Kenali Berbagai Cara Mengobati Asam Urat untuk Meringankan Gejalanya


Cara mengobati asam urat bisa Anda lakukan sendiri dari rumah. Tingginya kadar asam urat memang dapat menyebabkan peradangan sendi akut atau disebut arthritis gout.

(0)
Cara mengobati asam urat di lututPenderita asam urat akan merasakan bengkak dan nyeri di persendian lutut.
Pasien yang terdiagnosis asam urat tinggi, pasti pernah merasakan bengkak dan nyeri di persendian seperti jempol kaki, lutut, maupun pergelangan kaki. Lalu bagaimana cara mengobati asam urat?Tingginya kadar asam urat memang dapat menyebabkan peradangan sendi akut atau disebut arthritis gout. Bila mengalami keluhan ini, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.[[artikel-terkait]]

Cara mengobati asam urat untuk meringankan gejala

Pengobatan arthritis gout harus dilakukan berdasarkan petunjuk dokter. Namun sebelum pergi ke dokter, Anda bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat gejala asam urat yang timbul dengan berbagai cara mengobati asam urat yang bisa Anda lakukan di rumah berikut:

1. Pantau kadar asam urat Anda

Jika Anda terdiagnosa mengidap asam urat, berbagai cara metode pengobatan penyakit ini tak mungkin efektif jika Anda tidak memantau kadarnya.Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan tes kadar asam urat yang dibeli di apotek. Bentuk dan cara penggunaannya hampir sama dengan alat pemeriksa gula darah. Namun agar hasilnya akurat, minta dokter atau apoteker untuk mengajarkan Anda sebelum menggunakan alat ini di rumah.Dengan menggunakan alat ini Anda bisa terus memantau kadar asam urat yang normalnya adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL.

2. Konsumsi obat asam urat dari dokter

Mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan asam urat. Jika Anda telah diresepkan obat asam urat oleh dokter, pastikan Anda mematuhi aturan jadwal minum dan takaran dosisnya sesuai petunjuk untuk mencegah gejalanya kembali.Beberapa contoh obat penurun asam urat yang biasanya diresepkan oleh dokter adalah allopurinol dan colchicine. Umumnya dokter juga akan meresepkan obat antiradang seperti celecoxib, indomethacin, meloxicam, atau sulindac untuk meredakan nyeri dan bengkak yang muncul di persendian.

3. Olahraga teratur

Saat Anda menjalani pengobatan untuk asam urat, penting untuk terus bergerak aktif dengan olahraga agar persendian tidak kaku. Anda bisa melakukan olahraga secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit untuk 5 hari dalam seminggu.Gejala asam urat yang parah lebih bisa dikendalikan jika Anda rutin berolahraga. Olahraga membuat sendi menjadi lebih kuat dan terlatih dengan baik sebagai pencegahan nyeri yang kerap menyerang orang dengan asam urat. Meskipun dianjurkan untuk berolahraga, Anda tidak disarankan untuk berolahraga tepat saat asam urat sedang kambuh menyerang.

4. Perbanyak minum air mineral

Perbanyaklah minum air mineral minimal delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Memperbanyak minum air termasuk salah satu cara menurunkan asam urat yang efektif, meski tidak terasa secara langsung hasilnya. Air bekerja dengan cara mengangkut zat-zat racun dan yang sudah tidak terpakai dalam tubuh,  termasuk kelebihan asam urat.

5. Menjaga kadar insulin 

Pastikan Anda menjaga kadar insulin tetap di ambang normal untuk membantu mengobat asam urat. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, meski Anda tidak menderita diabetes. Kelebihan insulin dalam darah kemungkinan dapat memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Sempatkan diri untuk cek gula darah ketika mengunjungi dokter untuk memeriksakan kadar asam urat Anda.

6. Jauhkan diri dari stres

Stres tidak hanya berdampak pada suasana hati (mood), melainkan juga pada kesehatan tubuh Anda dari dalam. Salah satu efek stres yang kerap diabaikan adalah menurunnya daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko peradangan.Kedua hal ini bisa memicu peningkatan asam urat dalam darah yang dapat memicu berbagai gejala. Anda dapat melakukan meditasi atau olahraga yoga untuk membantu mencegah stres sembari melenturkan persendian pada gerakan-gerakannya.

Jaga kadar asam urat dalam darah tetap normal

Seperti kita ketahui, arthritis gout dapat kambuh bila kadar asam urat dalam tubuh tidak dijaga dengan baik. Berikut hal mudah dan alami yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap normal.

1. Menjaga pola makan yang sehat

Makanan yang perlu Anda hindari dan kurangi adalah makanan yang tinggi purin sepeti jeroan, makanan berlemak, makanan laut, minuman beralkohol seperti bir, dan minuman manis bersoda lainnya.Sebaliknya, makanan berikut dapat Anda perbanyak untuk menurunkan asam urat dalam tubuh, seperti air mineral, buah-buahan dan sayur, serta gandum utuh.Buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kadar asam urat darah adalah buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi. Cirinya adalah buah yang berwarna gelap seperti anggur, blackberry, blueberry, raspberry, dan sebagainya.  Mengonsumsi vitamin C yang cukup juga dapat membantu mengurangi asam urat darah. Penuhi kecukupan vitamin C harian Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, tomat, dan lain-lain.

2. Menjaga berat badan ideal

Kegemukan merupakan salah satu faktor resiko terjadinya arthritis gout. Oleh sebab itu, penting sekali mempertahankan berat badan ideal, yaitu dengan cara berolahraga teratur.Ada beberapa cara olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah. Namun sebelum Anda berkomitmen melakukan jenis olahraga tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokterDokter akan menyarankan  jenis olahraga yang paling cocok untuk Anda lakukan sesuai dengan kondisi sendi Anda.Selain cara alami di atas, ada pula beberapa pula obat asam urat alami yang bisa Anda coba rutin konsumsi. Misalnya, apel, makanan berserat, dan teh hijau. Anda pun bisa mencoba infused water untuk asam urat, yakni dengan menambahkan 1-2 iris lemon ke segelas air.Itulah cara-cara alami dan mudah yang dapat Anda lakukan di rumah sebagai cara mengobati asam urat. Semoga informasi ini membantu.
asam uratartritisradang sendi
WebMD. https://www.webmd.com/arthritis/gout-attacks-at-home#1
Diakses 28 April 2019.
Healthline. https://www.healthline.com/health/gout-treatments#prevention
Diakses 28 April 2019
Gout and You. https://goutandyou.com/gout-and-exercise/
Diakses 28 April 2019
Kemenkes RI. http://gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2013/09/Brosur-Diet-Rendah-Purin.pdf
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait