Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah, Mitos atau Fakta?

(0)
28 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah sudah dilakukan sejak zaman Tiongkok kuno.Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah belum diperkuat dengan cukup bukti.
Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Bahkan selain bayi saja, orang dewasa juga menggunakan bawang merah untuk menyembuhkan tidak hanya flu, tapi berbagai macam penyakit lainnya.Namun, apakah cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah sudah didukung dengan bukti ilmiah? Haruskah kita bersikap skeptis terhadap metode pengobatan tradisional yang sudah dilakukan sejak abad ke-15 ini?

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, mitos atau fakta?

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah sudah dilakukan sejak abad ke-15. Kala itu, meletakkan potongan bawang merah di dalam rumah selama semalaman suntuk, dipercaya bisa mengusir penyakit yang diderita penghuni rumah.Selain itu, ada juga cara mengobati flu pada bayi menggunakan bawang merah, dengan menempelkan potongan bawah di bagian telapak kaki, sambil mengenakan kaus kaki. Metode ini sudah dilakukan sejak zaman kuno di Tiongkok.Terdapat berbagai cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang secara turun- temurun telah dipercaya sejak lama. Berikut ini adalah beberapa contohnya:
  • Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah di telapak kaki

Jika dipikir dengan logika, cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah di telapak kaki, mungkin sulit untuk dicerna oleh nalar. Namun, banyak orang yang melakukannya.Terutama pada zaman Tiongkok kuno, ketika orang-orang mulai menyadari ada titik-titik pada telapak kaki yang memiliki “akses” terhadap organ dalam tubuh.Ada yang percaya, dengan meletakkan bawang merah di telapak kaki, senyawa dalam bawang akan masuk ke dalam tubuh, kemudian membunuh bakteri, virus, serta membersihkan darah. Tidak heran banyak orang yang kemudian yakin bahwa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah sangat efektif.
  • Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah

Selain meletakkan potongan bawang merah di telapak kaki, masyarakat zaman dahulu juga percaya menaruh potongan bawang merah di sekitar ruangan dapat menyembuhkan flu.Kala itu, masyarakat belum dibekali oleh pengetahuan bahwa sebenarnya kumanlah yang menyebabkan penyakit. Sehingga meletakkan bawang merah di dalam ruangan, dipercaya mampu membersihkan udara yang kotor.Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang satu ini belum dibuktikan secara medis. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak mencobanya.Bahkan, masyarakat pada zaman itu juga percaya bahwa berbagai macam bawang, termasuk bawang merah, memiliki kemampuan untuk “menyedot” bakteri dan virus dari dalam tubuh orang yang sedang sakit, atau membersihkan udara dari kuman yang berterbangan.

Apa kata penelitian ilmiah?

Bayi
Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah
Telah banyak riset yang meneliti pengobatan Tiongkok kuno, termasuk praktik pijat refleksi kaki, yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, sebuah laporan dari beberapa penelitian pun telah menyatakan bahwa praktik pengobatan Tiongkok kuno ini hanya menunjukkan sedikit manfaat dalam melawan penyakit.Beberapa penelitian bahkan menjelaskan, praktik pengobatan kuno ini berpotensi memperparah penyakit yang diderita.Selain itu, klaim bahwa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang tersebar di dunia maya, tidak didukung oleh penelitian ilmiah, melainkan opini semata.Namun menurut seorang dokter, meletakkan potongan bawang merah di dekat bayi yang sedang mengalami hidung mampet, dipercaya bisa membuat pernapasan mereka lebih “plong”. Sebab, senyawa sulfur yang dikandung bawang dipercaya bisa “memancing” lendir dan cairan untuk keluar dari dalam tubuh, sehinga hidung bayi yang tersumbat bisa diatasi.

Apakah metode ini berbahaya?

Walaupun cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat, tapi ternyata melakukannya pun tidak akan menimbulkan efek samping merugikan. Hanya saja, bau bawang yang menyengat bisa mengganggu beberapa orang, termasuk bayi Anda.Para ahli menyarankan, daripada menempelkannya di bagian tubuh tertentu, lebih baik jika bawang langsung dimakan. Sebab, layaknya sayuran lainnya, bawang sangatlah baik untuk kesehatan.Contohnya, bawang mengandung flavonoid, yang bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit peradangan lainnya. Selain itu, bawang juga menjadi sumber vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sistem imun bisa terjaga. Mengonsumsi bawang juga dipercaya bisa mencegah datangnya penyakit jantung.Namun ingat, bayi yang baru lahir tidak boleh mengonsumsi bawang. Bayi hanya boleh meminum air susu ibu sebagai makanan utamanya. Tunggulah sampai berusia 6-8 bulan ke atas, Si Kecil boleh diperkenalkan dengan bawang.

Catatan dari SehatQ:

Ingatlah, jika cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah meninggalkan perasaan ragu dalam benak Anda, ada baiknya tidak mengambil risiko dan melakukannya. Apalagi tanpa adanya pengawasan dan izin dari dokter.Daripada mengambil risiko yang berpotensi mengganggu kesehatan anak, lebih baik Anda langsung datang ke dokter untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, tanpa harus “bereksperimen” dengan bawang merah yang hasilnya belum didukung oleh penelitian ilmiah.Kesehatan anak harus menjadi prioritas. Maka dari itu, jika terjadi sesuatu pada anak Anda, jangan repot-repot melakukan cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah di atas, datang saja ke dokter yang bisa meresepkan obat-obatan medis terbaik.
bayi & menyusuimakanan sehatbayi pilekfluinfluenza
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/onion-in-sock#origin
Diakses pada 14 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320167#what-are-the-origins-of-the-remedy
Diakses pada 14 Mei 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/will-an-onion-in-the-room-stop-a-cold-or-the-flu-770452
Diakses pada 14 Mei 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/onion-for-babies-when-and-how-to-introduce/
Diakses pada 14 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/natural-remedies#1
Diakses pada 14 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait