Intip Cara Mengobati Bronkitis dengan Madu yang Praktis Berikut Ini


Cara mengobati bronkitis dengan madu bisa dengan langsung diminum atau dicampurkan dengan air hangat maupun teh dan lemon. Cara alami lainnya adalah dengan jahe, bawang putih, dan kunyit.

0,0
02 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati bronkitis dengan madu bisa langsung diminum atau dicampur air hangatCara mengobati bronkitis dengan madu bisa membuat minuman hangat untuk melegakan tenggorokan
Meski tidak bisa mengobati secara total, ada banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk meredakan gejala bronkitis, salah satunya madu. Cara mengobati gejala bronkitis dengan madu termasuk metode klasik yang menurut klaim banyak orang, efektif untuk meredakan gangguan pernapasan pemicu batuk ini.Bronkitis adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada bronkus. Bronkus merupakan saluran yang menghubungkan paru-paru ke mulut dan hidung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus maupun faktor kebiasaan seperti merokok ataupun lingkungan seperti debu.Gejala bronkitis yang paling umum dirasakan adalah batuk. Beberapa orang juga ada yang mengalami demam, sesak napas, dan menggigil. Anda bisa meredakannya lewat beberapa cara, salah satunya dengan mengonsumsi madu.

Bagaimana cara mengobati bronkitis dengan madu?

Madu bisa mengobati bronkitis
Campuran madu dan lemon bisa mengobati bronkitis
Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang secara spesifik mengatakan bahwa madu bisa menyembuhkan bronkitis. Namun, madu terbukti bisa meredakan gejala bronkitis yang muncul, seperti batuk dan sakit tenggorokan.Kemampuan madu dalam meredakan gejala bronkitis didapatkan dari kandungan antiperadangan dan antibakteri yang dimilikinya.Salah satu jenis madu terbaik untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bronkitis adalah madu Manuka. Anda juga bisa menggunakan madu jenis lain, selama madu tersebut alami dan asli.Berikut adalah cara mengobati gejala bronkitis dengan madu:
  • Minum satu sendok madu tanpa tambahan apa pun sebelum tidur
  • Campurkan satu sendok madu dengan segelas air hangat dan minum sebelum tidur
  • Campur madu dengan segelas teh hijau atau teh hitam dan perasan lemon yang kaya kandungan antioksidan
Cara mengobati bronkitis di atas akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk, sehingga Anda bisa bernapas dengan lebih nyaman.

Pilihan obat alami bronkitis

Obat bronkitis alami salah satunya air putih
Air putih bisa meredakan gejala bronkitis secara alami
Selain dengan madu, terdapat bahan alami yang dipercaya untuk obat herbal bronkitis.Berikut ini adalah beberapa cara mengobati dan meredakan gejala bronkitis secara alami:

1. Air putih

Mengonsumsi banyak air putih adalah cara mengobati bronkitis yang paling sederhana namun ampuh. Minum 8-12 gelas air putih dalam sehari akan membantu mengencerkan dahak di tenggorokan, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk.

2. Jahe

Jahe dipercaya memiliki efek antiperadangan yang dapat meredakan infeksi saluran pernapasan. Untuk mengobati bronkitis dengan jahe, Anda bisa mencapurkan rempah ini ke dalam teh atau dicampur ke makanan sebagai bumbu utama.

3. Bawang putih

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih bisa menghambat pertumbuhan virus penyebab bronkitis.Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat bronkitis alami, Anda bisa memakannya secara langsung. Beberapa suplemen herbal juga menyediakan bawang putih yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul.

4. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki efek antiperadangan yang dapat meredakan gejala bronkitis. Rempah yang satu ini juga dapat meningkatkan aktivitas antioksidan di tubuh, sehingga daya tahan tubuh bertambah.

5. Uap air

Terapi uap air bisa mengencerkan dahak sehingga gejala batuk pada pengidap bronkitis bisa cepat mereda. Anda bisa melakukan terapi uap dengan mandi air hangat sambil mengambil beberapa napas panjang dan dalam.

Kapan harus memeriksakan bronkitis ke dokter?

Apabila batuk, sakit tenggorokan, maupun gejala bronkitis lainnya tak kunjung reda setelah mencoba berbagai cara mengobati bronkitis di atas, termasuk dengan madu, segera periksakan diri ke dokter.Anda juga disarankan untuk memeriksakan bronkitis ke dokter apabila ada tanda-tanda di bawah ini:
  • Batuk disertai dahak kental berwarna kuning atau hijau
  • Gejala bronkitis yang dirasakan membuat tidak bisa tidur nyenyak
  • Bronkitis tidak kunjung sembuh meski sudah lebih dari 3 minggu
  • Saat batuk keluar darah
  • Muncul cairan dengan rasa tidak enak di mulut saat batuk. Ini bisa saja disebabkan oleh refluks asam lambung
  • Demam tinggi
  • Sesak napas dan napas berbunyi ngik-ngik (mengi)
Batuk pada orang yang mengalami bronkitis kronis bisa bertahan hingga berbulan-bulan sehingga Anda perlu rutin memeriksakan diri ke dokter.Apabila masih ada pertanyaan seputar pengobatan bronkitis, Anda bisa menanyakan langsung pada dokter lewat fitur Chat Dokter di Aplikasi Kesehatan SehatQ. Unduh secara gratis di App Store ataupun Google Play sekarang.
penyakit paru-parubatukbronkitismadu
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bronchitis
Diakses pada 24 Agustus 2021
WebMD. https://www.webmd.com/lung/what-helps-you-feel-better-with-bronchitis
Diakses pada 24 Agustus 2021
WebMD. https://www.webmd.com/lung/home-remedies-bronchitis
Diakses pada 24 Agustus 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/486947-is-honey-lemon-good-for-bronchitis/
Diakses pada 24 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317705
Diakses pada 24 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait