3 Cara Mengobati Hernia dengan Olahraga yang Bisa Anda Lakukan

(0)
25 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara mengobati hernia dengan olahraga adalah melalui yogaYoga dianggap memberikan manfaat dalam mengatasi hernia hiatus
Penyakit hernia, yang juga dikenal sebagai turun berok, adalah penyakit yang disebabkan oleh organ bagian dalam tubuh terdorong dan menembus bagian lemah di sekitar otot atau jaringan ikat (fasia) yang seharusnya menahan organ tersebut.Ada anggapan yang beredar di masyarakat bahwa ada cara mengobati hernia dengan olahraga. Sebelum membahas seputar olahraga dan hubungannya dengan menyembuhkan hernia, ada baiknya ada simak mengenai seluk-beluk penyakit ini terlebih dahulu.

Jenis-jenis dan gejala hernia

Penyakit hernia memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni:Gejala khas dari henia adalah adanya tonjolan pada area tubuh. Tonjolan ini dapat membesar dan terasa sakit sehingga mengganggu aktivitas seseorang.

Penyebab hernia

Hernia dapat disebabkan oieh kombinasi tekanan kuat dan lemahnya kondisi otot atau fasia. Segala aktivitas yang dapat memberikan tekanan pada otot perut dapat menyebabkan hernia. Contoh-contoh aktvitas tersebut, di antaranya:
  • Mengangkat benda berat
  • Mendorong atau menekan dengan sekuat tenaga
  • Diare akut atau konstipasi
  • Batuk dan besin dengan keras.
Lemahnya otot bisa merupakan bawaan lahir atau terjadi seiring waktu. Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko melemahnya otot dan jaringan ikat, di antaranya obesitas atau kegemukan, gizi buruk, hingga merokok.

Cara mengobati hernia dengan olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Namun, bagi penderita hernia, tidak semua olahraga bisa dilakukan karena berisiko membuat kondisi hernia semakin parah.Kabar baiknya, beberapa jenis olahraga memiliki efek meringankan gejala hernia sehingga Anda dapat kembali beraktivitas normal. Berikut adalah cara mengobati hernia dengan olahraga:

Latihan otot diafragma untuk hernia hiatal

Latihan memperkuat otot-otot diafragma dapat dilakukan untuk mengatasi gejala hernia hiatus atau hiatal. Caranya mengobati hernia dengan olahraga adalah melalui latihan pernapasan diafragma, yakni salah satu teknik pernapasan dalam yang dapat membantu meningkatkan efisiensi aliran oksigen.Seiring waktu, latihan ini dapat membantu memperkuat otot-otot diafragma sehingga dapat melindungi organ di sekitarnya.Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melatih otot diafragma adalah sebagai berikut:
  • Persiapkan latihan dengan duduk atau berbaring, pilih posisi mana saja yang nyaman untuk Anda. Letakkan salah satu telapak tangan di atas perut dan satu lagi di atas dada.
  • Mulailah bernapas sedalam mungkin sampai Anda bisa merasakan otot perut menekan permukaan telapak tangan di atasnya.
  • Tahan sebentar, kemudian keluarkan napas perlahan hingga otot perut melonggar kembali dari telapak tangan.
Lakukan olahraga pernapasan diafragma tersebut beberapa kali dalam satu hari secara rutin.

Latihan yoga untuk hernia hiatal

Latihan yoga memiliki beberapa manfaat bagi penderita hernia hiatus. Teknik pernapasan mendalamnya dapat membantu menguatkan diafragma. Beberapa pose pada yoga juga dapat memperkuat otot-otot di area perut tanpa terlalu meregangkannya.Agar mendapatkan jenis latihan yang sesuai, informasikan kondisi hernia Anda kepada instruktur yoga sehingga bisa mendapatkan petunjuk-petunjuk mengenai latihan yoga yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Latihan untuk hernia inguinal

Beberapa penderita hernia yang telah berhasil menyembuhkan gejala hernia melalui olahraga, juga sering mengunggah pengalamannya di internet.Salah satunya pada situsweb mynaturalherniacure, yang berbagi beragam cara mengobati hernia dengan olahraga tertentu. Latihan-latihan yang dilakukan mengambil referensi dari buku The Therapeutics of Activity yang pernah ditulis oleh Andrew A. Gour.Gerakan berikut dapat dilakukan dengan berbaring di atas lantai pada punggung dengan kedua tangan bersilang di bawah kepala. Kemudian lakukan latihan berikut ini:
  • Tekuk kaki Anda hingga membentuk sudut 90 derajat antara paha dan perut, lalu luruskan kembali, lakukan sebanyak 10 kali.
  • Tekuk kaki dan letakkan bantal di antara kedua lutut, tekan bantal dengan kedua lutut, hingga bagian bokong sedikit terangkat. Lalu rilekskan kembali lutut.
  • Angkat kedua lutut kaki ke arah dada, lalu luruskan kaki ke samping kiri, arahkan kembali lutut ke arah dada, dan luruskan ke samping kanan.
  • Bawa kaki ke arah dada, lalu gerakkan menjauh dengan kaki dibuka ke arah berlawanan. Gerakan ini seperti gerakan kaki renang gaya katak yang dilakukan terbalik karena Anda dalam posisi terlentang.
Lakukan latihan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu secara rutin. Pastikan Anda tidak memaksakan diri dan tidak melakukan tekanan berlebihan saat berlatih gerakan ini.Satu hal yang perlu Anda ingat, olahraga bukanlah metode utama dalam mengobati hernia. Sebelum melakukan cara mengobati hernia dengan olahraga, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan perawatan yang tepat.Selain itu, Anda juga harus mengurangi risiko yang dapat memperberat kondisi hernia dengan cara menjaga berat badan seimbang dan menjaga gaya hidup sehat, termasuk berhenti merokok.
hernia
Web MD
https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hernia-basics
diakses 11 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/hiatal-hernia-exercise#hiatal-hernia-exercises
diakses 11 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait