salah satunya adalah di area kelamin. Kutil kelamin umumnya perlu diperiksa dan ditangani oleh dokter. Cara mengobati kutil kelamin di bawah bersifat sementara dan Anda perlu untuk tetap memeriksakan diri ke dokter. Berikut adalah cara mengobati kutil kelamin di rumah:

1. Perbaiki pola makan

Pola makan yang baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, konsumsilah makanan yang sehat, seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, sayur-sayuran, daging rendah lemak, dan makanan yang mengandung antioksidan.

Jangan merokok dan hindari makanan yang diproses (seperti roti, pasta, dan sebagainya), daging merah, kafein, dan makanan yang mengandung banyak lemak.

Selain itu, sayur-sayuran, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung indole-3-carbinol (I3C) yang dapat mengobati kutil kelamin. Anda disarankan untuk mengonsumsi empat sampai lima porsi sayur setiap harinya.

cuka apel

2. Cuka apel

Cuka apel memiliki komponen yang serupa dengan kandungan asam pada obat resep yang diberikan dokter. Oleh karenanya, cuka apel dapat menjadi salah satu cara mengobati kutil kelamin.

Anda hanya perlu menggunakan kapas untuk mengoleskan cuka apel pada kutil kelamin.

3. Asam folat dan B-12

Kekurangan folat dan vitamin B-12 dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap HPV. Oleh sebab itu, mengonsumsi asam folat dan vitamin B-12 dapat membantu mencegah penyebaran kutil kelamin dengan menangkal HPV sekaligus mengobatinya.

teh hijau

4. Teh hijau

Kandungan sinekatekin dalam teh hijau efektif dalam mengobati kutil kelamin. Cara menghilangkan kutil adalah dengan  langsung menaruh ekstrak teh hijau pada area kelamin.

Alternatif lain adalah dengan mencampur satu atau dua tetes minyak kelapa dengan ekstrak teh hijau dan menaruhnya pada kutil kelamin.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk mengobati kutil kelamin. Anda dapat menggunakan bubuk bawang putih dan menaruhnya pada kutil kelamin yang dimiliki.

Alternatif lainnya adalah dengan merendam perban ke dalam campuran bawang putih dan minyak, kemudian letakkan perban tersebut di atas kutil kelamin.

6. Tea tree oil

Tea tree oil dipercaya sebagai obat alam kutil kelamin. Namun sebelum mencobanya, Anda diharuskan untuk mencampurkan dulu tea tree oil dengan air putih. Setelah itu, oleskan campuran keduanya langsung ke bagian kutil kelamin.

Perlu diingat juga, sebagian orang dapat mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan tea tree oil. Maka dari itu, cobalah oleskan campuran tea tree oil dan air putih ke bagian kecil kulit terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi selama 24 jam, maka Anda tidak memiliki alergi terhadapnya.

Jangan pernah menelan tea tree oil atau memasukkannya ke dalam alat kelamin. Jika perlu, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum menggunakan tea tree oil sebagai obat alami kutil kelamin.

Pemeriksaan kutil kelamin

Saat Anda memilih berkonsultasi ke dokter untuk menjalani cara mengobati kutil kelamin secara medis, dokter akan memeriksa dengan mengoleskan larutan asam asetat yang ringan pada alat kelamin untuk memutihkan kutil kelamin. Setelahnya, barulah dokter bisa mengidentifikasi kutil kelamin menggunakan kolposkopi. 

Para wanita perlu menjalani tes pap smear untuk mendeteksi perubahan dari vagina dan leher rahim (serviks) yang mungkin dipicu oleh kutil kelamin. 

Jika kutil kelamin yang dialami diakibatkan oleh virus HPV, maka Anda perlu mengikuti tes HPV untuk memeriksa apakah virus HPV yang menginfeksi berpotensi menimbulkan kanker serviks.

virus hpv

Pencegahan kutil kelamin

Cara menghilangkan kutil kelamin memang tersedia, tetapi akan jauh lebih baik bila Anda dapat mencegah munculnya kutil kelamin.

Pencegahan kutil kelamin dapat dilakukan dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Namun, perlu diingat bahwa kondom tidak 100% dapat mencegah penularan kutil kelamin.

Selain penggunaan kondom saat berhubungan seksual, Anda dapat melakukan imunisasi dengan vaksin Gardasil 9 yang dapat mencegah sembilan jenis virus HPV.

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Segera berkonsultasi dengan dokter bila kutil kelamin yang dialami terasa sakit atau berdarah. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa terganggu dengan kutil kelamin yang dialami.

Cara menghilangkan kutil kelamin yang disebutkan di atas hanya untuk mengobati kutil kelamin, tetapi belum mengobati infeksi dari virus HPV. Karenanya, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement

kutil kelaminmasalah seksualpenyakit kelamin

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved