Cara Mengobati Darah Beku Akibat Terjepit dengan Perawatan Mandiri dan Medis


Cara mengobati darah beku akibat terjepit dapat diatasi dengan perawatan rumahan atau penanganan medis tergantung pada tingkat keparahan cederanya. Cedera yang ringan bisa sembuh dengan sendirinya, sedangkan cedera yang tergolong berat mungkin membutuhkan sejumlah pengobatan dari dokter.

0,0
02 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara mengobati darah beku akibat terjepit adalah trephinationDarah beku di kuku akibat terjepit dapat diatasi dengan sejumlah cara
Banyak orang yang pernah mengalami darah beku di bawah kuku (subungual hematoma) setelah mengalami cedera, misalnya saat jari terjepit pintu. Cara mengobati darah beku akibat terjepit ini tergantung pada jenis cedera dan seberapa berat cedera yang dialami oleh kuku.Untuk cedera kecil yang tidak menyakitkan, Anda tidak memerlukan cara khusus untuk mengatasi darah beku secara medis. Namun, jika kerusakan akibat terjepit cukup parah, Anda mungkin memerlukan bantuan dokter untuk mengatasi darah beku di jari tersebut.

Penyebab dan gejala darah beku di jari kuku

Subungal hematoma dapat terjadi karena cedera jari, seperti terjepit, terhantam, tertimpa, atau  terpukul. Kondisi ini bisa mengakibatkan rasa sakit yang parah sebagai gejalanya sehingga harus segera ditangani dengan cara mengobati darah beku akibat terjepit yang tepat.Subungual hematoma juga dapat menyebabkan pembengkakan dan perubahan warna kuku menjadi hitam. Cedera ini umumnya tidak mengkhawatirkan dan dapat sembuh tanpa menggunakan pengobatan khusus.Di sisi lain, jika cederanya menyebabkan Anda mengalami patah tulang atau kerusakan pada dasar kuku dan/atau jaringan di sekitarnya, sebaiknya kondisi ini segera mendapatkan penanganan berupa cara mengatasi darah beku akibat terjepit secara medis.

Cara mengobati darah beku akibat terjepit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara mengobati darah beku di kuku jempol kaki atau di kuku lainnya dapat dilakukan dengan perawatan rumahan jika cederanya ringan atau penanganan medis jika cederanya tergolong berat. Berikut adalah penjelasan seputar kedua metode tersebut.

1. Cara mengobati darah beku dengan perawatan rumahan

Darah beku di jari kuku dianggap ringan jika cederanya berukuran kecil (kurang dari seperempat bagian kuku) dan tidak menimbulkan rasa sakit atau hanya sedikit sakit. Jika Anda mengalaminya, cukup lakukan cara menghilangkan darah beku di kaki secara mandiri di rumah.Berikut adalah cara mengobati darah beku akibat jari terjepit yang dapat membantu meringankan gejalanya:
  • Posisikan kaki atau tangan yang terkena cedera lebih tinggi untuk mengurangi pembengkakan.
  • Kompres dingin bagian yang cedera dengan es yang dibungkus kain atau handuk sekitar 20 menit.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas juga dapat membantu meredakan sakit dan mengurangi peradangan.
Setelah mengering, sisa darah beku tersebut sudah terlepas dari bantalan kuku dan bisa ikut terbuang setelah kuku dipotong.

2. Cara mengobati darah beku dengan penanganan medis

Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan cara mengobati darah beku akibat terjepit yang paling tepat, jika mengalami berbagai kondisi berikut:
  • Terjadi luka dalam pada bantalan kuku.
  • Perdarahan tidak kunjung berhenti.
  • Subungual hematoma terjadi pada lebih dari seperempat bagian kuku.
  • Darah beku di jari menyebabkan tekanan yang sangat kuat dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada bagian yang cedera sehingga memicu ketidaknyamanan atau bahkan kesulitan dalam menggunakan jari Anda.
  • Anda mencurigai adanya retak atau patah pada tulang jari.
  • Tidak ada perubahan pada kondisi cedera kuku atau kondisinya kian memburuk setelah beberapa hari sejak terjadinya cedera.
Untuk menghilangkan rasa sakitnya, dokter dapat melakukan dekompresi yang disebut trephination sebagai cara mengatasi darah beku akibat terjepit. Metode ini memungkinkan darah di bagian bawah kuku mengalir sehingga mengurangi tekanan dan rasa sakit di area tersebut.Cara mengobati darah beku di kuku jempol kaki atau kuku jari lainnya dengan metode trephination dapat dilakukan dengan menggunakan kauter untuk membuat lubang kecil sehingga darah dapat dialirkan dan mengurangi tekanan pada area cedera.Perawatan trephination dapat berlangsung dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Selain dengan kauter, metode ini juga bisa dijalankan dengan bantuan jarum untuk membuat lubang di kuku.Setelah prosedur trephination selesai, sebaiknya rawat bagian jari yang telah diobati dengan sejumlah perawatan rumahan, seperti:
  • Membalut jari tangan yang cedera dengan perban.
  • Mengangkat jari tangan yang cedera.
  • Kompres dingin mungkin diperlukan selama 12 jam pertama setelah dekompresi.
  • Beberapa kasus tertentu mungkin mengharuskan Anda memakai belat selama 3 hari atau hingga nyeri mereda.
  • Mengonsumsi obat yang diresepkan dokter secara teratur.
Pada beberapa kondisi, cara menghilangkan darah beku di kaki mungkin mengharuskan dokter melepas seluruh kuku Anda. Kondisi ini dapat dilakukan saat terjadi perdarahan di bawah sebagian besar permukaan kuku atau terjadi kerusakan parah pada bantalan kuku akibat cedera yang dialami.Sebagian besar kasus darah beku akibat terjepit dapat sembuh dengan sendirinya. Perhatikan perkembangan luka Anda selama 48 jam dan periksakan ke dokter jika kondisinya membuat Anda khawatir.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
pembekuan darahkuku
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/bleeding-under-nail
Diakses 20 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/subungual-hematoma
Diakses 20 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/nail-bed-injury
Diakses 20 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/smashed-finger#bruised-fingernail
Diakses 20 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait