Cara Pengobatan Cacar air yang Aman dan Efektif pada Anak

(0)
12 Apr 2019|Nina Hertiwi Putri
berbagai macam pengobatan dokter untuk mengobati cacar air pada anakCacar air bukanlah penyakit yang berbahaya, tapi sangat menular jika terjadi pada usia kanak-kanak.
Cacar air merupakan infeksi virus varicella zoster. Cacar air bukanlah suatu penyakit berbahaya, tapi sangat menular jika terjadi pada anak kecil. Kondisi ini dapat  membuat anak menjadi tidak nyaman karena terus merasa gatal dan demam. Lantas, adakah pengobatan yang efektif mengatasi cacar air pada anak agar cepat sembuh? Juga, bagaimana cara orangtua mengatasi gejala cacar air pada anak di rumah?

Pengobatan cacar air pada anak oleh dokter

Tidak ada satu obat khusus yang dapat digunakan untuk menyingkirkan virus cacar air dari tubuh anak. Langkah pengobatan cacar air dari dokter biasanya meliputi beragam pilihan obat berbeda untuk meredakan gejala demam pada anak, membantu mengurangi rasa gatal dan mencegah penularan cacar air, hingga meningkatkan sistem imun tubuh anak untuk melawan infeksi.Beberapa obat yang umumnya diresepkan dokter untuk mengobati cacar air pada anak adalah:

1. Obat pereda demam dan nyeri

Obat pereda nyeri berupa paracetamol dapat membantu menurunkan demam dan nyeri akibat infeksi cacar air pada anak.Nyeri yang timbul saat infeksi cacar air, disebabkan oleh benjolan-benjolan berisi cairan, yang muncul di kulit maupun di dalam rongga mulut.Paracetamol aman untuk dikonsumsi anak yang berusia di atas dua bulan.Mengobati cacar air pada anak dengan obat pereda nyeri dari golongan Obat Non-steroid Anti Inflamasi (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin bukanlah cara yang tepat. Obat golongan ini justru dapat memperparah kondisi.Penggunaan aspirin dilarang untuk anak berusia di bawah 16 tahun berisiko karena menimbulkan komplikasi serius, berupa sindrom Reye.

2. Obat antivirus

Obat antivirus tidak dapat mematikan virus penyebab cacar air secara langsung.Namun, pengobatan cacar air dengan antivirus dapat membantu menghambat pergerakan serta perkembangan virus pada tubuh anak. Dengan begitu, virus tak lagi mendapat kesempatan untuk menggandakan diri dan menyebarkan infeksi lebih lanjut.Obat antivirus paling efektif diberikan dalam 24 jam setelah gejala cacar air mulai muncul. Obat antivirus yang digunakan umumnya adalah acyclovir, valacyclovir, atau famcyclovir.Namun, pemberian antivirus sebetulnya bukanlah langkah pengobatan utama untuk mengobati cacar air pada anak.Obat ini umumnya akan diberikan pada individu yang berisiko tinggi terkena komplikasi akibat cacar air, dengan kriteria:
  • Berusia di atas 12 tahun
  • Wanita hamil
  • Memiliki penyakit kulit, misalnya eksim
  • Memiliki riwayat penyakit paru-paru kronis
  • Memiliki daya tahan tubuh lemah, akibat penyakit atau perawatan medis tertentu

Cara mengatasi cacar air pada anak di rumah

Selain dengan minum obat dari dokter, beberapa perawatan di bawah ini juga dapat mengatasi gejala infeksi cacar air pada anak di rumah:

1. Banyak minum air

Banyak minum air dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan virus dengan lebih cepat, dan mencegah terjadinya dehidrasi.Bagi anak yang sulit untuk minum, Anda dapat memberikan permen lolipop yang tidak mengandung gula.Lolipop juga dapat membantu meredakan rasa nyeri apabila benjolan cacar air menyebar hingga ke rongga mulut.

2. Redakan rasa gatal

Cacar air dapat menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat.Namun apabila terus digaruk, akan muncul bekas luka dan mempermudah penyebaran penyakit ke area lain di tubuh.Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah luka.
  • Rutin menggunting kuku agar tetap pendek dan bersih
  • Memakaikan sarung tangan tebal atau kaus kaki pada tangan anak saat tertidur, agar garukan tanpa sengaja saat tidur, tidak membuat kulit terluka
  • Gunakan losion calamine atau mandi menggunakan oatmeal, untuk mengurangi rasa gatal
  • Mengenakan pakaian yang longgar

3. Kompres kulit dengan air dingin

Mengompres area kulit yang berbintil adalah cara tepat untuk mengatasi gatal dan nyeri pada anak yang sakit cacar air. Dengan begitu, keinginan untuk menggaruk juga akan berkurang.Cacar air pada anak umumnya dapat sembuh sendiri dalam satu hingga dua minggu setelah infeksi terjadi. Namun, berbagai pengobatan dari dokter serta perawatannya di rumah dapat membantu mengobati cacar air pada anak dengan lebih cepat. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter mengenai obat cacar air serta langkah-langkah pengobatan yang paling tepat sesuai dengan kondisi anak Anda.
perawatan kulitpenyakit anakcacar airkesehatan kulitpenyakit kulit
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/239450.php
Diakses pada 1 April 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-chickenpox#1
Diakses pada 1 April 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/chickenpox/treatment-home-remedies/
Diakses pada 1 April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/children/understanding-chickenpox-treatment
Diakses pada 1 April 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait