Cara Mengobati Bisul Akibat Kista Pilonidal yang Tumbuh di Bokong

Cara mengobati bisul di bokong sebaiknya dilakukan oleh dokter agar tuntas
Cara mengobati bisul di bokong sebaiknya dilakukan oleh dokter agar tuntas

Bisul bisa muncul di area mana saja di tubuh kita ketika kulit mengalami infeksi. Contoh bagian kulit yang rentan terkena bisul adalah area yang sering mengalami gesekan (seperti selangkangan) atau sering terkena keringat (seperti punggung).

Namun bokong juga bisa menjadi area yang rentan ditumbuhi bisul. Kondisi ini dikenal dengan kista pilonidal. Apa bedanya dengan bisul biasa dan bagaimana cara mengobati bisul jenis ini?

Kista pilonidal yang berkembang menjadi bisul

Kista pilonidal adalah sebuah benjolan di kulit yang terbentuk dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan rambut-rambut yang terkumpul di bawah kulit. Ujung tulang ekor yang tepat berada di atas belahan bokong merupakan lokasi tumbuhnya kista ini. 

Kista pilonidal yang berukuran kecil dan tidak terinfeksi biasanya tidak menimbulkan keluhan apapun. Tetapi bila terinfeksi, kista ini akan menjadi bisul yang bernanah dan terasa sakit. 

Rasa sakit bisa hanya terasa di atas belahan bokong, namun bisa pula menyebar hingga ke punggung bawah. Demam dan bau tak sedap dari area bisul tumbuh juga dapat dialami oleh penderita.

Meski sudah sembuh, tak jarang juga terjadi kekambuhan dan bisul muncul berulang kali di lokasi yang sama. 

Penyebab munculnya kista pilonidal kemungkinan akibat tekanan dan gesekan yang sering dan berulang-ulang di area yang sama. Oleh sebab itu, kista ini lebih sering diderita oleh sopir-sopir kendaraan jarak jauh yang menuntut penderita untuk duduk bersandar dalam waktu lama dalam kendaraan.

Selain akibat profesi, laki-laki berusia di atas 20 tahun, orang yang memiliki lebih banyak rambut di tubuhnya, serta orang yang mudah berkeringat juga rentan terkena bisul akibat kista pilonidal. Apalagi jika orang tersebut kurang aktif bergerak, mengalami obesitas, dan kurang menjaga kebersihan tubuh. 

Cara mengobati bisul akibat kista pilonidal

Bisul dari kista pilonidal sebaiknya segera ditangani. Selain untuk menghilangkan rasa sakit, pengobatan juga bertujuan mencegah bisul bertambah parah. Berikut beberapa cara mengobati bisul di bokong untuk meredakan gejalanya yang bisa Anda coba di rumah:

  • Duduk berendam dalam air hangat atau menempelkan kompres hangat pada bisul. Selain meredakan rasa sakit, langkah ini juga dimaksudkan agar nanah dan cairan di bisul lebih cepat mengering.
  • Mengoleskan minyak alami, seperti tea tree oil atau castor oil, untuk membantu dalam meredakan rasa sakit dan mengurangi infeksi. Pasalnya, minyak-minyak tersebut mempunyai khasiat antimikroba.
  • Mengoleskan gel lidah buaya guna membantu dalam meredakan iritasi. 
  • Konsumsi suplemen vitamin C dan zinc yang akan membantu proses penyembuhan luka. 
  • Gunakan bantal untuk menyangga punggung bawah saat duduk bersandar. Bantal yang empuk dapat membantu Anda duduk lebih nyaman sekaligus mengurangi tekanan serta gesekan di ujung tulang ekor saat Anda duduk bersandar. 

Cara mengobati bisul di atas kemungkinan besar tidak sepenuhnya menyembuhkan. Penanganan lebih tuntas adalah dengan membersihkan bisul oleh dokter.

Dokter biasanya akan membuat sayatan pada bisul guna mengeluarkan nanah. Setelah seluruh nanah dikeluarkan, dokter akan membersihkan luka yang tersisa. 

Jenis bisul akibat kista pilonidal berpotensi kambuh dan bisa bertambah parah dengan terbentuknya saluran kecil dari bisul. Sinus tract kemudian dapat menyebarkan infeksi lebih luas di bawah kulit. 

Jika bisul sudah membentuk sinus tract, operasi yang lebih ekstensif akan diperlukan untuk menanganinya. Kista pilonidal akan dibuang dan lokasi tumbuhnya akan dibersihkan. Demikian pula dengan sinus tract yang harus dibuka dan dibersihkan secara keseluruhan.

Luka bekas bisul bisa dibiarkan terbuka oleh dokter agar kering dan sembuh sendiri bila luka tergolong kecil. Untuk bekas luka yang cukup besar, dokter bisa menjahitnya supaya menutup dengan rapi setelah nanah dikeluarkan.

Kedua cara mengobati bisul tersebut membutuhkan perawatan luka yang saksama. Selain perawatan untuk mencegah infeksi, luka juga biasanya harus rutin diperiksakan ke dokter hingga benar-benar sembuh.

Agar bisul tak muncul kembali, jagalah kebersihan kulit Anda. Khusus untuk bisul akibat kista pilonidal, hindari durasi duduk yang terlalu lama.

Jika Anda terpaksa melakukannya, duduklah dengan posisi yang tidak menekan area ujung tulang ekor. Gunakan bantal duduk yang empuk untuk mengganjal punggung bawah hingga tulang ekor.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/treatment-for-pilonidal-cyst-1124172
Diakses pada 24 Juni 2019

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/pilonidal_cyst/article.htm#what_are_risk_factors_for_a_pilonidal_cyst
Diakses pada 24 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed