logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Cara Mengobati Kanker Prostat pada Pria, Mulai dari Operasi hingga Kemoterapi

open-summary

Sama seperti penyakit kanker lainnya, cara mengobati kanker prostat meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi, hingga terapi hormon dan terapi imun.


close-summary

13 Jul 2021

| Rhandy Verizarie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

cara mengobati kanker prostat

Ada sejumlah cara mengobati kanker prostat, mulai dari operasi hingga imunoterapi

Table of Content

  • Cara mengobati kanker prostat
  • Komplikasi kanker prostat yang tidak segera diobati
  • Catatan dari SehatQ

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel yang ada pada organ reproduksi pria tersebut mengalami mutasi. Ada sejumlah cara mengobati kanker prostat yang bisa dilakukan saat seseorang terdiagnosis menderita penyakit ini. Mulai dari operasi hingga kemoterapi menjadi salah satu pengobatan yang direkomendasikan untuk penyakit kanker prostat.

Advertisement

Apa saja macam-macam metode pengobatan kanker prostat? Simak informasinya berikut ini. 

Cara mengobati kanker prostat

Setelah mengalami gejala dan didiagnosis terkena penyakit kanker prostat, berikut beberapa pengobatan yang mungkin dilakukan oleh dokter:

1. Operasi kanker prostat

Operasi kanker prostat (prostatektomi) adalah cara mengobati kanker prostat  dengan cara mengangkat kelenjar prostat yang terdapat sel kanker di dalamnya. 

Dokter biasanya akan segera melakukan prostatektomi sebelum sel kanker makin berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Namun, operasi prostat mungkin saja tidak akan menghilangkan sel kanker 100 persen. 

Oleh sebab itu, pascaoperasi, pasien tetap harus menjalani sejumlah perawatan lanjutan, seperti kemoterapi atau radiasi. 

Prostatektomi memiliki efek samping yaitu penderita jadi sulit mengontrol keinginan buang air kecil (inkontinensia urine) dan kerusakan jaringan di sekitar kelenjar prostat.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi juga menjadi salah satu metode pengobatan kanker prostat. Cara ini disebut juga sebagai radioterapi

Radioterapi biasanya dilakukan apabila kanker sudah memasuki stadium lanjut. Radiasi juga menjadi pengobatan lanjutan setelah menjalani prosedur operasi prostat. 

Tindakan medis ini bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa di dalam organ reproduksi pria tersebut, maupun organ lainnya apabila sudah menyebar.  

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah metode pengobatan yang dilakukan dengan cara memberikan sejumlah obat-obatan. Pemberian obat ditujukan untuk menghilangkan sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang secara agresif.

Obat kanker prostat yang diberikan bisa berupa tablet atau infus. Kemoterapi umumnya diberikan apabila sel kanker prostat telah menyebar ke organ tubuh lainnya (metastasis). 

4. Brachytherapy

Brachytherapy sejatinya merupakan salah satu jenis radioterapi. Cara menyembuhkan kanker prostat ini dilakukan dengan memasukkan benih radioaktif dalam jumlah kecil ke dalam kelenjar prostat yang terserang kanker. 

Mengobati kanker prostat dengan cara brachytherapy memiliki kelebihan, yakni dapat meminimalisir terjadinya kerusakan jaringan yang ada di sekitar kelenjar prostat.

Namun, prosedur bisa memiliki efek samping berupa gangguan pada kandung kemih jika dibandingkan dengan prosedur radioterapi biasa. 

5. Cryotherapy

Pada beberapa kasus, dokter mungkin lebih memilih untuk membekukan jaringan sel pada kelenjar prostat yang bermutasi menjadi sel kanker. Metode pengobatan kanker prostat yang satu ini disebut cryotherapy. 

Dokter akan memasukkan jarum khusus (cryo needle) ke dalam prostat. Jarum tersebut nantinya akan dialiri gas dingin sehingga jaringan-jaringan yang ada pada prostat membeku. 

Setelah itu, dokter akan memberikan gas kedua untuk memanaskan jaringan-jaringan tersebut. Dengan begitu, sel-sel kanker akan mati.

Biasanya, cryotherapy diberikan apabila kanker prostat belummenyebar ke organ-organ lainnya. Prosedur ini dapat menimbulkan efek samping berupa impotensi dan inkontinensia urine. 

6. Terapi hormon

Terapi homron merupakan cara mengobati kanker prostat yang bertujuan untuk mengurangi kadar hormon androgen pada pria, yakni testosteron dan dihidrotestosteron (DHT). 

Berkurangnya kadar kedua hormon tersebut dapat memperlambat perkembangan sel kanker prostat. Terapi hormon dilakukan dengan cara memberikan sejumlah obat-obatan, seperti:

  • Bicalutamide
  • Flutamide
  • Goserelin
  • Histrelin
  • Leuprolide
  • Nilutamide
  • Triptorelin 

Selain dengan obat-obatan, langkah untuk mengurangi kadar hormon androgen demi memperlambat perkembangan sel kanker juga bisa dilakukan dengan melakukan operasi pengangkatan testis.

Metode pengobatan kanker prostat yang satu ini dapat menimbulkan efek samping, seperti disfungsi ereksi, hot flashes, penurunan gairah seksual, hingga berkurangnya tingkat kepadatan tulang. 

Terapi hormon biasanya dibarengi dengan metode pengobatan lainnya, seperti kemoterapi dan radioterapi. 

7. Imunoterapi

Imunoterapi merupakan pengobatan kanker prostat yang bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita, sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan sel kanker.

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan teknik yang disebut sipuleucel-T (Provenge). Dokter akan mengangkat sebagian sel-sel kekebalan tubuh pasien. Setelah itu, sel kekebalan akan mengalami proses rekayasa genetik agar bisa melawan sel kanker.

Sel kekebalan tubuh yang sudah direkayasa genetik tersebut akan dimasukkan kembali ke dalam tubuh pasien.

Imunoterapi memiliki sejumlah efek samping, seperti demam, tubuh lelah, meriang, sakit kepala, nyeri punggung, hingga perut mual. 

8. Perawatan paliatif

Penderita kanker prostat sangat mungkin untuk mengalami stres atau bahkan depresi. Untuk mengatasi hal ini, dokter mungkin akan menyarankan penderita untuk melakukan terapi perawatan paliatif. 

Selain membantu mengatasi stres yang muncul, perawatan paliatif juga bisa diberikan kepada pasien kanker prostat stadium lanjut. 

Tujuan perawatan paliatif adalah meningkatkan kualitas hidup pasien yang didiagnosis penyakit yang mengancam nyawa atau kronis, seperti kanker dan HIV/AIDS. 

Perawatan paliatif biasanya berfokus untuk membantu mengatasi gejala yang muncul akibat kanker prostat yang dirasakan. Selain itu, perawat paliatif untuk kanker prostat juga membantu pasien dari sisi sosial, spiritual, dan psikologis. 

Penelitian di tahun 2011 dalam jurnal Dialogues in Clinical Neurosciences  menyebutkan bahwa pengurangan efek dari gejala kanker prostat dapat membantu penderita kanker prostat yang mengalami depresi.

Komplikasi kanker prostat yang tidak segera diobati

Pada stadium awal atau ketika perkembangan sel kanker belum terlalu pesat, penderita kanker prostat mungkin tidak akan mendapatkan penanganan khusus, melainkan hanya akan diawasi secara intensif oleh dokter. 

Pasalnya, kanker prostat cenderung lambat perkembangannya. Sementara, jika pasien diberikan perawatan khusus kanker saat masih sangat dini, manfaat yang didapat lebih kecil ketimbang risiko efek sampingnya. 

Dokter mungkin saja akan membuat jadwal jadwal rutin untuk melakukan sejumlah tes, seperti prostate specific antigen (PSA) dan biopsi prostat ketika Anda terdiagnosis. Tujuannya, untuk memantau perkembangan kanker yang terjadi. 

Apabila sel kanker sudah berkembang ke tahap yang lebih lanjut, barulah dokter akan menerapkan sejumlah terapi sebagai cara mengobati kanker prostat.

Kanker prostat harus segera diobati. Jika tidak, penyakit ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya, seperti:

Baca Juga

  • Mempertimbangkan Donor Sperma? Ini Syarat dan Tahapannya
  • Ada Benjolan di Testis? Waspadai 9 Penyebabnya Berikut Ini
  • Impotensi di Usia Muda, Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

Catatan dari SehatQ

Cara mengobati kanker prostat ada berbagai macam. Penerapannya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami penderitanya. 

Pada stadium awal, penderita mungkin hanya akan diawasi secara intensif oleh dokter melalui pemeriksaan rutin. Sementara jika kanker sudah semakin berkembang bahkan menyebar ke organ lainnya, dokter akan melakukan sejumlah tindakan seperti operasi pengangkatan prostat.

Punya pertanyaan lain seputar kanker prostat maupun penyakit pada pria lainnya? Jangan ragu untuk chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Advertisement

prostatpenyakit priakanker prostatkesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved