Hindari Daging Olahan Saat Gondongan, Ini Alasannya

Hindarilah konsumsi daging olahan saat gondongan, agar rahang tidak semakin sakit
Saat mengalami gondongan, hindari mengonsumsi daging olahan, yang bisa memberi banyak tekanan pada rahang.

Gondongan merupakan pembengkakan kelenjar air ludah, yang disebabkan oleh virus. Saat mengalami gondongan, Anda akan merasa kesulitan dan sakit ketika menelan, atau mengunyah. Tentu Anda pun ingin segera sembuh dari keadaan yang menyiksa tersebut.

Tahukah Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah, sebagai pengobatan? Selain itu, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari, agar gondongan tidak menjadi parah.

[[artikel-terkait]]

Cara mengobati gondongan di rumah

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi gejala-gejala gondongan.

  • Banyak beristirahat:
    Istirahat dapat membuat sistem kekebalan tubuh cepat pulih. Selain itu, hindarilah terlalu banyak berbicara, agar rahang Anda juga dapat beristirahat dengan cukup.
  • Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit:
    Konsumsilah obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen dan paracetamol. Untuk pengobatan anak, pastikan anak tidak mengonsumsi obat yang direkomendasikan untuk orang dewasa.
  • Mengoleskan gel lidah buaya:
    Oleskan gel lidah buaya secara perlahan pada gondongan. Sifat antiinflamasi lidah buaya dapat meringankan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.
  • Mengoleskan pasta jahe:
    Oleskan pasta jahe pada area yang bengkak di wajah atau telinga akibat gondongan. Jahe akan membantu meredakan nyeri yang Anda rasakan.
  • Mengompres menggunakan kompres es:
    Kompres es digunakan untuk mengurangi nyeri pembengkakan. Ini merupakan cara yang sangat baik untuk meredakan peradangan akibat gondongan.
  • Meminum banyak cairan:
    Anda harus minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi akibat demam. Perbanyaklah minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi.

Makanan pantangan penyakit gondongan

Lalu, apa saja makanan pantangan bagi penderita gondongan? Berikut ini makanan yang harus dihindari jika Anda terkena penyakit gondongan.

1. Makanan keras

Ketika Anda terkena gondongan, sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan yang keras. Makanan yang keras dapat membuat Anda banyak mengunyah, atau bahkan mengunyah dengan tenaga ekstra.

Hal tersebut tentu dapat membuat pembengkakan, dan rahang Anda terasa semakin sakit. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan-makanan lunak, seperti bubur nasi, sup kaldu, kentang tumbuk atau oatmeal.

2. Makanan asam

Mengonsumsi makanan asam akan merangsang produksi air liur. Bahkan saat mengonsumsinya, pipi Anda akan merasakan sensasi ditarik. Jika Anda terkena gondongan, sebaiknya hindari makanan asam.

Sebab, peradangan kelenjar air ludah, bisa semakin diperparah oleh makanan asam. Anda harus menghindari makanan asam seperti jeruk atau makanan lain, yang mengandung sitrat.

3. Makanan pedas

Tak hanya makanan asam, makanan pedas juga dapat merangsang produksi air liur. Saat mengonsumsi makanan pedas, air liur akan terangsang untuk keluar.

Ketika Anda mengalami gondongan, hal tersebut tentu dapat membuat kelenjar air liur yang sedang meradang, bekerja dengan terpaksa, untuk mengonsumsi air liur. Anda pun akan merasakan sakit yang luar biasa.

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak dapat memperburuk gejala gondongan, karena tidak mengandung cukup nutrisi. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan berlemak, agar gejala gondongan Anda tidak semakin parah.

5. Daging olahan

Daging olahan dapat memberi banyak tekanan pada rahang ketika dikunyah, sehingga sulit untuk dicerna. Jika Anda terkena gondongan, maka rahang akan semakin terasa sakit ketika mengonsumsi daging olahan.

Tak hanya itu, daging olahan juga sarat dengan bahan pengawet, sehingga dapat memiliki efek buruk pada tubuh. Apalagi saat sistem kekebalan tubuh sedang melemah, akibat penyakit gondongan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi daging olahan.

Hindarilah mengonsumsi makanan pantangan, dan lakukan cara pengobatan gondongan di atas, agar Anda dapat segera pulih.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mumps/diagnosis-treatment/drc-20375366
Diakses pada 21 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/mumps#treatment
Diakses pada 21 Mei 2019

Fact Dr. https://factdr.com/health-conditions/mumps/
Diakses pada 21 Mei 2019

Findatopdoc. https://www.findatopdoc.com/Healthy-Living/Good-Diets-for-Mumps
Diakses pada 21 Mei 2019

 

Reviewed by dr. Reni

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed