logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Catat! 9 Cara Menghilangkan Varises yang Bisa Anda Coba di Rumah

open-summary

Cara menghilangkan varises bisa dilakukan dengan mudah di rumah, seperti olahraga yang teratur, ubah pola makan, hingga menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat.


close-summary

3.26

(193)

16 Apr 2019

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

cara menghilangkan dan menyembuhkan varises di kaki dengan obat dan alami

olahraga rutin termasuk salah satu cara alami untuk menghilangkan varises di kaki

Table of Content

  • Cara menghilangkan varises di kaki secara alami

Varises pada kaki kerap menjadi permasalahan, terutama karena wujudnya yang sangat jelas terlihat. Tidak perlu bingung apalagi risau. Ada banyak macam cara menghilangkan varises melalui perawatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah dan dianggap cukup efektif.

Advertisement

Cara menghilangkan varises di kaki secara alami

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang membuatnya sampai tampak terlihat jelas di permukaan kulit. Terkadang, rasa sakit akan muncul di bagian tubuh yang terdampak dan jika tidak segera ditangani, nyerinya bisa semakin parah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi varises di kaki:

1. Olahraga

Olahraga teratur dapat membuat sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar sehingga pembengkakan pembuluh vena perlahan ikut mengempis. 

Olahraga juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko terbentuknya varises.

Olahraga ringan dapat membantu menguatkan otot betis sehingga dapat mencegah terbentuknya varises baru di kaki.

Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain berjalan kaki, berenang, bersepeda, dan yoga.

2. Ubah pola makan

Mengonsumsi makanan asin dapat membuat tubuh menahan air secara berlebih. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan asin dapat mengurangi cairan berlebih yang tertahan oleh tubuh.

Makanan yang kaya akan kandungan potasium dapat membantu tubuh agar tidak terlalu banyak menahan cairan. Anda bisa mengonsumsi:

  • Kacang almond dan pistachio serta kacang-kacangan lainnya
  • Kentang
  • Sayuran hijau
  • Beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna

Selain itu, cara menghilangkan varises yang disarankan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Sebab, makanan tersebut dapat membantu mencegah konstipasi, yang dapat memicu kerusakan pembuluh darah.

Makanan yang kaya akan serat yang dapat Anda konsumsi di antaranya:

  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Makanan yang terbuat dari gandum

Orang dengan kelebihan berat badan juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami varises. Oleh karena itu, mengurangi berat badan dapat membantu mengurangi tekanan yang diterima oleh pembuluh darah dan mencegah terjadinya pembengkakan.

3. Pijat refleksi

Pijat refleksi dipercaya dapat menjadi cara menyembuhkan varises dengan mengurangi pembengkakan yang terjadi di kaki.

Namun, apabila varises dialami oleh ibu hamil, berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan pijat refleksi. Umumnya, wanita yang menjalani kehamilan pada trimester pertama, tidak disarankan untuk menjalani terapi ini.

Pijat dapat membantu memperlancar aliran darah di kaki. Meski begitu, Anda perlu menghindari untuk menekan pembuluh darah varises secara langsung saat pijat, karena dapat merusak jaringan yang rapuh.

4. Atur posisi kaki

Saat sedang beristirahat, Anda disarankan untuk mengangkat kaki setinggi posisi jantung, atau lebih tinggi.

Anda dapat menyenderkan kaki ke tembok. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki. Dengan menaikkan kaki, gaya gravitasi juga akan membantu darah kembali mengalir dengan lancar ke jantung.

Anda juga sebaiknya menghindari duduk terlalu lama. Jika pekerjaan mengharuskan untuk duduk lama, Anda perlu sesekali bergerak atau berdiri untuk menjaga aliran darah agar tetap lancar.

Hindari juga duduk menyilangkan kaki. Posisi ini dapat membuat aliran darah ke kaki terhambat, dan membuat gangguan pada sirkluasi darah.

5. Konsumsi makanan yang mengandung flavonoid

Flavonoid berguna untuk mengatasi gangguan pada jantung. Kandungan ini dapat membantu memperlancar aliran darah, mengurangi tekanan darah arteri, dan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Untuk mendapatkan manfaat flavonoid, Anda dapat mengonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, dan paprika. Selain itu, buah-buahan seperti anggur, stroberi, blueberry, ceri, apel, serta minuman teh hijau, juga bisa menjadi pilihan.

6. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat

Mengenakan pakaian yang cenderung ketat dapat membatasi aliran darah yang bisa menyebabkan Anda terkena varises. Cobalah kenakan pakaian yang lebih longgar agar sirkulasi darah tetap lancar dan tidak membatasi aliran darah ke tubuh bagian bawah.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan sepatu. Mengenakan sepatu dengan sol datar dari pada hak yang tinggi dapat membantu varises di area kaki tidak bertambah.

7. Menggunakan stocking kompresi

Stocking kompresi dapat membantu mengatasi sejumlah gejala varises. Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2018, orang yang menggunakan stocking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18-21 mmHg mengalami pengurangan rasa sakit dan nyeri terkait varises.

8. Jaga tubuh agar aktif bergerak

Penderita varises untuk menghindari duduk dalam waktu lama. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan duduk dalam waktu lama, sering-seringlah mengubah posisi duduk atau berdiri sejenak untuk beristirahat.

Sering bergerak bertujuan untuk menjaga agar aliran darah Anda tetap lancar. Selain itu, hindari duduk dengan kaki bersilang karena dapa membatasi aliran darah menuju tungkai kaki.

9. Konsumsi herbal

Menurut National Institute of Health, konsumsi herbal seperti ekstrak biji anggur  bisa membantu pembengkakan dan gejala lain yang dipicu oleh varises. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak biji anggur.

Anda yang tengah meminum obat pengencer darah dilarang untuk minum ekstrak biji anggur. Interaksi antara obat pengencer darah dan ekstrak biji anggur dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Cara menghilangkan varises di atas hanya merupakan alternatif lain selain perawatan oleh dokter dengan operasi atau laser. Konsultasikan dengan dokter apabila varises tidak kunjung hilang dan keluhan terus berlanjut.

Advertisement

olahragamakanan sehattips olahragapenyakit kakivarises

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved