5 Cara Menghilangkan Varises yang Bisa Anda Coba di Rumah

Untuk mengatasi varises, lakukan olahraga dengan teratus untuk memperlancar sirkulasi darah
Aktivitas olah raga bisa memperlancar sirkulasi darah untuk mengatasi varises

Varises pada kaki kerap menjadi permasalahan, terutama karena wujudnya yang sangat jelas terlihat. Ada beberapa cara untuk menghilangkan varises oleh dokter, seperti operasi dan terapi panas.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Namun jika memilih untuk melakukan perawatan secara alami, Anda tidak perlu bingung. Beberapa cara menghilangkan varises secara alami seperti di bawah ini pun dianggap cukup efektif.

1. Olahraga

Olahraga secara teratur dapat membuat sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar. Hal ini membuat penumpukan darah di pembuluh darah yang menjadi penyebab varises, dapat terdorong. Olahraga juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko terbentuknya varises.

Olahraga ringan dapat membantu melatih otot betis, guna mengatasi varises. Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan yoga.

2. Ubah Pola Makan

Mengonsumsi makanan asin dapat membuat tubuh menahan air secara berlebih. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan asin dapat mengurangi cairan berlebih yang tertahan oleh tubuh.

Makanan yang kaya akan kandungan potasium dapat membantu tubuh agar tidak terlalu banyak menahan cairan. Anda bisa mengonsumsi:

  • Kacang almond dan pistachio serta kacang-kacangan lainnya
  • Kentang
  • Sayuran hijau
  • Beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna

Selain itu, untuk menghilangkan varises, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Sebab, makanan tersebut dapat membantu mencegah konstipasi, yang dapat memicu kerusakan pembuluh darah.

Makanan yang kaya akan serat yang dapat Anda konsumsi di antaranya:

  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Makanan yang terbuat dari gandum

Orang dengan kelebihan berat badan juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami varises. Karena itu, mengurangi berat badan hingga mencapai angka ideal, dapat membantu mengurangi tekanan yang diterima oleh pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya pembengkakan.

3. Pijat Refleksi

Pijat refleksi dipercaya dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi di kaki. Namun, apabila varises dialami oleh ibu hamil, berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan pijat refleksi. Umumnya, wanita yang menjalani kehamilan pada trimester pertama, tidak disarankan untuk menjalani terapi ini.

Pijat dapat membantu memperlancar aliran darah di kaki. Meski begitu, Anda perlu menghindari untuk menekan pembuluh darah varises secara langsung saat pijat, karena dapat merusak jaringan yang rapuh.

4. Atur Posisi Kaki

Saat sedang beristirahat, Anda disarankan untuk mengangkat kaki setinggi posisi jantung, atau lebih tinggi. Anda dapat menyenderkan kaki ke tembok. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki. Dengan menaikkan kaki, gaya gravitasi juga akan membantu darah kembali mengalir dengan lancar ke jantung.

Anda juga sebaiknya menghindari duduk terlalu lama. Jika pekerjaan mengharuskan untuk duduk lama, Anda perlu sesekali bergerak atau berdiri untuk menjaga aliran darah agar tetap lancar.

Hindari juga duduk dengan menyilangkan kaki. Posisi ini dapat membuat aliran darah ke kaki terhambat, dan membuat gangguan pada sirkluasi darah.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid

Flavonoid berguna untuk mengatasi gangguan pada jantung. Kandungan ini dapat membantu memperlancar aliran darah, mengurangi tekanan darah arteri, dan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Untuk mendapatkan manfaat flavonoid, Anda dapat mengonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, dan paprika. Selain itu, buah-buahan seperti anggur, stroberi, blueberry, ceri, apel, serta minuman teh hijau, juga bisa menjadi pilihan.

Cara menghilangkan varises di atas hanya merupakan alternatif lain selain perawatan oleh dokter. Anda disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan di atas. Selain itu, perhatikan apabila muncul tanda-tanda alergi. Konsultasikan dengan dokter apabila varises tidak kunjung hilang dan keluhan terus berlanjut.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed