Cara mengobati kurap bisa dengan bahan alami seperti minyak kelapa, tea tree oil, lidah buaya
Minyak kelapa mengandung antijamur sehingga dapat secara efektif mengobati kurap

Kadas atau kurap merupakan infeksi jamur yang menyerang kulit. Penyakit kulit ini cukup meresahkan dan mengganggu karena sensasi gatal dan kering yang dirasakan. Belum lagi kurap juga dapat mengganggu penampilan sehingga membuat orang-orang menjauh dari Anda.

Anda tidak perlu resah karena cara mengobati kurap dapat dilakukan di rumah. Bahan-bahan alami dapat menjadi alternatif cara mengobati kurap.

Cara mengobati kurap dengan bahan alami

Resah dengan tampilan kurap yang membuat kulit menjadi buruk rupa? Tak perlu malu dan khawatir, Anda jangan terburu-buru pergi ke apotek untuk membeli obat kurap.

Sebab, Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami di rumah Anda sebagai alternatif cara mengobati kurap. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati kurap di rumah:

minyak kelapa

1. Minyak Kelapa

Salah satu cara mengobati kurap dengan bahan alami adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung zat antijamur dan antimikroba serta mudah menyerap di kulit sehingga dapat menjadi cara mengobati kurap yang efektif.

Anda dapat menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu di microwave atau kompor. Lalu, oleskan minyak kelapa pada kulit yang terinfeksi sebanyak tiga kali sehari. Namun, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sebelum melakukannya, ya.

2. Kunyit

Serupa dengan minyak kelapa, kunyit mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat menghentikan perkembangan jamur kurap di kulit. Penggunaan kunyit dapat dilakukan dengan mengonsumsinya maupun mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami kurap.

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air atau minyak kelapa, lalu aduk sampai mengental. Lalu, gunakan sebagai salep untuk mengobati kurap. Oleskan salep kunyit tersebut pada kulit yang mengalami kurap dan diamkan hingga mengering.

Jika ingin mengonsumsi kunyit, Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam air, teh, maupun makanan.

3. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Keefektifan minyak pohon teh sudah terbukti sebagai cara mengobati kurap. Anda dapat menaruh minyak pohon teh secara langsung pada kulit yang mengalami kurap. Bila kulit Anda sensitif, sebaiknya campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa terlebih dahulu.

Mengoleskan tea tree oil langsung pada kulit yang mengalami kurap dapat dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali sehari menggunakan kapas. 

lidah buaya

4. Lidah buaya

Kandungan antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam lidah buaya dapat menjadi alternatif cara mengobati kurap serta mengatasi gatal dan radang akibat kurap.

Anda bisa menggunakan gel dari lidah buaya ataupun salep yang mengandung lidah buaya langsung pada kulit yang mengalami kurap sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

5. Akar manis (licorice)

Akar manis merupakan tanaman obat yang mengandung antimikroba, antivirus, dan antiradang. Tak heran bila akar manis sering digunakan sebagai salah satu cara mengobati kurap dengan alami. Anda dapat menggunakan akar manis dengan cara mencampurkan dan merebus tiga sendok makan bubuk akar manis dengan air.

Ketika sudah mendidih, kecilkan api dan biarkan campuran mendidih selama 10 menit. Setelahnya, aduk campuran sampai menjadi kental dan gunakan sebagai salep.

Ketika campuran yang mengental sudah tidak panas lagi, Anda dapat mengoleskannya pada kulit yang mengalami kurap dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit sebanyak dua kali sehari.

cuka apel

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan antijamur yang manjur untuk mengobati kurap. Anda dapat menaruh cuka apel tanpa dilarutkan secara langsung pada kulit yang mengalami kurap menggunakan kapas. Lakukan langkah ini sebanyak tiga kali sehari.

Cara mencegah kurap agar tidak menyebar

Penyakit kurap cepat menyebar dan mudah untuk menular. Maka dari itu, Anda bisa mencegah kurap dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Hindari menggunakan pakaian yang tebal saat cuaca sedang panas dan lembap karena memicu munculnya keringat berlebih pada kulit tubuh Anda.
  • Menjaga kebersihan pribadi dengan selalu mencuci tangan setelah menggunakan fasilitas umum, seperti toilet umum, loker gym, dan sebagainya
  • Jangan meminjamkan dan meminjam barang-barang pribadi dari dan ke orang lain, seperti handuk, sisir, pakaian, dan barang-barang pribadi lainnya
  • Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, pastikan bila mereka bebas dari kurap. Hewan yang terjangkit kurap biasanya memiliki pitak-pitak atau bagian tubuh yang tidak memiliki bulu.

Kapan harus ke dokter?

Bila bahan-bahan alami di atas tidak membuahkan hasil, Anda mungkin perlu menggunakan salep antijamur yang dapat dibeli di apotek.

Jika penggunaan salep antiamur sebagai cara mengobati kurap tidak efektif dilakukan, Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk diberikan pil antijamur yang dapat dikonsumsi selama beberapa minggu. Obati kurap sebelum semakin parah dan menular kepada orang-orang terdekat Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-ringworm#lemongrass
Diakses pada 02 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780
Diakses pada 02 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320911.php
Diakses pada 02 April 2019

Artikel Terkait