Cari Tahu Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT

(0)
Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT bisa dilakukan dengan USGUSG adalah cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT yang paling akurat
Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT tentu harus dicari tahu. Sebab, seorang calon ibu harus mengetahui sudah berapa lama calon buah hati berada di dalam janin. Mengetahui usia kehamilan dapat membuka banyak informasi yang bisa digunakan untuk persiapan menyambut calon buah hati, seperti Hari Perkiraan Lahir (HPL).Dengan mengetahui usia kehamilan pula, calon ibu akan memahami cara merawat janin yang sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) adalah salah satu indikator untuk menentukan usia kehamilan dan memperkirakan tanggal persalinan. Oleh karena itu, HPHT penting untuk diingat karena akan memengaruhi banyak aspek kesehatan calon ibu dan buah hati yang dikandung.Sebagai contoh, trimester pertama kehamilan merupakan fase yang penting bagi janin. Dalam tiga bulan pertama, organ tubuh beserta sistemnya mulai terbentuk dalam kandungan.
Kehamilan trimester pertama merupakan fase penting bagi janin
Fase ini juga penting bagi calon ibu. Penelitian yang dipaparkan jurnal Health Expectations, para calon ibu cenderung menganggap fase trimester pertama sangat penting dan berharga untuk mencari informasi tentang kehamilan, termasuk menilik tanda-tanda perubahan pada dan mengantisipasi trimester berikutnya.Lantas, bagaimana jika lupa HPHT? Jangan panik. Inilah cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT:

1. USG

Ada beragam jenis cara yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan anak jika lupa HPHT dengan USG. Teknik ini digunakan untuk melihat perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan anak jika lupa HPHT dengan USG, yaitu:
  • USG transvaginal
    Jenis USG yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan jika lupa HPHT adalah USG transvaginal. Selama prosedur USG, panjang janin diukur dari ujung paling atas hingga paling bawah untuk menentukan usia kehamilan.

    Saat melakukan prosedur USG, sebuah alat panjang pun dimasukkan ke dalam vagina dan memindai keadaan janin di dalam rahim.

  • USG abdomen
    Selain teknik transvaginal, ada teknik USG abdomen yang turut berguna untuk menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT. Pada ini USG abdomen, alih-alih dimasukkan ke dalam vagina, pemindai hanya digunakan di permukaan perut yang hamil.
    USG abdomen mampu menunjukkan usia kehamilan
Menurut jurnal Gestational Age Assesment, untuk menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT dengan USG, ada beberapa bagian tubuh bayi yang dijadikan patokan usia kehamilan, yaitu
  • CRL (Crown-rump length): mengukur panjang janin dari ujung kepala hingga bokong janin. Pengukuran ini biasanya dilakukan pada trimester pertama.
  • BPD (Biparietal diameter): mengukur diameter kepala janin.
  • HC (Head circumference):  mengukur keliling kepala janin.
  • FR (Femur length): mengukur panjang tulang kaki janin.
  • AC (Abdominal circumference):  keliling perut janin.

2. Mengukur tinggi fundus

Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT juga bisa dengan mengukur tinggi fundus. Tinggi fundus merupakan jarak dari puncak tulang pubis atau tulang kemaluan sampai ke bagian paling atas perut ibu hamil.Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT ini dilakukan dengan cara mengukur panjang tulang kemaluan sampai puncak rahim. Satuan yang digunakan adalah sentimeter.Biasanya, jumlah ukuran tinggi fundus dalam sentimeter akan sama dengan usia kehamilan dalam satuan minggu. Misalnya, jika tinggi fundus adalah 25 cm, usia kehamilan Anda adalah 25 minggu. 

Mana cara menghitung usia kehamilan yang paling akurat jika lupa HPHT?

Cara menghitung usia jika lupa HPHT bisa dilakukan dengan sonografi (USG) atau dengan mengukur tulang fundus. Dari kedua cara ini, yang lebih akurat adalah dengan USG.Pasalnya, tinggi tulang fundus kerap tidak pas dengan usia kehamilan sehingga tidak diandalkan sebagai cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT.Sementara itu, USG mampu memperlihatkan kondisi perkembangan fisik janin. Seiring bertambahnya ukuran fisik janin, maka semakin bertambah pula usia kehamilan.Guna mendapatkan informasi paling akurat dengan USG, Anda dianjurkan melakukan tindakan USG pada trimester pertama.Memang ketika lupa HPHT, Anda tidak bisa tahu persis kapan Anda memasuki trimester pertama. Namun, Anda bisa mengecek perubahan kondisi fisik Anda saat trimester pertama. Inilah tanda-tandanya:
Mual dan muntah adalah salah satu tanda kehamilan awal
  • Payudara membesar.
  • Mual dan muntah.
  • Semakin sering buang air kecil.
  • Kelelahan.
  • Mengidam.
  • Perut mulas, terasa panas.

Catatan dari SehatQ

Cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT perlu dicari tahu. Pasalnya jika sudah mengetahui usia kehamilan, Anda akan memahami bagaimana cara merawat kandungan sesuai masa tumbuh kembang janin.Pada trimester pertama, organ-organ tubuh penting beserta sistemnya sedang berkembang. Pada trimester selanjutnya, jenis kelamin dan kondisi mental calon buah hati pun sudah terbentuk. Informasi ini tentunya diperlukan agar persiapan menyambut buah hati pun maksimal.Jika ingin lebih pasti mengetahui usia kehamilan, segera temui dokter kandungan Anda. Lewat konsultasi, jawaban atas usia kehamilan pun bisa didapat seakurat mungkin.Agar tidak terlupa, selalu biasakan mencatat hari pertama haid Anda dan tanggal berakhirnya dari jauh-jauh hari. Terutama jika Anda dan pasangan memang berencana menjalani program hamil.
kehamilantrimester pertama kehamilanpemeriksaan kehamilanusg
Naidu dan Fredlund. 2020. Gestational Age Assessment. StatPerls Publishing.https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-first-trimester (Diakses pada 3 September 2020)https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5689234/ (Diakses pada 3 September 2020)https://www.verywellfamily.com/how-many-weeks-pregnant-am-i-2758651 (Diakses pada 3 September 2020)https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/calculating-conception-due-date-70944 (Diakses pada 4 September 2020)https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20047208 (Diakses pada 4 September 2020)https://www.healthline.com/health/pregnancy/ultrasound (Diakses pada 4 September 2020)
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait